5 Menu Sarapan Pagi Khas Indonesia, Wajib Dicoba!

Sarapan sudah menjadi kebiasaan umum bagi kebanyakan masyarakat Indonesia sebelum menjalankan aktivitasnya di pagi hari. Ini 5 menu sarapan pagi.
Ilustrasi - Soto. (Foto: Tagar/Instagram/@resep_soto)

Jakarta - Sarapan sudah menjadi kebiasaan umum bagi kebanyakan masyarakat Indonesia sebelum menjalankan aktivitasnya di pagi hari. Pasalnya, kebiasaan ini memiliki dampak yang sangat baik bagi tubuh karena mampu memberikan energi yang lebih, menyegarkan otak, sekaligus mampu mencegah penyakit maag. 

Oleh karenanya, tidak heran jika kebiasaan sarapan tidak hanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia saja, namun juga masyarakat dunia.

Di setiap negara tentu memiliki menu sarapan khasnya masing-masing. Jika warga Prancis umumnya sarapan dengan croissant dan di Amerika umumnya dengan roti, sereal, sepiring telur orak-arik, atau daging, di Indonesia sendiri kamu bisa menemukan menu yang lebih beragam dan mengenyangkan. Biasa disajikan dalam porsi yang cukup besar, berikut 5 menu sarapan pagi khas Indonesia.


1. Bubur

BuburIlustrasi - Bubur. (Foto: Tagar/Instagram/@solodelicious)


Bubur merupakan hidangan yang sangat populer di Indonesia. Memiliki tekstur yang lembut dengan cita rasa gurih, sajian ini kerap menghadirkan beragam topping yang menarik, seperti ampela, usus, telur, daging ayam, dan lain-lain.

Biasa dijajakan dengan harga terjangkau, menu ini dapat ditemukan di ruko-ruko, pasar, atau pinggir jalan umum. Bahkan, sajian mengenyangkan ini juga kerap dijajakan menggunakan motor atau gerobak ke rumah-rumah warga.


2. Nasi uduk

Nasi UdukIlustrasi - Nasi uduk. (Foto: Tagar/Instagram/@wonderfuljogja)


Sajian lain yang menjadi salah satu menu populer yang disantap masyarakat Indonesia di pagi hari ialah nasi uduk. Terdiri atas campuran nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan, potongan telur dadar, tempe, mi bihun, dan sambal, hidangan ini juga memiliki porsi yang menyenangkan layaknya bubur.

Nasi uduk umumnya dijual di pagi hari bersama dengan gorengan-gorengan lain, seperti tempe, tahu, dan otak-otak. Oleh karenanya, tidak heran jika ada beberapa masyarakat Indonesia yang menyantap hidangan ramah kantong ini bersama beberapa potong gorengan.


3. Nasi goreng

nasi GorengIlustrasi - Nasi goreng. (Foto: Tagar/Pexels/bishop tamrakar)


Mudah dibuat di rumah, nasi goreng menjadi menu andalan bagi kebanyakan masyarakat Indonesia karena kamu tidak perlu keluar rumah untuk mencari menu sarapan ini.

Dapat dikreasikan sesuai selera, hidangan ini juga tidak memerlukan waktu yang banyak dalam proses pembuatannya. Oleh karenanya, menu ini kerap dijadikan alternatif sarapan bagi sebagian orang yang tidak memiliki waktu yang cukup untuk membeli atau membuat menu sarapan lain.


4. Lontong sayur

Lontong SayurIlustrasi - Lontong sayur. (Foto: Tagar/Instagram/@yenskitchen)


Berasal dari Sumatera Barat, sajian khas Minang yang berbahan dasar lontong ini disajikan dengan siraman kuah santan bercita rasa gurih dan nikmat. Meski kerap disajikan di pagi hari, hidangan satu ini juga masih cocok dimakan di siang, sore, ataupun malam hari.

Memiliki porsi yang besar, lontong sayur biasa dihidangkan bersama potongan telur rebus dan kerupuk merah yang makin membuatnya tampak lezat.


5. Soto

SotoIlustrasi - Soto. (Foto: Tagar/Instagram/@resep_soto)


Soto adalah makanan tradisional Indonesia yang terdiri dari campuran kuah kaldu, potongan daging, sayur-sayuran, dan mi yang dihidangkan selagi hangat.

Bercita rasa gurih, hidangan ini sangat cocok dimakan di pagi hari karena mampu memberikan kesegaran bagi para penikmatnya. Terlebih jika disajikan bersama segelas teh dan nasi hangat yang makin menyempurnakan menu sarapan kamu.

(Eka Cahyani)

Berita terkait
Panduan Makanan Seimbang dengan 5 Kelompok Makanan Berikut Ini!
Makan makanan yang seimbang akan membantu Anda menjaga kesehatan dan mengurangi risiko penyakit.
5 Makanan Diet Terbaik untuk Anda yang Memiliki Anemia
Makanan ini bisa membantu tubuh Anda menyerap zat besi dengan lebih baik.
Resep Membuat Gyudon Makanan Khas Jepang
Gyudon termasuk ke dalam makanan cepat saji tetapi menggunakan bahan makanan yang lebih sehat dan segar.
0
5 Menu Sarapan Pagi Khas Indonesia, Wajib Dicoba!
Sarapan sudah menjadi kebiasaan umum bagi kebanyakan masyarakat Indonesia sebelum menjalankan aktivitasnya di pagi hari. Ini 5 menu sarapan pagi.