5 Manfaat Teh Basi untuk Perawatan dalam Kecantikan

Teh celup maupun teh cencem kamu bisa memperoleh manfaat dari keduanya di antara banyaknya manfaat teh basi yang bisa kamu peroleh berikut ini.
Ilustrasi - Teh Basi. (Foto: Tagar/Pixabay/Skitterphoto)

Jakarta - Hobi minum secangkir teh hangat sebelum memulai aktivitas di pagi hari, maupun setelah selesai menuntaskan tugas-tugas di sore hari, memang memiliki segudang manfaat. Menjadi salah satu sumber antioksidan yang baik, teh mampu memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang rusak hingga meredakan stres.

Tapi tahukah kamu? bahwa manfaat yang kamu dapat dari teh bisa diperoleh tidak hanya saat kamu meminumnya saja. Jika kamu kerapkali menyeduh teh di dalam teko, lalu mendiamkannya hingga esok hari karena tak habis diminum dalam sehari, maka mulai sekarang alangkah baiknya teh sisaan itu tidak kamu buang begitu saja. Karena kamu bisa memanfaatkannya untuk perawatan tubuhmu.

Baik teh celup maupun teh cencem, kamu bisa memperoleh manfaat dari keduanya, di antara banyaknya manfaat teh basi yang bisa kamu peroleh, yuk simak 5 manfaat dari teh basi untuk perawatan tubuh berikut!


1. Meredakan Jerawat

Siapa sangka, teh basi rupanya bisa membantu meredakan jerawat di wajahmu, loh. Meski sudah basi dan tak layak minum, namun kandungan vitamin E dalam teh basi ternyata enggak hilang. 

Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah. Cukup tempelkan kantung teh pada bagian wajah yang berjerawat. Tunggu sekitar 10 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat sampai bersih. Lakukan secara rutin, dan bekas-bekas jerawat yang ada di wajahmu akan terlihat memudar.


2. Menghilangkan mata panda

Sering enggak pede dengan lingkaran berwarna gelap yang ada di bagian bawah matamu? Untuk mengatasinya, kamu bisa mengurangi intensitas bergadang di malam hari. Tapi kalau waktu produktifmu memang di malam hari, maka kamu bisa mencoba cara lain untuk mengatasi mata panda. 

Caranya dengan mengompres bagian mata panda selama 10 menit dengan teh celup basi. Jika kamu melakukan terapi ini dengan rutin, perubahannya akan lebih cepat terlihat.


3. Mengatasi bau mulut

Terdengar agak aneh memanfaatkan teh basi untuk mengatasi bau mulut. Tapi ini benar-benar bisa kamu buktikan sendiri. Pasalnya teh basinya tidak serta merta harus kamu konsumsi langsung, namun kamu bisa membuat obat kumur dari teh basi ini. 

Caranya juga mudah, rebus air teh basi secukupnya, lalu tambahkan beberapa helai daun mint. Cengkeh atau kemangi juga bisa meningkatkan kandungan antibakteri di obat kumur racikan ini. Jika sudah mendidih, simpan di wadah yang bisa ditutup. Obat kumur ini bisa kamu simpan hingga 1 minggu.


4. Mengatasi kerontokan rambut

Tak habis manfaat untuk kulit wajah, kandungan teh basi juga aman untuk merawat kulit kepala. Bahkan treatment dengan teh basi ini bisa membantumu untuk mengatasi kerontokan rambut. 

Setelah selesai keramas, kamu bisa menggunakan air teh basi yang belum tercampur gula untuk membilas rambut. Lakukan dengan telaten, maka rambut akan jauh lebih sehat dari sebelumnya.


5. Bahan scrub tubuh

Sama seperti dengan antioksidan, teh basi mampu menangkal radikal bebas yang mengendap dalam tubuhmu. Selain kaya antioksidan, vitamin E yang terkandung dalam teh basi juga bisa membuat kulit tubuhmu makin sehat. 

Caranya kamu bisa gunakan ampas teh untuk melakukan eksfoliasi kulit tubuh. Lalu kulit mati yang melapisi permukaan kulit perlahan akan terangkat.

(Risma Perdana Izzati)

Berita terkait
5 Manfaat Teh Saffron, Salah Satunya Mencegah Kanker
Saffron adalah salah satu rempah termahal di dunia karena harus dipanen lalu diolah dengan tangan secara manual untuk tetap menjaga keutuhannya.
Manfaat Teh Matcha untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya
Popularitas teh matcha kini semakin meningkat, bahkan muncul di mana-mana mulai di toko kesehatan hingga di kedai kopi.
Manfaat Minum Teh Peppermint Selama Kehamilan
Tingkat antioksidan yang tinggi dalam teh peppermint membantu memberikan banyak manfaat bagi bayi dan ibu yang sedang tumbuh.
0
5 Manfaat Teh Basi untuk Perawatan dalam Kecantikan
Teh celup maupun teh cencem kamu bisa memperoleh manfaat dari keduanya di antara banyaknya manfaat teh basi yang bisa kamu peroleh berikut ini.