5 Manfaat Serai untuk Kesehatan

Serai juga dipercaya bisa menjadi obat alami berbagai jenis penyakit karena mengandung senyawa anti diare, anti bakteri, hingga anti jamur.
Ilustrasi minuman serai. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Serai seringkali dibahan tambahan untuk penyedap suatu masakan. Serai juga dapat dicampurkan di dalam campuran minuman, tumbuhan ini jga dapat memberi banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat serai juga terdapat dalam kandungan senyawa antioksidan dan anti radang yang kaya di dalamnya.

Tidak hanya itu, serai juga dipercaya bisa menjadi obat alami berbagai jenis penyakit karena mengandung senyawa anti diare, anti bakteri, hingga anti jamur.

Berikut manfaat serai yang dapat dicampurkan ke dalam minuman hangat cocok untuk kesahatan.


1. Mengontrol gula darah

Dapat mengatur kadar gula darah supaya tetap terjaga. Kadar gula darah yang tinggi penyebab utama penyakit diabetes yang kerap diderita oleh masyarakat yang jarang berolahraga dan tidak mengontrol asupan makanannya.

kalsau ingin kadar gula darah tetap stabil, konsumsilah minuman atau makanan yang mengandung serai secara teratur.


2. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi sebagai pemicu adanya macam-macam penyakit berbahaya. Semacam, penyakit jantung juga stroke. Apabila dibiarkan, bisa menjadi masalah tekanan darah tinggi, juga dapat berakhir fatal pada penderitanya.

Kandungan kalium pada serai yang termasuk tinggi bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. Kandungan kalium mampu meningkatkan intensitas tubuh dan mengeluarkan urine.

Hal ini juga ternyata mampu mengatur tekanan darah agar tetap stabil


3. Menjaga saluran pencernaan

Tidak banyak yang mengetahuinya, serai ternyata berkhasiat juga untuk melancarkan proses pencernaan makanan di dalam tubuh.

Jadi, secara tidak langsung bisa melancarkan aktivitas organ pencernaan dan menghindarkan dari risiko penyakit pencernaan. Seperti, sembelit atau sulit buang air besar.


4. Meredakan gejala flu

Konsumsi teh serah dengan teratur, guna mengatasi gejala flu. Serai juga dapat membantu memudahkan mengeluarkan dahak juga aroma serai yang khas mampu mengatasi hidung tersumbat.


5. Meningkatkan imunitas tubuh

Mengonsumsi tanaman serai mengandung vitamin C dengan teratur dapat membantu menjaga sistem imunitas juga daya tahan tubuh.

Menjaga sistem imun tubuh sangat penting untuk dilakukan supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit dampak infeksi bakteri atau virus. Jadi, memanfaatkan tanaman ini juga dapat menjadi jalan keluar untuk mengatasi sakit atau alergi. []


Berita terkait
Manfaat Konsumsi Buah Nangka untuk Kesehatan
Nangka dapat membantu sistem pencernaan yang sehat, mendukung sistem kekebalan tubuh yang kuat.
Konsumsi Selai Kacang Dapat Tingkatkan Kesehatan Otak
para peneliti menemukan adanya hubungan yang kuat antara makan kacang atau selai kacang dengan peningkatan kesehatan otak secara keseluruhan.
Guys, Ini Lho 5 Dampak Buruk Menkonsumsi gorengan
Gorengan merupakan salah satu makanan yang bisa memanjakan lidah. Namun, tahukah Anda? Bahaya makan gorengan juga tak bisa dihindarkan.
0
5 Manfaat Serai untuk Kesehatan
Serai juga dipercaya bisa menjadi obat alami berbagai jenis penyakit karena mengandung senyawa anti diare, anti bakteri, hingga anti jamur.