5 Manfaat Nonton Film saat Stres, Nomor 3 Bikin Laper

Bisa dilakukan sendiri karena manfaatnya seperti terapi stres. Siapa sangka aktivitas itu bernama nonton film.
Ilustrasi nonton film di rumah saat pandemi. (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Menjadi cara tepat bersenang-senang bersama teman atau keluarga, tetapi juga bisa dilakukan sendiri karena manfaatnya seperti terapi stres. Siapa sangka aktivitas itu bernama nonton film.

Tahukah Anda menonton film ketika sedang dalam keadaan stres dapat menimbulkan beragam manfaat. Ahli psychotherapist asal Amerika Serikat, Birgit Wolz, PhD., MFT, mengungkapkan film bisa menjadi katalisator yang kuat untuk penyembuhan.

"Dalam film kita bisa mendapatkan wawasan, inspirasi, pelepasan, atau kelegaan emosional, dan perubahan alami," kata Birgit Wolz, dikutip dari laman Psychcentral.com.

Di tengah pandemi Covid-19, menonton film tak harus di bioskop. Menikmatinya lewat layanan streaming layar lebar atau mengumpulkan koleksi DVD film untuk ditonton lagi bisa menjadi pilihan saat stres melanda.

Dikutip dari laman Premiereoutdoormovie, berikut 5 dampak nonton film saat stres:

1. Memicu Hal Positif

Menonton film salah satunya dapat memicu untuk berperilaku positif atau memecahkan masalah. Misalnya ketika menyaksikan orang normal berubah menjadi sosok positif yang bisa keluar dari masalah dalam keadaan sulit. Anda yang menonton bisa tersadar, bahwa orang biasa saja juga mampu melakukan hal-hal hebat dalam hidup.

Nonton Film di LaptopMenonton film lewat situs streaming film di laptop. (Foto: Antara/Shutterstock)

2. Menghilangkan Stres

Penelitian medis telah membuktikan bahwa stres disebabkan oleh penumpukan ketegangan terus menerus dalam diri seseorang. Salah satu cara terbaik untuk meredakan penumpukan ketegangan adalah dengan menonton film.

Namun, dalam melakukannya Anda harus memerhatikan juga judul atau genre film yang ditonton. Jangan sampai film yang disaksikan tidak disukai atau menambah rumit karena penuh teka-teki yang akibatnya malah menambah Anda stres.

3. Membuat Lapar

Selain stres yang hilang, ada juga yang merasa terinspirasi setelah menonton film dengan kebiasaan yang sering dilakukan oleh tokoh dalam film. Biasanya ketika menonton film tentang kuliner.

Anda yang menyaksikan tergoda untuk membuat makanan yang disajikan tokoh dalam film. Sedangkan penonton lainnya tergerak untuk membeli makanan tertentu di rumah makan terdekat akibat dari menonton suatu adegan dalam film. Stres pun menjadi hilang tetapi perut menjadi lapar.

Nonton televisi bersamaIlustrasi nonton film layar lebar bersama keluarga di televisi. (Foto: StockPhoto)

4.Meningkatkan Kesadaran dan Keterampilan Sosial

Saat menonton film yang menggambarkan konflik sosial, politik, ekonomi, psikologi, rasisme, atau etnis, Anda dapat mempelajari begitu banyak hal yang berbeda.

Sedangkan manfaat lainnya menonton film dapat meningkatkan kesadaran, menambah keterampilan memecahkan masalah, berbagi, dan memicu kepekaan yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan.

5. Tertawa Lepas

Pernahkah Anda tertawa terbahak-bahak saat menonton film? Itu bisa terjadi saat Anda menonton film komedi.

Menonton film menjadi cara simple untuk mengeluarkan suasana hati sekaligus cara untuk menjalin ikatan. Suatu malam bersama teman-teman menonton film komedi yang bagus dapat membangun kenangan dan membantu Anda tumbuh lebih dekat dengan teman-teman!

Berita terkait
Asupan Baik dan Buruk Dikosumsi Bareng Obat Antibiotik
Ada sejumlah asupan yang layak dan buruk dikonsumsi bersamaan dengan obat antibiotik.
Tom Cruise Blusukan Nonton Film Tenet Pakai Masker
Tom Cruise sampai rela naik taksi bermasker ria datang ke bioskop demi film Tenet karya Christopher Nolan.
Ahli Sebut Vaksin Covid-19 China dan Rusia Tak Efektif
Kalangan ahli menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 profil tinggi yang dikembangkan di Rusia dan China memiliki potensi kekurangan.
0
Ditemukan 215 Kerangka Anak-anak Penduduk Asli di Kanada
PM Kanada sebut penemuan lebih dari 200 kerangka anak-anak yang dikubur di bekas sekolah asrama penduduk asli bukan insiden terpisah