5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan dan Kecantikan

Asam lemak yang ada dalam kemiri ini menjadikannya produk pelembab yang unggul untuk kulit dan rambut kering.
Ilustrasi minyak kemiri. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Minyak kemiri telah digunakan selama bertahun-tahun di seluruh pulau Hawai. Minyak ini digunakan untuk melembabkan dan melindungi kulit dari sinar matahari atau digunakan untuk iritasi kulit ringan, luka, dan luka bakar. Tetapi miyak ini paling sering digunakan sebagai minyak pijat. Asam lemak yang ada dalam kemiri ini menjadikannya produk pelembab yang unggul untuk kulit dan rambut kering.

Manfaat yang diperoleh dari minyak kacang kukui dikaitkan dengan tingkat poli dan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, linoleat dan linolenat, serta vitamin C, D, E dan antioksidan kuat lainnya. Dialnsir dari Organic Facts, berikut adalah 6 manfaat minyak kemiri untuk kesehatan.


1. Meningkatkan kekuatan rambut

Penggunaan tradisional minyak kemiri yang populer dengan cara mengoleskannya ke rambut dalam bentuk masker rambut, mencampurnya dengan sampo atau kondisioner, atau hanya memijatnya ke kulit kepala dan ujung rambut.

Asam lemak linoleat dan linolenat yang dapat ditemukan dalam minyak ini mampu melapisi rambut, memberikan nutrisi penting, melembabkan, mencegah kerusakan, dan bahkan meningkatkan penampilan dan kilau rambut.


2. Mencegah ketombe

Sebagai zat emolien, minyak kemiri mampu melapisi kulit dan mengunci kelembapan, sehingga mencegah kulit kering dan ketombe. Kualitas minyak yang mungkin melembapkan ini juga membantu menjaga folikel rambut tetap sehat dan berfungsi, yang dapat membantu mencegah rambut rontok.


3. Melembabkan kulit kering

Kulit tangan dan bagian tubuh yang kering dan pecah-pecah tidak hanya menyakitkan tetapi juga merupakan tempat berkembang biaknya infeksi. Mengoleskan minyak kemiri dapat mencegah kerusakan kulit dan mendorong pertumbuhan sel-sel baru.


4. Menyembuhkan luka

Jika Anda mengalami luka goresan atau memar, Anda dapat mengoleskan minyak kemiri dalam bentuk encer pada luka untuk mempercepat penyembuhan, menghilangkan rasa sakit dan menghilangkan pembengkakan, sekaligus melindungi luka dari infeksi.


5. Meminimalkan keriput

Seiring bertambahnya usia, ada hal-hal tertentu yang tidak dapat dihindari, seperti kerutan dan bintik-bintik penuaan, tetapi minyak yang kaya antioksidan ini mampu melawan efek tersebut, meningkatkan produksi kolagen dan merangsang pengelupasan sel kulit mati untuk memberi ruang bagi kulit baru yang sehat.

Contohnya seperti stretch mark, untuk wanita hamil atau orang yang mengalami fluktuasi berat badan yang cepat, mengoleskan minyak ini setiap hari dapat membantu meminimalkan penampilan mereka.

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga :





Berita terkait
Kerap Membuat Kulit Berminyak, Ini Manfaat Sebum Bagi Kulit
Sebum berada hampir di seluruh tubuh manusia terutama di leher, dada, punggung dan wajah.
5 Manfaat Suplemen Minyak Ikan untuk Kesehatan
Jika Anda tidak makan banyak ikan, mengkonsumsi suplemen minyak ikan akan membantu Anda mendapatkan cukup omega-3 asam lemak.
5 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh
Sangat banyak manfaat yang dapat diraih dari minyak zaitun. Sayangnya, belum banyak orang yang mengetahuinya atau memahami cara penggunaannya.
0
5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan dan Kecantikan
Asam lemak yang ada dalam kemiri ini menjadikannya produk pelembab yang unggul untuk kulit dan rambut kering.