5 Manfaat Menggunakan Menstrual Cup

Menstrual cup sendiri adalah alat pengganti pembalut yang berbentuk corong fleksibel seperti cangkir kecil dan terbuat dari karet atau silikon.
Ilustrasi menstrual cup (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Inovasi produk di segala bidang memang sangat banyak dijumpai, salah satunya adalah menstrual cup. Penggunaan menstrual cup di Indonesia masih sangat terbilang jarang. Karena beberapa perempuan belum mengerti manfaat dari penggunaan menstrual cup.

Menstrual cup sendiri adalah alat pengganti pembalut yang berbentuk corong fleksibel seperti cangkir kecil dan terbuat dari karet atau silikon. Alat ini tidak menyerap darah seperti pembalut atau tampon, namun hanya menampung darah menstruasi.

Berikut adalah lima manfaat menggunakan menstrual cup.


1. Ramah Lingkungan

Bumi kita sudah dipenuhi oleh banyak polusi dan pencemaran lingkungan dari sampah plastik. Dengan adanya menstrual cup diharapkan mampu mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah plastik. Hal ini karena menstrual cup dapat digunakan berulang kali.


2. Lebih Hemat

Walaupun harganya tidak semurah pembalut biasa, namun penggunaan menstrual cup dapat digunakan secara berulang kali. Hal ini tentunya dapat sedikit menghemat dompetmu daripada membeli pembalut yang harus menggantinya beberapa jam sekali atau ketika sudah tidak nyaman.


3. Lebih Aman

Karena sifat menstrual cup yang hanya menampung darah dan tidak menyerapnya membuat kamu terhindar dari infeksi bakteri. Dengan demikian menstrual cup juga mengurangi terjadinya ruam atau lecet pada pemakaian pembalut.


4. Menampung Darah Lebih Banyak

Karena bentuknya yang seperti cangkir kecil, menstrual cup mampu menampung darah haid sekitar 40 ml. Hal ini tentunya sangat membantu kamu untuk tidak mengganti pembalut di beberapa waktu sekali. Menstrual cup juga dapat dipakai lebih lama, yaitu sekitar 6-12 jam. Di sisi lain, penggunaan tampon hanya dapat menyerap darah sebanyak 7 ml.


5. Tidak Menimbulkan Bau

Sejatinya menstrual cup hanya menampung darah haid. Hal ini membuat darah tidak terpapar oleh udara, sehingga kamu tidak perlu takut akan timbulnya aroma tidak sedap yang mungkin muncul ketika menggunakan pembalut.[]

(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Tips Menjaga Kebersihan Menstruasi Selama Corona
Kementerian Kesehatan mengajak semua perempuan menjaga kebersihan menstruasi selama pandemi Corona. Berikut tips yang harus diterapkan.
Penyebab Gangguan Menstruasi Bisa dari Obesitas
Obesitas bisa berdampak buruk pada kondisi tubuh seseorang, satu di antaranya mengganggu masa menstruasi untuk para kaum wanita.
Risiko Konsumsi Obat Pereda Nyeri Saat Menstruasi
Biasanya mereka yang tidak ingin merasakan sakit menstruasi mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol terus menerus. Lantas, apa risikonya?
0
Ditjen Politik dan PUM Kemendagri Gelar Bimtek Kehumasan
Sekretaris Ditjen Politik dan PUM, Imran mengatakan bahwa Bimbingan Teknis Online ini ditujukan untuk segenap aparatur yang menjadi PIC kehumasan.