UNTUK INDONESIA
5 Manfaat Masker Spirulina untuk Kecantikan
Masker Spirulina berasal dari rumput laut yang bisa dikonsumsi. Seperti apakah masker tersebut dan apa manfaatnya?
Masker spirulina untuk wajah cantik. (Foto: pixabay/Nouchkac)

Jakarta - Masker spirulina sempat viral dan membuat sebagian orang penasaran. Masker ini berasal dari Cyanobacteria atau yang biasa dikenal ganggang biru hijau, habitatnya di air laut maupun air tawar.

Masker spirulinaMasker spirulina untuk wajah cantik. (Foto: pixabay/Nouchkac)

Mengutip dari laman Boldsky, masker yang berasal dari tanaman itu, diolah menjadi bentuk bubuk, bermanfaat untuk kesehatan serta kecantikan, khususnya untuk kulit wajah.

Ada beberapa manfaat masker spirulina yang dapaat diaplikasikan dirumah, seperti yang telah dirangkum Tagar berikut ini.

1. Melawan Pertumbuhan Jerawat

Jerawat sangat berpengaruh dalam penampilan seseorang. Bahkan bisa membuat tampil tidak percaya diri.

Tapi, jangan khawatir. Hal itu bisa diatasi dengan mengaplikasikan dua buah kapsul spirulina dan satu sendok air mawar. 

Buka kapsul dan keluarkan isinya, tuangkan pada wadah campur dengan air mawar. Kemudian, oleskan pada wajah, diamkan sejenak hingga kering.

Jika merasa sudah cukup kering, bersihkan dengan air hangat. Lakukan secara rutin, maka dapat melawan pertumbuhan jerawat dan noda membandel pada wajah.

2. Mencegah Penuaan Dini

Zat aktif seperti vitamin E dan tocopherol yang terkandung dalam spirulina mampu melawan penuaan dini. Apalagi jika ditambahkan dengan bahan alami seperti, madu, yoghurt, serta minyak esensial, efeknya mampu meregenerasi kulit.

Yoghurt dengan kandungan probiotik, bisa mengelupas sel kulit mati serta mencegah timbulnya keriput. Sedangkan minyak esensial mampu meremajakan kulit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan dengan cara, ambil 3/4 bubuk spirulina, kemudian campurkan dengan satu sendok madu atau yoghurt tawar.

Jangan lupa tambahkan setetes minyak esensial. Aduk rata, lalu oleskan ke wajah sebagai masker. Tunggu hingga benar-benar kering, kemudian bersihkan dengan air bersih.

3. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Selain dapat mencegah penuaan dini, masker spirulina juga ternyata bisa melindungi kulit dari terpaan noda-noda saat melakukan aktivitas diluar ruangan.

Maka, perlu mengaplikasikan masker spirulina dengan mengambil setengah sendok teh bubuk lalu campur dengan seperempat sendok teh arang aktif atau karbon aktif, kemudian aduk dengan dua sendok teh madu hingga rata.

Oleskan pada bagian wajah dan diamkan selama 10 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Terakhir, lap dengan handuk lembut sambil ditepuk secara perlahan. Agar wajah terlihat segar dan terhindar dari radikal bebas, aplikasikan dengan rutin.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Melakukan berbagai aktivitas diluar rumah akan memicu kulit lebih cepat terlihat kusam sehingga tidak enak dipandang. Bahkan, saat membersihkan wajah, noda tidak terangkat dengan sempurna.

Untuk mengembalikan kulit wajah segar dan berkilau kembali. Apalagi orang yang memiliki jenis kulit berminyak dapat menggunakan cara ini, yakni, siapkan sesendok makan putih telur atau air mawar, juga dua kapsul spirulina. 

Campur kedua bahan, lalu oleskan sebagai masker pada wajah. Diamkan selama 15 menit, sebelum dibilas pakai air hangat.

5. Menjaga Kelembapan Kulit

Kulit wajah yang kering pasti menganggu penampilan. Bahkan, membuat tidak percaya diri dan penuaan pada kulit akan tampak.

Hal itu bisa diatasi dengan masker spirulina yang mengandung beta karoten dan Vitamin B kompleks kandungan zat besi dan klorofil. Kandungan yang baik untuk mengembalikan kelembapan pada kulit yang kering. Wajah jadi lebih segar berseri dan awet muda.

Cukup menyiapkan dua kapsul spirulina serta susu murni. Pertama, cucilah wajah lalu keringkan. Selanjutnya, buka kapsul spirulina dan tuangkan kedalam mangkuk.

Kemudian, aduk dengan sesendok makan susu murni hingga rata. Oles pada wajah. Tapi, hindari area mata dan mulut. Tunggulah 15 menit sebelum membilas wajah dengan air hangat. Keringkan wajah pakai handuk dengan tepukan secara pelan dan perlahan. []

Berita terkait
Tips Kecantikan dan Tubuh Ideal Ala Kiki Fatmala
Berikut Tagar rangkumkan tips menjaga kecantikan dan bentuk tubuh ideal ala Kiki Fatmala.
Renatta Moeloek dan 5 Chef Cantik di Indonesia
Renatta Moeloek dan lima chef cantik di Indonesia, tidak hanya mengandalkan kecantikan saja, keenam chef ini sangat piawai dalam hal masak-memasak.
Menakjubkan, 9 Manfaat Garam untuk Mempercantik Diri
Garam memiliki banyak manfaatnya, tak terkecuali meningkatkan kesehatan tubuh dan kulit. Berikut khasiat garam untuk kecantikan.
0
Total 346 Kasus Virus Corona di Korea Selatan
Dengan demikian seluruh kasus virus corona di Korea Selatan menjadi total 346 kasus di seluruh Negeri Gingseng tersebut.