5 Manfaat Markisa Untuk Kesehatan

Buah ini hidup di daerah tropis seperti Indonesia. Namun, markisa sebenarnya berasal dari Amerika Serikat.
Buah markisa. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta – Markisa adalah buah dari tanaman tropis yang dikenal sebagai Passiflora. Daging buah markisa memiliki tampilan yang unik, yaitu berair dan terdapat banyak biji di dalamnya. Buah ini hidup di daerah tropis seperti Indonesia. Namun, markisa sebenarnya berasal dari Amerika Serikat.

Menurut penelitian buah markisa kaya akan vitamin C sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Tidak hanya itu, buah ini sebenarnya mengandung serat lain seperti vitamin A, fosfor, zat besi, karoten, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat, dan asam sitrat. Oleh karena itu markisa dipercaya sebagai buah yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat buah markisa yang baik untuk kesehatan tubuh.


1. Kaya akan antioksidan

Markisa kaya akan antioksidan, yaitu senyawa yang membantu membersihkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Senyawa antioksidan berperan penting untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Tidak hanya itu, antioksidan juga mampu mengurangi peradangan pada tubuh.


2. Sumber serat yang baik untuk tubuh

Daging buah markisa mengandung banyak serat makanan. Serat makanan adalah zat gizi yang hanya terkandung dalam tumbuhan. Kandungan tersebut dapat membantu mengatur sistem pencernaan yang mengakibatkan sembelit hingga usus buntu. Oleh karena itu, mengonsumsi buah markisa dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dalam tubuh.


3. Sehat untuk jantung

Kandungan serat dan kalium pada buah markisa berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, buah markisa juga memiliki kemampuan untuk menstabilkan tekanan darah. Berdasarkan penelitian oleh American Heart Association, kandungan serat yang ada pada markisa mampu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.


4. Meningkatkan sensitivitas insulin

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ada di dalam biji markisa dapat meningkatkan sensitivitas insulin seseorang. Meningkatkan sensitivitas insulin dapat membantu mengurangi risiko banyak penyakit, termasuk diabetes.


5. Menyehatkan untuk mata

Pada buah markisa terkandung vitamin A dalam jumlah besar yang dapat menjaga kesehatan mata dari degenerasi makula, mencegah katarak, bahkan juga menurunkan tingkat penuaan pada kulit.

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga :





Berita terkait
Kenali 4 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan
Buah matoa memiliki banyak nutrisi penting, termasuk vitamin C dan vitamin E yang merupakan sumber antioksidan.
5 Manfaat Buah Naga, Salah Satunya Melawan Penyakit Kronis
Tampilannya yang unik dan rasanya yang manis membuat buah naga digemari banyak orang
6 Manfaat Manggis, Buah Kaya Akan Antioksidan
Buah ini tidak hanya bagus untuk kecantikan kulit namun juga mencegah penyakit.
0
Jumlah Perokok Remaja Melesat di Amerika
Suatu pukulan terbaru bagi, Juul, perusahaan yang dinilai bersalah karena ikut memicu lonjakan jumlah remaja yang menggunakan vaping