5 Manfaat Gum Arabic untuk Kesehatan

Ini merupakan sumber utama dari makanan aditif, kerajinan, obat-obatan, kosmetik dan bahan, yang umumnya dipanen dari alam liar.
Ilusrasi gum arabic. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Gum Arabic dikenal sebagai gum acacia adalah salah satu produk getah yang dihasilkan dari penyadapan getah pada batang tumbuhan legum (polong-polongan). Pohonnya adalah sumber utama permen karet berharga 'gum arabic' dan umumnya dipanen dari alam liar dan diperdagangkan secara internasional. Pohon ini juga merupakan sumber utama dari makanan aditif, kerajinan, obat-obatan, kosmetik dan bahan, yang umumnya dipanen dari alam liar.

Berdasarkan kandungan serat lemak yang tinggi, serat acacia diperkirakan bisa membantu menurunkan tingkat kolesterol, menjaga gula darah dalam pemeriksaan, melindungi terhadap diabetes, dan bantuan pada pengobatan gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi (IBS). Dilansir dari Health Benefit Time, berikut 5 manfaat lain gum Arabic untuk kesehatan.


1. Mengurangi lemak tubuh

Gum arabic memiliki potensi untuk menjaga berat badan Anda dalam jangkauan yang sehat, sementara juga mengurangi lemak di tubuh secara keseluruhan. Penelitian melibatkan 120 wanita, 60 perempuan mengambil 30 gram per hari permen acacia selama enam minggu, sementara 60 lainnya mengambil plasebo yang berisi hanya 1 gram pectin.

Hasil menyimpulkan bahwa perempuan yang mengambil gum arabic, mengurangi indeks massa tubuh mereka. Persentase lemak tubuh mereka juga berkurang lebih dari 2 persen.


2. Meredakan rasa sakit dan iritasi

Gum Arabic ini memiliki tekstur yang lengket secara alami. Bahan dari sifat ini sering digunakan untuk mengurangi iritasi dan peradangan dan gum arabic telah terbukti sangat efektif untuk meredakan ketidaknyamanan perut atau tenggorokan.


3. Menurunkan kolesterol

Gum arabic terdiri dari serat makanan larut yang akan mengikat kolesterol, sehingga tidak dapat diserap ke dalam tubuh melalui usus. Kolesterol tertentu akan dihilangkan dari tubuh melalui sistem ekskresi, menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.


4. Membantu penyembuhan luka

Gum arabic sering digunakan dalam perawatan topikal untuk membantu penyembuhan luka. Dokter, ilmuwan, dan peneliti percaya bahwa efek ini mungkin disebabkan oleh alkaloid, glikosida, dan flavonoid.


5. Mendukung kesehatan hati

Penelitian menyimpulkan bahwa serat akasia dapat membantu menjaga terhadap kerusakan hati yang disebabkan oleh asetaminofen. Penelitian menemukan bahwa mengobati tikus dengan serat akasia sebelum pemberian acetaminophen membantu melindungi hati mereka dari efek racun obat.

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga :




Berita terkait
4 Manfaat Mengurangi Konsumsi Daging untuk Kesehatan Tubuh
Banyak orang yang tidak mengkonsumsi daging dan lebih memilih menjadi vegetarian
Mengenal Manfaat Lemon Bagi Kesehatan Tubuh
Di balik rasa asam jeruk lemon, tersimpan khasiat yang begitu beragam, mulai dari kesehatan hingga kecantikan.
Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh
Jeruk nipis dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, serta mencegah keriput di kulit. Berikut manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
0
Sejarah Ulang Tahun Jakarta yang Diperingati Setiap 22 Juni
Dalam sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Jakarta berusia 495 tahun. Simak sejarah singkatnya.