5 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

Ginseng dapat diklasifikasikan dalam tiga jenis, tergantung pada berapa lama ia tumbuh, yakni ginseng segar, putih atau merah
Ilustrasi gingseng. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Ginseng telah digunakan dalam pengobatan tradisional di daerah Asia khususnya Tiongkok selama berabad-abad.

Ginseng dapat diklasifikasikan dalam tiga jenis, tergantung pada berapa lama ia tumbuh, yakni ginseng segar, putih atau merah. Ginseng segar dipanen sebelum 4 tahun, sedangkan ginseng putih dipanen antara 4-6 tahun dan ginseng merah dipanen setelah 6 tahun atau lebih. Ginseng yang paling populer adalah ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Asia (Panax ginseng).

Ginseng Amerika dan Asia bervariasi dalam senyawa aktif dan efeknya pada tubuh. Diyakini bahwa ginseng Amerika berfungsi sebagai relaksasi, sedangkan ginseng Asia memiliki efek menyegarkan tubuh.

Tanaman ini sendiri mengandung dua senyawa penting, ginsenosides dan gintonin. Senyawa ini saling melengkapi yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, Dirangkum dari laman Healthline, Berikut adalah 7 manfaat gingseng untuk kesehatan tubuh.


1. Meningkatkan fungsi otak

Ginseng dapat membantu meningkatkan fungsi otak seperti memori, perilaku dan suasana hati. Senyawa dalam ginseng, seperti ginsenosides dan senyawa K, dapat melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Orang yang mengonsumsi ginseng secara rutin dalam 4 minggu akan mengalami peningkatan kesehatan mental, fungsi sosial, dan suasana hati. Ginseng juga memiliki efek positif pada fungsi otak dan perilaku pada orang dengan penyakit Alzheimer.


2. Meningkatkan energi

Ginseng telah terbukti membantu melawan kelelahan dan meningkatkan energi. Senyawa dalam ginseng, seperti polisakarida dan oligopeptida memiliki manfaat untuk membuat stres oksidatif yang lebih rendah dan produksi energi yang lebih tinggi dalam tubuh, yang dapat membantu melawan kelelahan dan memberikan energi tambahan.


3. Mengurangi risiko kanker

Ginseng dapat membantu dalam mengurangi risiko kanker tertentu. Ginsenosides yang terdapat di dalam ginseng telah terbukti membantu mengurangi peradangan dan memberikan perlindungan antioksidan.

Sebuah tinjauan dari beberapa penelitian menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi ginseng mungkin memiliki risiko 16% lebih rendah terkena kanker. Ginseng juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pasien yang menjalani kemoterapi, mengurangi efek samping dan meningkatkan efek beberapa obat pengobatan.


4. Menurunkan gula darah

Tanaman satu ini juga memiliki manfaat dalam mengontrol glukosa darah pada orang dengan dan tanpa diabetes. Ginseng Amerika dan Asia telah terbukti meningkatkan fungsi sel pankreas, meningkatkan produksi insulin dan meningkatkan penyerapan gula darah dalam jaringan.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ginseng membantu dengan memberikan perlindungan antioksidan yang mengurangi radikal bebas dalam sel-sel penderita diabetes. Mengonsumsi 2,7 gram ginseng merah yang difermentasi setiap hari efektif menurunkan gula darah dan meningkatkan kadar insulin setelah tes makan, dibandingkan dengan plasebo.


5. Mengurangi peradangan

Ginseng memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang bermanfaat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ginseng dan senyawa ginsenoside dapat menghambat peradangan dan meningkatkan produksi antioksidan dalam tubuh.

Ekstrak ginseng merah dipercaya dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan aktivitas antioksidan sel-sel kulit dari orang-orang penderita eksim. Para peneliti menyimpulkan bahwa ginseng merah dapat membantu mengurangi stres oksidatif dengan meningkatkan produksi antioksidan dalam tubuh.


(Fauzi Maulana Rizqi)

Berita terkait
Ajakan Menanam Tanaman Herbal dari Wagub Sumatera Utara
Menurut Ijeck, tanaman herbal merupakan pemberian Tuhan yang luar biasa. Sejak dahulu tanaman herbal sudah digunakan untuk kesehatan.
Wabah Corona, Petani Tanaman Herbal Kebanjiran Order
Permintaan pasar meningkat hingga 50 persen untuk tanaman-tanaman herbal dimasa pandemic Corona saat ini
7 Jenis Teh Herbal untuk Mengobati Sembelit, Mudah Dibuat
Teh herbal dapat dibuat dari kombinasi jamu atau campuran daun, biji, akar berbagai tanaman dan air panas.
0
5 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan
Ginseng dapat diklasifikasikan dalam tiga jenis, tergantung pada berapa lama ia tumbuh, yakni ginseng segar, putih atau merah