5 Manfaat Dahsyat Daun Sirih bagi Tubuh

Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90 % daun sirih terdiri dari air.
Daun sirih (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Jika mendengar kata daun sirih, pasti yang terlintas dalam pikiran Anda adalah daun yang sering dikunyah oleh orang-orang tua. Lalu, apakah benar bahwa daun sirih hijau dan daun sirih merah bermanfaat untuk kesehatan.

Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90 % daun sirih terdiri dari air. Karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1 % lemak.

Lalu apa saja manfaat daun sirih bagi tubuh, berikut adalah ulasannya.


1. Menyembuhkan luka

Sirih merah memiliki kandungan saponin yang bersifat antiseptik. Senyawa ini beperan penting dalam penyembuhan luka. Selain saponin, sirih merah juga memiliki tanin yang berfungsi membentuk kolagen sehingga luka lebih cepat tertutup.


2. Mencegah infeksi karena bakteri

Manfaat daun sirih selanjutnya yakni untuk mencegah infeksi karena bakteri. Kandungan fenol dan flavonoid di dalam sirih merah ini mampu mencegah risiko infeksi. Bahkan daun tersebut juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus.


3. Menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2

Peneliti melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih, atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2. Daun sirih juga melindungi kesehatan hati.


4. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Seperti yang telah disebutkan di atas, daun sirih mengandung tinggi antioksidan. Dalam tubuh, antioksidan eugenol yang bekerja melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis. 

Salah satu manfaat daun sirih yang terkait hal ini adalah menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, lemak jahat dalam tubuh. Daun sirih juga diketahui dapat membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah.


5. Obat rematik

Rematik atau rheumatoid arthritis merupakan salah satu penyakit pada sendi yang sering dirasakan sebagian orang. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit autoimun. 

Mereka yang mengidap rematik umumnya akan kecanduan mengonsumsi obat kimia untuk meredakan nyeri. Konsumsi obat kimia terus menerus tentu saja kurang baik dan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan di masa mendatang.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Manfaat Daun Pisang yang Jarang Diketahui Orang
Ada banyak manfaat daun pisang kering untuk ikan, seperti menjaga kesehatan, meningkatkan kesuburan hingga membantu pemulihan penyakit.
Sinopsis Squid Game, Serial Brutal yang Sedang Naik Daun
Industri perfilman Korea Selatan kembali menciptakan perbincangan hangat melalui Serial Squid Game. Berikut sinopsisnya.
10 Manfaat Luar Biasa Daun Pepaya untuk Kesehatan
Daun pepaya banyak digunakan dalam bentuk jus atau teh untuk mengobati berbagai penyakit.
0
5 Manfaat Dahsyat Daun Sirih bagi Tubuh
Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90 % daun sirih terdiri dari air.