5 Manfaat Buah Plum yang Ampuh untuk Diet

Bahkan tak sedikit pula yang menggunakan obat kimia sebagai langkah langsung menuju diet. Namun, kadang mendapatkan hasil yang tak diinginkan.
Ilustrasi - Manfaat buah plum. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Tak sedikit orang yang menginginkan tubuh yang ideal dan langsing, banyak orang melakukan cara untuk mengikuti diet agar mendapatkan hasil yang diinginkan, namun pada kenyataannya tidak semua tepat dan berhasil. 

Bahkan tak sedikit pula yang menggunakan obat kimia sebagai langkah langsung menuju diet. Namun pada kenyataannya, penggunaan bahan kimia dalam jangka panjang sangat tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba diet sehat dengan rutin mengonsumsi buah plum. Berikut manfaatnya.


1. Sumber antioksidan

Manfaat dari buah plum adalah sebagai sumber antioksidan. Buah plum kaya akan vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, asam neoklorogenik, dan asam klorogenat

Kandungan zat tersebut menjadikan buah ini sebagai antioksidan yang efektif untuk mencegah kerusakan sel somatik akibat radikal bebas. Ini mengandung radikal bebas dari tubuh, seperti radikal oksigen dan radikal anion superoksida. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam buah plum mampu mencegah kerusakan oksigen dalam lemak.


2. Dapat mengatasi obesitas

Jika Anda mengalami obesitas, coba tambahkan plum ke dalam diet Anda. Buah ini dapat memberikan efek anti obesitas dan anti inflamasi pada berbagai sel dalam tubuh, termasuk sel lemak. 

Faktanya, buah ini membantu menghindari komplikasi terkait obesitas seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular. Hal ini, karena mengandung senyawa flavonoid dan fenolik seperti antosianin, asam klorogenat, quercetin, dan katekin.


3. Membantu menurunkan berat badan

Buah plum sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang ingin melakukan diet sehat. Buah plum memiliki banyak serat, sehingga mampu memperlambat pencernaan oleh tubuh dan membuat tubuh kenyang lebih lama. 

Selain itu, buah plum juga membantu menurunkan berat badan lebih cepat sehingga sering diperuntukkan oleh banyak orang untuk menjalankan diet yang sehat. 


4. Melancarkan pencernaan

Manfaat buah plum untuk pencernaan adalah melancarkan dan melindungi tubuh dari sembelit. Buah ini mengandung serat, sorbitol, isatol, dan isatin yang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.


5. Mengontrol kadar gula darah

Senyawa flavonoid memberikan perlindungan terhadap resistensi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin dalam darah. Oleh karena itu, buah plum mengandung karbohidrat, tetapi aman untuk orang yang berisiko menderita diabetes. Serat dalam buah plum juga memperlambat pemecahan karbohidrat dalam tubuh menjadi gula. []

Berita terkait
Manfaat Buah Stroberi untuk Wajah Glowing
Stoberi merupakan buah asam yang lezat yang pertama kali matang pada musim semi. Selain nikmat dan enak stroberi juga memiliki manfaat untuk wajah.
4 Jenis Buah untuk Cegah Demam Berdarah
Selain pandemi Covid-19, demam berdarah juga menjadi kondisi yang harus diwaspadai sekarang-sekarang ini. Berikut buah yang dapat Anda konsumsi.
Lima Manfaat Penting Buah Pisang
Buah pisang merupakan buah yang banyak digemari masyarakat. Selain lezat harganya juga murah. APalagi buh ini juga memiliki manfaat bagi tubuh.
0
5 Manfaat Buah Plum yang Ampuh untuk Diet
Bahkan tak sedikit pula yang menggunakan obat kimia sebagai langkah langsung menuju diet. Namun, kadang mendapatkan hasil yang tak diinginkan.