UNTUK INDONESIA

5 Manfaat Baik Makanan Pedas

Berikut Tagar rangkumkan 5 manfaat baik dari makanan pedas.
Ilustrasi masakan pedas. (Foto: Freepik)

Jakarta - Sebagian orang sangat menyukai makanan dengan rasa pedas. Bahkan ada yang sampai setiap hari harus makan makanan pedas. Bagi mereka yang menyukainya, dikatakan bahwa makanan pedas dapat menaikkan selera makan.

Namun, sering juga kita dengar bahwa makanan yang pedas dapat berbahaya untuk kesehatan. Padahal, menurut catatan laman Healthline, terdapat beberapa penelitian yang justru mendukung untuk makan makanan pedas karena manfaatnya yang baik.

Makanan pedas ini tidak hanya yang mengandung cabai, tetapi juga dari rempah lain seperti kayu manis, kunyit, bawang putih, jahe, dan jintan.

Berikut Tagar rangkumkan 5 manfaat baik dari makanan pedas:

Makanan PedasIlustrasi makanan pedas. (Foto: Freepik)

1. Bikin Panjang Umur

Makan makanan pedas enam atau tujuh hari seminggu, atau bahkan hanya sekali sehari dikatakan dapat menurunkan angka kematian sebesar 14 persen, menurut sebuah studi besar tahun 2015 oleh Harvard dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Nasional China.

2. Mempercepat Metabolisme

Data dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa rempah-rempah tertentu seperti jintan, kayu manis, kunyit, paprika, dan cabai dapat meningkatkan metabolisme dan memperlambat nafsu makan.

Satu penelitian juga menemukan bahwa kunyit dapat menekan pertumbuhan jaringan lemak pada tikus.

3. Rempah-rempah dapat Melawan Peradangan

Kurkumin, senyawa dalam kunyit, dapat mengurangi peradangan di tubuh. Selain itu, dalam pengobatan Ayurveda, sifat antiinflamasi jahe dan bawang putih telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi seperti radang sendi, gangguan autoimun, dan bahkan sakit kepala dan mual.

4. Rempah-rempah dapat Membantu Melawan Sel Kanker

Komponen aktif pada cabai yaitu Capsaicin terbukti dapat memperlambat dan menghancurkan sel kanker.

Sebuah studi oleh UCLA menemukan bahwa capsaicin menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada tikus sambil membiarkan sel sehat tidak terluka.

5. Bumbu Membantu Membunuh Bakteri

Jintan dan kunyit telah terbukti memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang kuat. Ini berarti mereka dapat digunakan untuk melawan bakteri berbahaya di dalam tubuh.

Itulah 5 manfaat baik dari makanan pedas untuk tubuh. Namun, perlu diingat untuk jangan terlalu sering mengonsumsi makanan pedas.

Pasalnya, zat pedas yang ditemukan dalam cabai yaitu capsaicin dapat menimbulkan gejala jangka pendek yang intens seperti sakit perut, diare, dan muntah pada mereka yang mengonsumsi terlalu banyak.

Hal ini terjadi karena stimulasi berlebihan pada sistem saraf. Meskipun begitu, tidak ada kerusakan permanen yang terjadi pada lapisan usus. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
18 Jenis Makanan Terbaik untuk Bayi dan Balita
Berikut Tagar rangkumkan 18 jenis makanan dengan gizi terbaik untuk bayi dan balita.
Deretan Makanan yang Bernutrisi Baik untuk Kesehatan Mata
Berikut Tagar rangkumkan 7 jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata, dikutip dari laman Healthline.
12 Jenis Makanan Bergizi Terbaik untuk Sarapan
Berikut Tagar rangkumkan 12 jenis makanan terbaik untuk dikonsumsi saat sarapan dilansir dari laman Healthline.
0
Begini Kata Mahfud MD Soal Isu Kudeta Partai Demokrat
Mahfud MD mengaku kaget mendengar isu pengambilan alih tampuk kekuasaan partai Demokrat dari AHY melalui KLB oleh orang di lingkaran Jokowi.