5 Makhluk Mitologi di Indonesia

Tidak kalah dengan Yunani, ternyata Indonesia juga memiliki makhluk mitologi dari berbagai daerah.
Ilustrasi makhluk mitologi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta – Mitologi adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan. Makhluk mitologi sebenarnya merupakan makhluk yang keberadaanya belum bisa dibuktikan secara ilmu pengetahuan, akan tetapi kisahnya melekat pada budaya, termasuk Indonesia.

Tidak kalah dengan Yunani, ternyata Indonesia juga memiliki makhluk mitologi dari berbagai daerah. Dilansir dari berbagai sumber berikut 5 makhluk mitologi yang berasal dari Indonesia.


1. Ahool

Makhluk mitologi asal Gunung Salak ini dinamakan Ahool karena suaranya yang terdengar seperti teriakan “ahooool”. Jika digambarkan, Ahool adalah kelelawar sebesar anak usia satu tahun yang memiliki sayap raksasa berukuran tiga setengah meter. Konon, kemunculan makhluk ini pertama kali dilaporkan pada tahun 1925 oleh seorang ahli bernama Dr. Ernest Bartels. Saat itu, dirinya melihat Ahool terbang di atas kepalanya di Gunung Salak.


2. Leak

Leak merupakan makhluk mitologi yang berasal dari Bali dan digambarkan sebagai penguasa para roh-roh jahat. Makhluk ini seperti penyihir jahat yang suka berkeliaran di malam hari untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia di kuburan, kemudian akan dijadikan bahan membuat ramuan sihir. Menurut kepercayaan Bali, Leak dapat mengubah dirinya menjadi api atau bola api, meski bentuk sebenarnya memiliki lidah panjang dan gigi tajam. Namun, penggambaran Leak berbeda-beda karena ada sekitar 35 jenis Leak yang ada di Bali.


3. Garuda

Burung Garuda yang menjadi lambang Pancasila adalah salah satu makhluk mitologi yang ada di Indonesia. Terdapat berbagai Interpretasi fisik mengenai Garuda, tetapi kebanyakan menggambarkan bahwa tubuh Garuda tertutup bulu emas, berwajah putih, dan memiliki sayap merah. Bagian sayap pada Garuda dipercaya mirip dengan burung elang, tetapi memiliki tubuh seperti manusia dengan ukuran yang sangat besar.


4. Banaspati

Banaspati atau hantu roh jahat bola api adalah sosok makhluk jahat yang ditakuti banyak masyarakat Jawa. Bentuk makhluk yang satu ini menyerupai bola api yang terbakar dan melayang-layang di udara. Makhluk mitologi yang satu ini dipercaya mampu menyakiti dan membunuh manusia.


5. Cindaku

Makhluk mitologi ini berasal dari Jambi dan diberi nama Cindaku. Menurut, sebagian rakyat Jambi, Cindaku berwujud manusia setengah harimau. Makhluk ini merupakan sosok sakti yang mewarisi ilmu batin leluhur masyarakat Jambi yang tinggal di Gunung Kerinci. Konon, Cindaku bertugas untuk menjaga keseimbangan perjanjian antara manusia dengan harimau agar dapat hidup dengan harmonis.

(Fadhil Ramadhan) 


Baca Juga














Berita terkait
Unsur Mitologi Pengaruhi Lukisan Karya Basoeki Abdullah
Sejumlah karya lukisan Basoeki Abdullah banyak terinspirasi dari mitologi Indonesia, terutama mitologi Jawa.
Mitologi Setan Gundul Jawa
Setan Gundul saat marah menjadi monster kuat berupa api yang menghancurkan korban secara terstruktur, sistematis, dan masif, disebut Banaspati.
Mitologi Gerhana Bulan di Asia, Amerika, Eropa
Tak hanya Indonesia yang punya mitos, legenda gerhana bulan. Ini mitologi gerhana bulan di Benua Asia, Amerika, dan Eropa.
0
5 Makhluk Mitologi di Indonesia
Tidak kalah dengan Yunani, ternyata Indonesia juga memiliki makhluk mitologi dari berbagai daerah.