5 Makanan yang Baik dikonsumsi untuk Menambah Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat terjadi jika asupan Anda terlalu rendah untuk menggantikan jumlah zat yang hilang setiap hari.
Ilustrasi daging merah. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Zat besi adalah mineral yang memiliki beberapa fungsi penting, yang utamanya adalah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda sebagai bagian dari sel darah merah. Jumlah zat besi yang diserap tubuh Anda, sebagian didasarkan pada seberapa banyak Anda telah menyimpannya.

Kekurangan zat besi dapat terjadi jika asupan Anda terlalu rendah untuk menggantikan jumlah zat yang hilang setiap hari. Untungnya, ada banyak pilihan makanan yang baik untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan zat besi Anda sehari-hari. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 makanan yang baik untuk menambah zat besi.


1. Kerang

Semua kerang mengandung zat besi yang tinggi, tetapi kerang, tiram, dan remis adalah sumber yang sangat baik. Namun, kandungan besi kerang sangat bervariasi, dan beberapa jenisnya mungkin mengandung jumlah yang jauh lebih rendah.


2. Bayam

Bayam memberikan banyak manfaat kesehatan tetapi sangat sedikit kalori. Sekitar 3,5 ons (100 gram) bayam mentah mengandung 2,7 mg zat besi, atau 15% dari DV. Meskipun bayam ini adalah zat besi non-heme, yang tidak diserap dengan baik, bayam juga memiliki vitamin C. Vitamin C ini penting secara signifikan untuk meningkatkan penyerapan zat besi.


3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan ini memiliki nutrisi. Beberapa jenis kacang-kacangan yang paling umum adalah buncis, kacang polong, dan kedelai. Kacang-kacangan seperti kacang hitam, kacang navy, dan kacang merah juga dapat membantu meningkatkan asupan zat besi Anda.


4. Daging merah

Para peneliti telah menyarankan bahwa kekurangan zat besi mungkin lebih kecil kemungkinannya bagi orang yang mengkonsumsi daging, unggas, dan ikan secara teratur. Faktanya, daging merah merupakan satu-satunya sumber zat besi yang paling mudah ditemukan dan berpotensi dijadikan makanan bagi orang yang rentan terhadap anemia.


5. Tahu

Tahu juga merupakan sumber dari beberapa mineral yang baik, termasuk kalsium, magnesium, dan selenium. Selain itu, ia menyediakan 22 gram protein per porsi. Tahu ini mengandung senyawa unik yang disebut isoflavon, yang telah dikaitkan dengan peningkatan sensitivitas insulin, penurunan risiko penyakit jantung, dan bantuan dari gejala menopause.

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga








Berita terkait
Kenali 5 Tanda Saat Tubuh Kekurangan Zat Besi
Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan beberapa organ tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya secara normal.
7 Dampak Buruk Kelebihan Zat Besi bagi Kesehatan
Kelebihan zat besi juga merupakan penyebab utama timbulnya penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan epilepsi.
7 Jenis Makanan yang Mengandung Zinc
Zinc adalah salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung kesehatan yang baik. Berikut makanan yang mengandung zinc.