5 Makanan Murah yang Ampuh Membuat Awet Muda

Salah satu kunci sukses memperoleh penampilan tetap awet muda adalah menjaga pola makan sehat.
Ilustrasi buah-buahan (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Siapa yang tidak ingin tampak awet muda? Setiap orang pasti menginginkan agar wajah dan tubuh tampak awet muda. Bahkan diantara dari mereka banyak yang rela melakukan perawatan sampai operasi demi mendapatkan penampilan awet muda.

Salah satu kunci sukses memperoleh penampilan tetap awet muda adalah menjaga pola makan sehat. Karena makanan yang dikonsumsi akan sangat berdampak pada kesehatan dan kondisi tubuh. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba beberapa makanan sehat ini.

Berikut adalah makanan sehat dan murah yang membuat tampil awet muda.

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang dapat membuat awet muda. Dengan kandungan senyawa lemak polihidroksilasi, membuat alpukat mampu melawan peradangan, memperbaiki DNA yang rusak, melawan inflamasi, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.


2. Ubi Ungu

Kandungan antosianin yang berlimpah pada ubi ungu, membuat sayuran ini sangat ampuh membuat awet muda. Pasalnya, kandungan tersebut memiliki manfaat sebagai antioksidan sehingga dapat menghambat penuaan dini. Selain itu, sayuran ini juga mampu mengurangi risiko penyakit gaya hidup, seperti kanker.


3. Wortel

Menurut riset Nutrients, wortel dapat meningkatkan produksi kolagen yang kaya akan karotenoid. Kolagen sendiri seringkali dijumpai sebagai bahan baku produk kecantikan atau kesehatan untuk perawatan agar tetap awet muda.


4. Delima

Mengonsumsi delima segar mampu membantu kulit agar terlihat awet muda. Hal ini karena buah delima mengandung antioksidan yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari teh hijau. Oleh sebab itu, buah delima ampuh untuk merangsang produksi kolagen, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet, dan mengurangi potensi inflamasi.


5. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A, E, K, dan C yang sangat membantu agar tubuh dan kulit tampak awet muda. Selain itu, kandungan enzim papain yang mampu membantu memberikan khasiat antipenuaan karena sifat anti-inflamasinya. 

Tak hanya itu, kandungan kalium, kalsium, fosfor, magnesium, dan B kompleks sangat penting bagi kesehatan kulit.[]


(Rafi Fairuz)


Baca Juga:

Berita terkait
Rekomendasi Pola Makan untuk Penderita Darah Rendah
Pola makan menjadi sangat penting diperhatikan terutama bagi penderita darah rendah. Berikut ulasannya dari Tagar.
Berikut Resep Olahan Buah Naga yang Patut Dicoba
Selain dikonsumsi langsung sebagai pelengkap menu harian, buah naga bisa diolah ke berbagai hidangan tidak kalah menggoda lidah antara lain:
5 Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan Tubuh
Tidak hanya buahnya, dari ujung akar hingga daun pohon kelapa hampir semua bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari.