UNTUK INDONESIA
5 Lokasi Wisata di Makkah dan Jeddah Selepas Umrah
Makkah dan Jeddah, Arab menyimpan sejumlah wisata menarik yang bisa dikunjungi pasca menjalankan ibadah umrah.
Kawah Al Wahbah di Mekkah, Arab Saudi. (Foto: Instagram/xavism5)

Jakarta - Makkah dan Jeddah, Arab menyimpan sejumlah wisata menarik yang wajib dikunjungi. Sehingga, tempat ini sangat cocok dijadikan rekomendasi wisata pasca menjalankan ibadah umrah.

Kedua kota ini memiliki tempat wisata bersejarah, alam, dan religi. Keindahan panorama yang disajikan di sana mampu menarik perhatian dan memanjakan mata para pengunjung.

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah wisata Makkah dan Jeddah yang wajib dikunjungi oleh wisatawan selepas ibadah umrah.

1. Masjid Al-Rahma

Masjid Al-RahmaMasjid Al-Rahma berlokasi di Jeddah. (Foto: Instagram/@lanaalsubahi)

Masjid yang berlokasi di Jeddah ini biasa disebut Masjid Terapung. Nama itu diambil lantaran bangunan ini dikelilingi oleh laut, bahkan terlihat mengambang saat air pasang.

Tempat beribadah ini juga dikenal dengan nama Masjid Fatima Al-Zahra dan menjadi salah satu yang paling banyak dikunjungi khususnya oleh umat Muslim dari Asia Timur.

Pengunjung yang menyambangi tempat itu akan melihat perpaduan arsitektur tradisional dan modern yang bernuansa seni Islami. Bangunan ini juga dibangun dengan teknologi canggih, peralatan, dan sistem suara dan pencahayaan yang bagus.

Dibangun di area seluas 2.400 meter persegi, tempat ini menerima jemaah haji dan umrah dari seluruh dunia. Biasanya, mereka datang ke tempat tersebut pada sore hari. Hal itu bertujuan untuk melihat sunset dengan nuansa pemandangan laut merah khas Timur Tengah.

2. Museum Abdul Raouf Khalil

Museum Abdul Raouf KhalilMuseum Abdul Raouf Khalil berada di Jeddah, Arab Saudi. (Foto: Instagram/@museums_of_abdulraouf_khalil)

Museum Abdul Raouf Khalil menjadi museum tertua di sudut Kota Jeddah, Arab Saudi. Bangunan ini memiliki sejumlah benda bersejarah yang menceritakan tentang perkembangan kota Jeddah berusia 2.500 tahun.

Pengunjung akan dibawa merasakan suasana masa lalu Kota Jeddah dengan melihat ukiran kayu pada jendela dan pintu bangunan. Pengunjung yang datang ke museum itu, bisa belajar mengenai sejarah pra-Islam hingga peradaban modern.

Tempat ini memiliki beberapa artefak yang tak ternilai dan berusia jutaan tahun. Di museum itu terdapat juga empat warisan yang bisa diketahui, seperti paviliun warisan islam, warisan Arab Saudi, kawasan warisan sejarah internasional, dan pameran warisan publik.

Museum ini beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB dan dibuka kembali pukul 17.00 sampai 21.00 WIB.

3. Kawah Al Wahbah

Kawah Al WahbahKawah Al Wahbah di Mekkah, Arab Saudi. (Foto: Instagram/xavism5)

Kawah Al Wahbah menjadi salah satu objek wisata alam yang ada di Makkah, Arab Saudi. Tempat tersebut terletak di gurun yang memiliki ukuran hampir 1 mil dengan ketinggian tebing 850 kaki.

Pengunjung yang datang ke sana bisa melihat kawah yang terbuat dari sisa aktivitas vulkanik. Keindahan panorama dataran berpasir itu ditumbuhi pohon palem yang berfungsi sebagai tempat teduh saat cuaca panas dan mampu memanjakan mata wisatawan.

Kawah yang berdiameter dua kilometer tersebut didominasi dengan warna putih. Kristal natrium fosfat putih menjadi asal muasal warna tersebut. Jika dilihat dari atas, destinasi wisata alam ini terlihat seperti bekas jatuhnya meteor.

4. Albatoul Marine

Albatoul MarineAlbatoul Marine. (Foto: Instagram/@zr_ksa)

Albatoul Marine menyediakan olahraga air bernama water blob. Pengunjung yang datang akan merasakan sensasi terbang seperti karakter Iron Man.

Untuk mencoba wahana tersebut, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 91.000. Setelah menjalankan ibadah umrah, berkunjung ke Albatoul Marine bisa menjadi pilihan tempat wisata bersama keluarga.

5. Air Mancur King Fahd's

Air Mancur King Fahd\\'sAir Mancur King Fahd\'s. (Foto: Instagram/@simon.diplomacy)

Objek wisata yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Sebab, pengunjung akan disajikan dengan air mancur tertinggi di dunia yang mampu melontarkan air hingga ketinggian 853 meter.

Keunikan dari objek wisata tersebut terdapat pada jenis air yang disemprotkan. Pasalnya, air yang keluar merupakan air asin berasal dari laut.

Air mancur ini dibangun atas perintah Raja Fahd dengan menggunakan tiga pompa jet raksasa. Sehingga, tempat ini mampu mengeluarkan air sebanyak 625 liter per detik dengan kecepatan 375 kilometer per jam.

Malam hari menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi air mancur King Fahd's. Pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan air mancur yang indah dengan tambahan cahaya yang berasal dari 500 sorotan lampu.

Di objek wisata tersebut juga ada banyak restoran menjajakan berbagai makanan khas Arab yang tentunya menggugah selera para pengunjung. []

Baca juga:

Berita terkait
Menelusuri Tiga Destinasi Wisata Hutan Kota Tangsel
Kota Tangerang Selatan atau Tangsel menyimpan destinasi wisata hutan kota yang menarik untuk ditelusuri. Beragam fasilitas siap memanjakan.
Wisata Gembok Cinta Paling Romantis Buat Valentine
Wisata gembok cinta yang tersebar di belahan dunia selalu menjadi sasaran bagi pasangan muda dan dewasa untuk mengukir cintanya. Berikut ulasannya.
Candi Sewu dan Empat Destinasi Wisata Menarik di Klaten
Kabupaten yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki sejumlah destinasi wisata alam dan budaya.
0
Banjir di Sumbawa NTB Tewaskan Satu Bocah SD
Bocah kelas 4 SD warga Dusun Untir, Desa Uma Beringin, Kecamatan Untir Iwes, Kabupaten Sumbawa, meninggal dunia akibat hanyut terbawa air banjir.