UNTUK INDONESIA
5 Langkah Sederhana Cegah Sakit Liver, Ampuh Asal Disiplin Ya!
Ada 5 langkah sederhana mencegah gangguan pada liver atau hati, tetapi sebaiknya disiplin menjalaninya ya.
Ilustrasi liver atau hati terkenan gangguan. (Foto: Pexels)

Jakarta - Hati atau liver memiliki fungsi vital sebagai penetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Maka itu kita dianjurkan menjaga organ hati agar tetap sehat. Ada 5 langkah sederhana mencegah gangguan pada liver, tetapi sebaiknya disiplin menjalaninya ya.

Menjaga liver sangat penting karena jika mengalami kerusakan, otomatis sistem pengeluaran racun dari dalam tubuh menjadi terganggu. Gangguan pada hati juga rentan terhadap penyakit berbahaya, seperti hepatitis (infeksi) dan hepatomegali (kanker hati).

Lalu bagaimana cara mencegah penyakit liver? Dikutip dari Liver Foundation, berikut lima langkah sederhana untuk mencegah terjadinya liver:

1. Jaga berat badan

Pasalnya jika Anda mengalami berat badan yang berlebihan bahkan obesitas, Anda berisiko mengalami perlemakan hati yang dapat menyebabkan penyakit perlemakan hati non-alkoholik (NAFLD). Penyakit ini tumbuh paling cepat.

Penurunan berat badan akan membantu Anda dalam menghindari penyakit lemak hati.

Perut BuncitIlustrasi perut buncit (Foto: Pixabay)

2. Pola makan seimbang

Untuk asupan makan ini juga penting agar Anda terhindar dari penyakit liver.

Hindari makanan yang berkalori tinggi, lemak jenuh, karbohidrat olahan (roti putih, nasi putih dan pasta) dan gula. Makanlah makanan yang berserat seperti buah-buahan segar, sayuran, roti gandum, nasi dan sereal.

Makan daging diperbolehkan asalkan tetap dengan porsi yang seimbang. Jika ingin minum susu, pilihlah yang rendah lemak. Kemudian perbanyaklah minum air putih.

Ilustrasi makananIlustrasi makanan sehat dan seimbang. (Foto: Pexels)

Baca juga:

3. Olahraga

Olahraga dapat membantu Anda untuk mengurangi lemak hati. Selain untuk hati, berolahraga secara teratur dapat membuat seluruh tubuh Anda sehat.

BerolahragaIlustrasi berolahraga. (Foto: Pexels)

4. Hindari alkohol

Mengkonsumsi alkohol dapat memicu berbagai penyakit bahaya seperti liver. Alkohol dapat merusak dan menghancurkan sel-sel hati Anda. Jika Anda terus menerus masih mengkonsumsi Alkohol, risiko serangan penyakit liver akan semakin tinggi.

Ilustrasi Minuman AlkoholIlustrasi Minuman Alkohol. (Foto: Pixabay/Pexels)

5. Selalu mencuci tangan

Setelah habis mengerjakan sesuatu baik dari kamar mandi, mengganti popok atau hendak makan. Usahakanlah untuk mencuci tangan terlebih dahulu agar bakteri tidak masuk kedalam tubuh. (Niswatul Mahmudah)

Mencuci tanganIlustrasi mencuci tangan. (Foto: Pexels)

Berita terkait
5 Gangguan Kesehatan Akibat Menahan Kencing saat Berkendara
Tiba-tiba merasakan ingin buang air kecil di tengah perjalanan berkendara. Hati-hati 5 gangguan kesehatan ini.
Perut Six Pack Belum Tentu Sehat Jika Susah Tidur Malam
Perut six pack baik pada pria maupun wanita ternyata bukan jaminan bisa tidur cepat. Bisa jadi mengalami gangguan kesehatan.
Vitamin Wajib Bagi Suporter Fanatik Sepak Bola
Suporter sepak bola Tanah Air dikenal fanatik dan kerap terjaga. Berikut rekomendasi vitamin wajib bagi fan kulit bundar.
0
Satpam di Bantul Ditemukan Tewas di Penginapan Usai Mabuk
Saksi mata, pemilik penginapan di Bantul, DIY mengatakan sebelumnya korban datang dalam kondisi mabuk.