UNTUK INDONESIA
5 Kuliner Khas Kota Kelahiran Ainun Habibie di Semarang
Lima makanan khas kota kelahiran Ainun Habibie di Semarang, salah satunya tahu petis yang memiliki cita rasa yang nikmat.
Lumpia Semarang. (Foto: Instagram/@lumpiasemarang_lifesjoy)

Jakarta - Tentu sudah tak asing lagi mendengar Hasri Ainun Besari atau akrab disapa Ainun Habibie. Dialah seorang istri yang telah setia mendampingi Presiden RI ke-3, BJ Habibie sampai akhir hayatnya. 

Mungkin, masyarakat tak banyak yang mengetahui dimana tempat kelahiran perempuan kelahiran 1 Agustus 1937 ini. Ainun dilahirkan di Kota Semarang. Mengenal Semarang, tentu menyimpan banyak kesan menarik, salah satunya kuliner khasnya yang pastinya akan selalau dirindukan, jika mengunjungi kota tersebut. 

Berikut Tagar akan merangkum sejumlah kuliner khas Kota Semarang:

1. Tahu Petis

Tahu PetisTahu Petis. (Foto: ppitiongkok.org)

Tahu petis memang makanan khas kota Semarang, yaitu tahu goreng yang dimakan dengan petis saus berwarna hitam kental, yang biasanya terbuat dari udang yang dioleskan atau disisipkan di tengah-tengah tahu. 

Keunikan makanan ini berada pada bumbu petis berbahan dasar udang yang diracik dengan bumbu spesial. Tahu yang digunakan adalah tahu putih yang harus disayat terlebih dahulu, tetapi jangan sampai terbelah. Tahu yang dibelah itu, diisi dengan petis. 

2. Lumpia Semarang

Lumpia SemarangLumpia Semarang. (Foto: Instagram/@lumpiasemarang_lifesjoy)

Lumpia juga salah satu makanan khas Semarang yang wajib dicicipi para penikmat kuliner ketika mengunjungi tempat kelahiran Ainun Habibie itu. Makanan ini, tentu telah menjadi legendaris kota tersebut, karena Semarang sudah diberi julukan sebagai kota lumpia.

Dalam pembuatannya, lumpia ini dibuat dengan adonan tepung yang dibuat bundar. Kemudian diberi isian, lalu dilipat dan digulung, baru digoreng di minyak panas. Isian dari makanan adalah daging ayam, bawang putih, telur orak-arik, ebi, kecap, potongan sayuran, bahkan rebung. Untuk memakannya, bisa dengan cara mencocolnya bersama saus segar atau menyantapnya secara langsung, keduanya sama-sama enak  

Rasanya kalau berkunjung ke Semarang tanpa mencicipi lumpia itu seperti belum pernah ke sana. Jadi, pecinta kuliner harus wajib mencoba lumpia Semarang ini, yang pastinya akan selalu membuat ketagihan dengan cita rasa yang dimiliki dari makanan tersebut. 

3. Pisang Plenet

Pisang PlenetPisang Plenet. (Foto: Instagram/@nexcarlos)

Pisang Plenet memang tak terlalu terkenal seperti lumpia dan jenis makanan lainnya yang ada di kota Semarang. Namun, sebagai salah satu menu khas Semarang, cita rasa tidak akan kalah dengan kuliner lainnya. 

Pisang Plenet ini dibuat dari olahan pisang dengan rasa manis yang sangat nikmat dan bentuk pipih (plenet). Proses pembuatannya ialah dengan memotong pisang kepok matang dan dibakar menggunakan api kecil, hingga berwana kecoklatan. Kemudian pisang ditiriskan di baluri olesan margarin dengan tambahan meises, coklat, selai nanas, gula bubuk dan lainnya.

Langkah terakhir, pisang plenet ini akan kembali di tutupi dengan pisang pilih, sehingga bentuknya hampir menyerupai roti tawar asi. Bagi pecinta kuliner, makanan ini bisa menjadi pilihan saat berada di Semarang. 

4. Garang Asem

Garang AsemGarang Asem. (Foto: Instagram/@lilikuliner)

Garang asem merupakan salah satu kuliner tradisional di kota Semarang yang berisi ayam plus kuah santan yang dimasak. Aroma makanan ini bisa memikat hati orang untuk segera menyantapnya. 

Kuliner ini berbumbu belimbing wuluh yang dimasak dalam bungkus daun dan ditutup menggunakan lidi. Menambah kenimatan makanan ini, biasanya garang asem akan dimasak dengan tambahan nasi hangat, jeroan ayam, tempe goreng dan perkedel. Kelezatan kuliner ini tak perlu diragukan, dan dipastikan anda akan jatuh cinta dengan kenikmatan makanan ini. 

5. Nasi Ayam Semarang

Nasi Ayam SemarangNasi Ayam Semarang. (Foto: instagram/@pengengendud)

Makanan khas Semarang juga bisa membuat para penikmat kuliner semakin ketagihan dengan rasa yang dimiliki Nasi Ayam Semarang. Apalagi, Anda bisa selalu merindukan makanan yang satu ini. 

Memang sekilas mirip nasi liwet Solo. Namun, yang membedakannya, kuliner tersebut disajikan dengan sate telur puyuh, usus dan teh hangat sebagai menu pelengkapnya.

Makanan ini berisi nasi liwet plus telur rebus plus suwiran ayam yang disiram menggunakan kuah opor dan tambahan sambal goreng jipan. Dari rasa yang ditawarkan kuliner ini, dijamin pecinta kuliner tak akan menyesal. Jadi, jika berkunjung ke Semarang, jangan lupa mencicipi makanan yang satu ini.[] 

Baca juga:

Berita terkait
Lima Tempat Kuliner yang Dikenal Horor
Belakangan ini sebuah tempat yang berkesan horor atau mistis menjadi buah bibir masyarakat, kini tidak hanya sebatas sebuah tempat kuliner saja.
Barobbo, Kuliner Primadona dari Makassar
Salah satu yang makanan yang wajib dicoba adalah Barobbo, satu jenis penganan tradisional berbahan dasar jagung khas kota Makassar.
Sego Koyor, Kuliner Khas Jogja Pemuas Selera
“Sego Koyor” kuliner khas Yogyakarta yang jadi salah satu makanan malam hari bagi warga Yogyakarta. Kuliner ini harganya Rp 15 ribu satu porsi
0
Semarang-Demak Perluas Jaringan Tol Trans Jawa
Pembangunan jalan tol dan tanggul Semarang-Demak diproyeksikan dimulai pada akhir 2019 ini dan selesai tahun 2022 mendatang.