UNTUK INDONESIA
5 Kudapan Pelengkap Hidangan Spesial Lebaran
Hidangan makanan ringan seharusnya dapat disajikan saat lebaran tiba agar dapat menjadi pelengkap sajian spesial khas lebaran itu.
Ilustrasi Gado-gado. (Foto: exquisite-taste-magazine.com)

Semarang - Sudah menjadi kebiasaan saat hari raya Idul Fitri atau Lebaran umat Muslim sering menyantap hidangan berat seperti opor, rendang, daging, dan lain sebagainya. Ternyata ada beberapa kudapan atau makanan ringan yang bisa menjadi pelengkap hidangan spesial lebaran dan mampu menetralkan makanan berat itu. 

Hidangan berat yang dimaksud di sini, yaitu makanan mengandung lemak dan kolesterol yang tidak baik untuk tubuh. Padahal jenis masakan seperti itu yang banyak disajikan pada hari besar umat Muslim tersebut.

Mengurangi rasa was-was terhadap ancaman kesehatan akibat mengonsumsi makanan jenis itu, ada baiknya perlu menetralkan dengan beberapa kudapan atau makanan selingan.

Berikut ini Tagar mengumpulkan dari berbagai sumber beberapa kudapan yang memiliki banyak khasiat itu. 

1. Rujak

RujakIlustrasi Rujak. (Foto: Instagram/foodnusantara.id)

Rujak adalah kudapan yang terdiri dari aneka buah yang dinikmati dengan sambal campuran dari gula jawa, cabe, terasi, dan kacang. Buah-buahan dalam rujak mengandung serat larut air yang mampu menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh.

Aneka ragam rujak yaitu rujak cingur (dengan sayuran), rujak buah, rujak mangga, dan masih banyak lagi. 

2. Salad

SaladIlustrasi Salad. (Foto: Pixabay/RitaE)

Mirip dengan rujak, salad terdiri dari campuran buah dan sayuran. Salad biasanya dinikmati dengan saus terbuat dari campuran cuka dan susu. Makanan ini bisa disajikan dingin atau dalam temperatur ruang. Bahkan dapat juga menjadi isian dari roti sandwich

3. Pecel

PecalIlustrasi Pecal. (Foto: Instagram/@dapursurirumah)

Kudapan ini terdiri dari aneka rebusan sayuran dicampur dengan bumbu sambal kacang tanah. Bumbu kacang disajikan dengan cara disiram di atas sayuran yang telah diletakkan ke dalam wadah. 

Bumbu pecal ini terdiri dari kacang tanah, cabai, gula merah, perasan jeruk limau atau purut.  

4. Gado-gado 

Gado-gadoIlustrasi Gado-gado. (Foto: exquisite-taste-magazine.com)

Makanan ini terbuat dari berbagai macam sayuran yang direbus, seperti kangkung, kol, mentimun, kacang panjang, labu, bayam, dan ditambah dengan campuran tempe atau tahu.  

Biasanya gado-gado dilengkapi dengan telur rebus yang bisa disantap dengan nasi atau lontong, serta ditambahkan kerupuk sebagai pelengkap kelezatan makanan tersebut. 

Aneka sayuran dalam pecel dan gado-gado juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol yang banyak dikonsumsi saat Hari Raya Idul Fitri.

5. Asinan

AsinanIlustrasi Asinan. (Foto: Instagram/@asinanmbokcentil)

Jenis kudapan tersebut diproses dengan cara pengacaran, yakni diasinkan atau diasamkan dengan cuka. Bahan yang diacarkan adalah aneka sayuran dan buah-buahan.

Selain sayurannya bisa menurunkan kolesterol, cuka pada asinan memiliki beragam khasiat seperti menurunkan berat badan, mengatur kadar gula darah, menjaga kesehatan jantung, dan sebagainya.

Menariknya meski memiliki nama masing-masing, kelima kudapan di atas dalam bahasa Inggris disebut Javanese Salad. Selain dapat membelinya di beberapa tempat, aneka kudapan tersebut juga bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang banyak tersedia di pasar atau pusat perbelanjaan. [] 

Baca juga:

Berita terkait
Resep Aneka Makanan Spesial Identik dengan Lebaran
Umat Muslim pasti merindukan suasana dan tradisi perayaan lebaran, termasuk aneka makanan spesial yang biasa dihidangkan.
5 Makanan Khas Lombok Sambut Perayaan Idul Fitri
Hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H tiba. Setelah Salat Id di rumah, saatnya menyantap sajian khusus Lebaran khas Lombok.
Makanan Spesial Khas Lebaran dari Belahan Dunia
Saat momen lebaran tiba, semua negara yang ada di belahan dunia pasti akan menyediakan makanan spesial khas dari negara masing-masing.
0
5 Kudapan Pelengkap Hidangan Spesial Lebaran
Hidangan makanan ringan seharusnya dapat disajikan saat lebaran tiba agar dapat menjadi pelengkap sajian spesial khas lebaran itu.