5 Kondisi Kesehatan Picu Depresi pada Usia 40 Tahun

Memperhatikan kondisi kesehatan saat menginjak usia 40 tahun penting dilakukan, karena dapat memicu depresi.
Trik Mengatasi Depresi Secara Efektif. (Foto: health.harvard.edu)

Tangerang - Kondisi kesehatan saat berusia 40 tahun penting untuk diperhatikan. Pasalnya, lalai menjaga kesehatan akan menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. 

Berikut Tagar rangkumkan dari Womantalk, beberapa kondisi kesehatan yang bisa memicu depresi saat berusia 40 tahun. 

1. Kurang vitamin B12

Jika sering merasa lesu atau depresi, kekurangan vitamin B12 bisa menjadi salah satu penyebab. Saat berusia 40 tahun, tidak memiliki cukup asam lambung untuk melepaskan B12 dari makanan.

2. Gangguan Tiroid

Depresi bisa menjadi salah satu gejala tiroid yang kurang aktif atau kadang malah terlalu aktif. Dalam kasus tiroid yang terlalu aktif, bisa disertai dengan jantung berdebar, gemetaran, atau kelelahan.

Sementara tiroid yang kurang aktif dapat menyebabkan sembelit atau kelelahan. Kondisi ini kadang disalahartikan sebagai gangguan usus atau sistem saraf.

3. Nyeri Sendi

Hidup dengan nyeri sendi, seperti rheumatoid arthritis atau osteoarthritis bisa membuat depresi atau gangguan kecemasan yang di saat bersamaan dapat memperburuk rasa sakit. Jika terjadi pada usia 40, harus rutin latihan, meditasi, atau mendengarkan musik. 

Menurut penelitian, satu jam mendengarkan musik klasik sehari terbukti mengurangi rasa sakit akibat nyeri sendi dan depresi.

4. Diabetes Tipe 2

Tingkat gula darah yang tinggi dan tidak teratur bisa membuat depresi. Jika sudah depresi, dapat menghalangi untuk menyembuhkan diabetes.

Sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter jika mengalami depresi selama lebih dari dua minggu. Bisa menjalani terapi dan pengobatan agar dapat cepat menanganinya.

5. Tekanan Darah Tinggi

Saat menderita darah tinggi mengharuskan uuntuk selalu mengonsumsi obat setiap hari. Padahal, beberapa obat tekanan darah dapat berhubungan dengan depresi atau perubahan suasana hati lainnya.

Jika hal ini terjadi saat berusia 40 tahun, pastikan bertanya dengan dokter apakah obat yang diminum menyebabkan perubahan suasana hati.[]

Berita terkait
Mau Tahu Waktu Tepat untuk Bercinta?
Ternyata berasarkan riset ada waktu yang tepat untuk bercinta. Bisa dijadikan acuan bagi pasangan suami istri. Berikut Tagar rangkumkan.
Enam Kebiasaan Bikin Rusak Keindahan Payudara
Siapa yang tak menyukai payudara yang indah? Wanita dan para pria pastii menyukainya. Ternyata, ada beberapa kebiasaan yang dapat merusaknya.
Tujuh Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh
Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut sejumlah khasiat bersepeda.
0
Biden Serukan Amerika Bersatu untuk Vaksinasi Covid-19
Presiden Biden prihatin dengan negaranya yang terpecah menjadi dua kelompok: yang divaksinasi dan yang tidak divaksinasi