5 Khasiat Bangun Pagi, Nomor 4 Impian Semua Orang

Bangun pagi hari memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan mental. Bangung pagi berhubungan dengan kesuksesan.
Ilustrasi - (Foto: Tagar/Pexels/Andrea Piacquadio)

Jakarta - Bangun pagi hari ternyata memiliki segudang manfaat, bukan hanya untuk fisik saja melainkan bisa memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan mental.

Nah, apa saja sebenarnya manfaat bangun di pagi hari, dan kenapa kita harus membiasakan diri bangun pagi. Berikut beberapa faedah bangun pagi untuk diri sendiri.


1. Punya waktu olahraga

Bagi Anda yang ingin memiliki fisik yang lebih baik, sebaiknya biasakan bangun pagi. Karena dengan bangun pagi maka Anda memiliki waktu lebih untuk berolahraga.

Silakan lakukan olahraga ringan untuk meregangkan otot-otot dan syaraf. Jika kegiatan ini rutin Anda lakukan, maka fisik akan selalu fit dan imunitas selalu terjaga sehingga badan tidak mudah sakit.

2. Tambah Bahagia

Jika Anda rutin bangun pagi, maka kegiatan-kegiatan harian bisa dilakukan dengan waktu yang cukup. Berangkat kerja atau sekolah tidak terburu-buru sehingga pikiran merasa lebih tenang dibanding yang mau berangkat kerja atau sekolah harus terburu-buru karena merasa kesiangan.

Jika mental Anda terjaga, maka mood juga akan ikut terjaga. Pikiran bisa lebih rileks dan tidak buru-buru merasa terbebani.

3. Sarapan

Makan pagi atau yang biasa disebut sarapan adalah aktivitas yang penting dilakukan bagi manusia. Karena dengan makan pagi, bahan bakar tubuh akan terjaga dengan baik, badan tidak mudah letih karena asupan gizi tercukup dengan baik di pagi hari sebelum beraktifitas.

Dan dengan bangun pagi, Anda tidak perlu sarapan terburu-buru, sehingga sistem pencernaan akan melakukan pekerjaanya lebih santai dan optimal.

4. Berpeluang Sukses

Manfaat bangun pagi berikutnya berhubungan dengan kesuksesan. Studi menunjukkan, kemungkinan ada kaitan antara bangun pagi dengan kesuksesan.

Diperkirakan, hal ini terjadi karena orang-orang yang bangun pagi hari lebih cocok dengan jadwal korporasi tradisional yang umumnya dimulai sejak pagi hari.

Studi yang sama juga menunjukkan, orang yang bangun pagi memiliki kepribadian yang lebih proaktif. Jadi, hal ini dapat memudahkan tercapainya peringkat yang lebih baik di sekolah atau gaji yang lebih besar di pekerjaan.

Bangun pagi juga dapat mengatasi masalah manajemen waktu yang buruk. Dengan memiliki waktu lebih banyak, tentu lebih mudah menyelesaikan berbagai tanggung jawab pekerjaan.

5. Tubuh Lebih Aktif

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh National Library of Medicine, Amerika Serikat, menemukan kaitan antara bangun pagi dengan aktivitas fisik yang lebih banyak pada anak-anak.

Studi ini mempelajari 204 orang anak dan diikuti selama enam hari berturut-turut. Salah satu hasil yang didapatkan yaitu jam bangun di pagi hari menunjukkan korelasi positif dengan tingkat aktivitas fisik.

Pada dasarnya, tubuh anak yang tidak bergerak aktif memang berkaitan dengan serangkaian dampak buruk, contohnya obesitas dan tumbuh kembang yang terganggu.

Oleh sebab itu, mengupayakan bangun lebih pagi merupakan bagian penting dalam mewujudkan tingkat kesehatan yang lebih baik pada diri Anda sendiri maupun anak-anak tercinta.

Demikian lima hal manfaat bangun pagi untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Apakah Anda masih malas bangun pagi jika mengetahui manfaat besarnya ini. Yuk bangun pagi agar bisa lebih produktif. Semoga bermanfaat. []

Baca Juga: Enam Tips Agar Mudah Bangun Lebih Pagi

Berita terkait
Mudah dan Alami, Kebiasaan Bangun Pagi Bikin Kulit Glowing
Kebiasaan yang kerap dilakukan milenial sekaligus generasi Z ternyata tidak baik bagi kulit wajah. Simak tips bikin kulit glowing ini.
Tips Agar Pekerja Mudah Bangun Pagi di Era New Normal
Saat era new normal dan PSBB transisi, para pekerja kantoran tentu akan kesulitan bangun pagi hari untuk melanjutkan rutinitas di kantor.
Berjemur Pagi Hari Membangun Imunitas Tubuh
Dalam menghadapi pandemik coronavirus (Covid-19) stamina tubuh harus tetap terjaga. Diperlukan asupan vitamin yang baik dan makanan sehat bergizi.
0
5 Khasiat Bangun Pagi, Nomor 4 Impian Semua Orang
Bangun pagi hari memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan mental. Bangung pagi berhubungan dengan kesuksesan.