5 Khasiat Air Zamzam untuk Kesehatan Tubuh

Air zam-zam muncul dalam kisah Siti Hajar yang berusaha mencari makanan atau minuman untuk sang anak. Inilah 5 khasiat ait zam-zam untuk kesehatan.
Ilustrasi - Air Zamzam. (Foto: Tagar/Istimewa)

TAGAR,id, Jakarta - Air zamzam muncul dalam kisah Siti Hajar yang berusaha mencari makanan atau minuman untuk sang anak, Ismail AS. Ia pun berlari tujuh kali bolak-balik dari bukit Safa ke bukit Marwah.

Tidak menemukan apapun untuk dapat diminum oleh anaknya, tiba-tiba saja Nabi Ismail AS menghentak kaki lalu muncullah mata air. Mata air itu bahkan masih memancar hingga saat ini dan disebut sebagai air zamzam yang artinya Banyak.

Bagi umat Islam, keutamaan air zam zam telah disebutkan dalam beberapa hadits. Antara lain, hadits Nabi Muhammad SAW yang mengatakan bahwa air zam zam merupakan sebaik-baik air yang ada di dunia.

Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baiknya air di muka bumi ini ialah air zam-zam." (HR Ahmad).

Kemudian Rasulullah juga mengatakan bahwa air zam zam dapat mengobati segala macam penyakit. Rasulullah SAW bersabda, "Air zam zam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan. Jika engkau meminumnya dengan niat meminta kesembuhan maka Allah akan menyembuhkanmu, dan jika engkau meminumnya dengan niat agar dahagamu hilang maka Allah akan menghilangkan dahagamu. Ia adalah galian jibril dan siraman Allah kepada Ismail" (H.R Ibnu Abbas dan Al Hakim).

Selain dapat menghilangkan rasa haus dan juga menjadi salah satu sunnah yang diajarkan, air zam zam juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.


1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat air zam - zam adalah membantu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Sirkulasi darah dapat terganggu karena adanya timbunan lemak pada pembuluh darah akibat dari kebiasaan yang tidak sehat.

Salah satunya adalah kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Penyumbatan pembuluh darah bisa berakibat fatal bagi tubuh karena dapat menyebabkan kematian.


2. Menghidupkan Kembali Sel Kulit Mati

Pada bidang kecantikan, manfaat air zam zam dapat membantu melakukan regenerasi sel kulit mati dan kemudian diganti dengan sel kulit baru. Pergantian sel kulit mati bertujuan untuk mencerahkan kulit wajah.

Regenerasi dengan menggunakan air zam zam dapat dilakukan dengan cara membersihkan wajah dengan air zam zam. Jika memungkinkan anda bisa melakukan wudhu menggunakan air zam zam. Dengan berwudhu, semua lapisan sel kulit mati pada bagian tubuh yang terkena zam zam air dapat dihilangkan.

 

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Karena kalsium yang terdapat pada air zam zam sangat berlimpah, air tersebut secara positif dapat mempengaruhi tubuh manusia, terutama tulang dan gigi. Tulang dan gigi adalah salah satu anggota tubuh yang membutuhkan kalsium untuk dapat mempertahankan daya tahan dan kesehatannya.

Air zam zam mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tulang dan gigi untuk mencegah tulang prematur. Tulang dapat menyerap vitamin dan mengambil manfaatnya untuk pertumbuhan yang lebih baik.


4. Manfaat Air Zam Zam

Khasiat air zam zam lainnya adalah bisa mengobati berbagai jenis penyakit. Sebagaimana dalam hadis riwayat Ibu ‘Abbas yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda:

Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah Zam-Zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.”

Inilah yang menyebabkan air zamzam selalu dijadikan oleh-oleh bagi mereka sehabis melaksanakan ibadah haji atau umrah.


5. Menurunkan kolesterol

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, terlihat hasil bahwa hewan yang diberikan air zam zam mengalami penurunan kadar kolesterol yang cukup drastis jika dibandingkan dengan kelompok hewan yang mengonsumsi air biasa.

Hal ini diperkirakan karena air zam zam mengandung berbagai mineral seperti sodium, kalsium, magnesium, kalium, klorida, dan fluoride dalam jumlah yang tinggi.

Magnesium sendiri, sudah terbukti dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.

( Iskandar Isnan )

Berita terkait
16 Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan
Pohon melinjo merupakan salah satu jenis pohon yang bisa dimanfaatkan dari bagian biji, daun serta kulitnya untuk dikonsumsi.
Manfaat Tanaman Bunga Sepatu untuk Kesehatan dan Obat Herbal
Berikut ini beberapa cara mengobati penyakit menggunakan kembang sepatu, di antaranya.
Manfaat Tanaman Krokot untuk Kesehatan
Krokot yɑkni tɑnɑmɑn liɑr yɑng mudɑh tumbuh dimɑnɑ sɑjɑ bɑik dilɑdɑng, pinggir jɑlɑn, sɑwɑh, kebun, bɑhkɑn dihalaman tempat tinggal.
0
5 Makanan Khas Purbalingga yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh
Membeli oleh-oleh sebagai kenang-kenangan atau hadiah dari suatu tempat yang dikunjungi hal yang umum dilakukan. Intip oleh-oleh kota Purbalingga.