5 Keutamaan Ayat Kursi bagi Kehidupan Sehari-hari

Ayat Kursi merupakan salah satu ayat yang memiliki derajat paling tinggi di antara surat-surat lain.
Ilustrasi berdoa (Foto:Tagar/Pexels)

Jakarta - Ayat Kursi merupakan salah satu ayat yang memiliki derajat paling tinggi di antara surat-surat lain. Sejumlah hadits menyebutkan keutamaan Ayat Kursi bagi umat Islam. 

Ayat Kursi bisa dibaca kapan saja, tetapi ada 3 waktu utama yang dianjurkan, yakni setelah sholat 5 waktu, setiap pagi dan petang dan sebelum tidur.

Ayat Kursi merupakan ayat ke-255 dari surah Al-Baqarah. Dalam hadits diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab, Ayat Kursi merupakan ayat paling utama di dalam Al-Quran. Pada bacaan ayat ini berisi tentang ke-Esa-an Allah serta kekuasaan Allah SWT yang mutlak.

Berikut adalah bacaan ayak kursi dalam tulisan Arab, latin, dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

(Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim)

Artinya:

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? 

Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.


Berikut keutamaan Ayat Kursi

1. Membuka Pintu Hikmah dan Rezeki

Dalam kitab “Asraaul Mufidah”, barang siapa yang membaca Ayat Kursi sebanyak 18 kali setiap harinya, Allah akan membukakan dadanya untuk pintu hikmah, dimudahkan rezekinya, dinaikkan derajatnya oleh Allah di dunia dan akhirat.

Dan orang yang membaca ayat ini sebanyak 18 kali juga akan diberikan pengaruh sehingga semua orang akan menghormatinya dan dirinya juga akan dijaga dengan izin Allah dari segala bencana yang akan menimpanya hari itu.


2. Terhindar dari Setan Hingga Pagi

Riwayat hadits lain menyebutkan, Rasulullah SAW menjelaskan keutamaan Ayat Kursi sebelum tidur. Keutamaan ini diberikan Allah SWT sebagai penjaga hingga pagi hari, dari hadits riwayat dari Abu Hurairah.

“….bila engkau akan beranjak ke tempat tidurmu maka baca Ayat Kursi hingga selesai, yaitu bacaab ‘Allahu laa Ilaha illa huwal hayyul qoyyum’, karena sesungguhnya ia (dapat menjadikanmu) senantiasa mendapatkan penjagaan dari allah dan setan pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari.” (HR.Bukhari)


3. Mendapatkan Pahala Mati Syahid

Siapa yang rutin membaca Ayat Kursi setelah sholat fardhu, ia akan mendapat pahala mati syahid.

من قرأ آية الكرسى دبر كل صلاة كان الذى يلى قبض روحه ذو الجلال والإكرام وكان كمن قاتل عن أنبياء الله ورسله حتى يستشهد

Barangsiapa membaca Ayat Kursi setiap selesai sholat, maka yang akan mencabut nyawanya adalah Allah sendiri dan ia bagaikan orang yang berperang bersama para nabi hingga mendapatkan mati syahid. (HR. Hakim)


4. Dilancarkan Jodoh

Ketika seorang sahabat Rasullah SAW mengatakan belum menikah karena alasan tidak memiliki biaya, Rasulullah menyuruhnya membaca surat Al Ikhlas, surat Al Kafirun, surat Al Zalzalah, surat An Nashr, dan Ayat Kursi.

Maka dari itu, siapa yang banyak membaca ayat ini, insya Allah dimudahkan mendapatkan jodoh yang baik dan sholeh.


5. Dimudahkan Segala Urusannya

Jika kamu memiliki hajat baik, entah itu merencanakan sesuatu atau pernikahan atau lainnya, sebaiknya kamu membaca Ayat Kursi agar dipermudah urusannya.

Syeikh Al-Bunni menerangkan bahwa barang siapa yang membaca ayat kursi sebanyak huruf pada ayat tersebut yaitu 170 huruf, Allah akan memberikan berbagai nikmat seperti:

· Memberikan pertolongan padanya.

· Mempermudah segala hajat yang ia punya.

· Melapangkan pikirannya sehingga lebih mudah berfikir.

· Diluaskan rezekinya.

· Dihilangkan duka darinya.

· Diberikan apa yang ia minta.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
Keutamaan Salat Tasbih dan Pahalanya
Satu di antara ajaran Islam selain menunaikan ibadah salat wajib juga mengerjakan salat sunah, yaitu salat tasbih.
Keutamaan Puasa Syawal Bagaikan Puasa Setahun
Puasa Syawal adalah puasa yang dilakukan setelah puasa Ramadan. Mereka yang berpuasa Syawal akan mendapatkan puasa setahun.
Doa Memohon Agar Diberikan Kesehatan
Selain dapat memperkuat iman, doa juga dapat melapangkan dada dan membuat kita lebih tenang.
0
5 Keutamaan Ayat Kursi bagi Kehidupan Sehari-hari
Ayat Kursi merupakan salah satu ayat yang memiliki derajat paling tinggi di antara surat-surat lain.