5 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Hidup Lebih Tenang

Ada beberap kebiasaan yang dapat kamu lakukan sehari-hari agar membuat hidupmu lebih tenang dan berarti.
Ilustrasi meditasi (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Rutinitas yang padat membuat kebanyakan orang tidak memperhatikan pola hidup sehat. Kepadatan ini sering kali membuat beban pikiran menumpuk yang berakibat stress dan hidup menjadi tidak tenang.

Ada beberap kebiasaan yang dapat kamu lakukan sehari-hari agar membuat hidupmu lebih tenang dan berarti. Kamu dapat mempraktikkan kebiasaan ini bahkan di rumah sekalipun. Yuk disimak penjelasan berikut ini.


1. Jalan Kaki

Dilansir dari mindbodygreen.com, orang-orang yang berjalan kaki setiap hari, baik jalan kaki berbelanja ataupun ke tempat kerja terbukti lebih tenang. Dengan berjalan kaki, membuat anggota tubuh bergerak yang dapat membantu untuk menjernihkan pikiran.


2. Bersyukur

Hal ini seringkali terlewatkan di setiap orang. Padahal bersyukur atas nikmat yang didapat sehari-hari dapat membuat jiwa menjadi tenang. Merasa cukup atau bersyukur juga dapat membuka pikiranmu terhadap orang lain. Kamu harus merasa bersyukur karena tidak semua orang dapat hidup sepertimu dan setiap manusia sudah ada jalannya masing-masing.


3. Mengikuti Rutinitas yang Sama

Dengan adanya rutinitas sehari-hari kamu dapat lebih mudah mengontrol waktumu. Buatlah jadwal kecil untuk membantumu mengingat segala kegiatan apa yang harus dilakukan pada hari tersebut. Semisal kamu selalu berolahraga 30 menit di waktu pagi. Hal tersebut dapat membantumu menghilangkan stres atau tertekan dalam memulai hari.


4. Meditasi

Bermeditasi untuk melepaskan pikiran sejenak ternyata sangat ampuh dalam membuat tubuh lebih tenang. Luangkan sedikit waktumu untuk menarik napas dalam dan mengatur ritmenya. Pernapasan dalam dapat merangsang sistem saraf parasimpatis yang menimbulkan perasaan tenang.


5. Hindari Sering Memerika Gawai

Tidak bisa dipungkiri kehidupan di era digital ini sangat bergantung pada barang elektronik seperti gawai. Namun selalu memeriksa gawai membuat pikiranmu terus menumpuk. 

Sebaiknya berhenti sejenak dalam memegang gawai, kamu harus memberikan waktu bagi dirimu untuk terhindar dari gawai sesekali. Mengeceknya langsung sesaat setelah bangun tidur hanya akan mendistraksi pagimu.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
15 Fakta Mencengangkan Tentang Rokok
Namun keseringan merokok juga dapat memberikan efek samping pada kesehatan manusia. Berikut adalah fakta-fakta menarik seputar rokok.
Fakta-fakta Unik Tentang Astronaut
Astronaut adalah orang yang bekerja di angkasa luar. Sebelum ke angkasa luar, astronaut harus menjalani latihan penerbangan angkasa luar.
4 Fakta Penting Tentang Atresia Ani
Atresia ani atau anus imperforata adalah kelainan kongenital yang menyebabkan anus tidak terbentuk dengan sempurna.
0
5 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Hidup Lebih Tenang
Ada beberap kebiasaan yang dapat kamu lakukan sehari-hari agar membuat hidupmu lebih tenang dan berarti.