5 Kebiasaan Ini Bisa Melemahkan Imunitas

Pelemahan sistem imun dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah stres, kurang tidur, dan asupan makan.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Daya tahan tubuh atau imunitas berfungsi untuk melindungi diri dari paparan Covid-19 di masa pandemi.  Tapi, masih banyak orang yang memelihara kebiasaan yang dapat melemahkan imunitas. Secara umum, pelemahan sistem imun dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah stres, kurang tidur, dan asupan makan.

Menurut ahli gizi Mary Albus dan Matt Mazzino, ada lima kebiasaan terburuk yang dapat melemahkan imunitas tubuh. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman EatThis.


1. Konsumsi alkohol

Albus mengungkapkan bahwa konsumsi alkohol berlebih dapat memberikan efek buruk terhadap imunitas. Alasannya, alkohol bisa menekan respons imun tubuh terhadap infeksi.

Hal ini bisa terjadi karena konsumsi alkohol akan membuat tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mengenali dan merespons infeksi yang sedang terjadi. Di samping itu, alkohol juga bisa melemahkan imunitas dengan cara mengganggu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, alkoholmenghambat penyerapan nutrisi penting seperti vitamin C dan Zinc yang penting bagi fungsi sistem imun.

"(Bila jatuh sakit) konsumsi alkohol terlalu banyak bisa membuat gejala bertahan lebih lama dan memperburuk keparahan penyakit," kata Albus.


2. Konsumsi gula berlebihan

Seiring berjalannya waktu, konsumsi gula berlebih dalam pola makan bisa memperlemah imun. Beberapa studi telah menemukan adanya kaitan antara makanan tinggi gula dengan gangguan fungsi imun.

Kondisi ini dapat terjadi karena sel darah putih mengalami efek yang buruk akibat konsumsi gula berlebih. Sel darah putih merupakan sel yang berperan dalam melawan infeksi.  Konsumsi gula berlebih dapat mencegah sel darah putih melawan infeksi dengan efektif.


3. Konsumsi terlalu banyak garam

Batas konsumsi sodium harian untuk orang dewasa adalah sekitar 2.300 mg per hari. Tapi, cukup banyak orang yang mengonsumsi sodium lebih dari itu karena menerapkan pola makan yang tinggi garam atau sodium.

Salah satu contoh makanan yang tinggi akan kandungan sodium adalah makanan ccepat saji. Makanan seperti ini dapat memicu terjadinya inflamasi di dalam tubuh dan meningkatkan risiko penyakit kronis.

Garam diyakini dapat menghambat beberapa respons alami tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan. Menurut Albus, garam mampu menekan respons antiinflamasi dan bahkan mengubah mikrobiota usus. Mikrobiota usus diketahui memiliki peran besar dalam menentukan fungsi imun tubuh.


4. Tidak mengonsumsi cukup sayur dan buah

Asupan sayur dan buah yang cukup dapat menunjang sistem imun tubuh. Sayur dan buah memiliki kandungan vitamin, mineral, serta antioksidannya yang tinggi. Karena itulah, asupan sayur dan buah menjadi penting dalam mendorong sistem imun dan melawan infeksi.

Selain itu, sayur dan buah mengandung serat larut, yang juga membantu imunitas. Serat larut merupakan makanan bagi bakteri yang tinggal di dalam usus. Komunitas mikrobioma usus yang sehat akan berkomunikasi dan mendukung sistem imun sehingga sistem imun dapat secara efektif melawan infeksi.


5. Kurang vitamin D

Menurut Mazzino, vitamin D adalah salah satu nutrisi terpenting untuk menunjang sistem imun yang sehat. Vitamin D memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meningkatkan fungsi sel imun. Orang-orang yang kurang mendapatkan paparan sinar matahari dapat mempertimbangkan konsumsi suplemen vitamin D untuk meningkatkan imunitas. Akan tetapi, upayakan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu sebelum memutuskan mengonsumsi suplemen vitamin D. []


Baca Juga :

Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda

7 Manfaat Ikan Air Tawar Bagi Kesehatan

Enam Manfaat Bawang Bombai untuk Kesehatan

Tangkis Osteoporosis dan 4 Manfaat Lobster Bagi Kesehatan






Berita terkait
Manfaat Luar Biasa Buah Persik untuk Kesehatan
Buah persik sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan menghindari berbagai risiko penyakit.
10 Bunga yang Bisa Jadi Makanan Sehat
unga yang dapat dimakan ini mengandung banyak karotenoid, flavonoid, asam fenolik, antosianin dan flavonol yang kaya antioksidan.
10 Manfaat Luar Biasa Daun Pepaya untuk Kesehatan
Daun pepaya banyak digunakan dalam bentuk jus atau teh untuk mengobati berbagai penyakit.
0
5 Kebiasaan Ini Bisa Melemahkan Imunitas
Pelemahan sistem imun dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah stres, kurang tidur, dan asupan makan.