5 Jenis Saham Preferen yang Harus Kamu Ketahui

Saham jenis ini adalah jenis saham yang memberikan prioritas lebih kepada pemiliknya atas aset dan laba perusahaan.
Jenis saham preferen (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Berbicara seputar saham memang tiada habisnya. Beragam jenis saham seperti blue chip, saham lapis dua, dan lapis tiga juga membuat banyak orang kebingungan dalam mengartikannya. Namun tahukah kamu bahwa ada jenis saham yang istimewa, yakni saham preferen.

Saham preferen dapat diartikan sebagai saham gabungan gabungan antara obligasi dan saham biasa yang bisa menghasilkan pendapatan tetap bagi pemegangnya. Saham jenis ini adalah jenis saham yang memberikan prioritas lebih kepada pemiliknya atas aset dan laba perusahaan.

Namun pembahasan seputar saham preferen tidak berhenti sampai disitu saja. Rupanya saham ini juga mempunyai banyak jenis yang setidaknya harus kamu pahami, terlebih ketika kamu ingin berinvestasi pada saham tersebut.

Berikut ini adalah lima jenis saham preferen yang harus kamu ketahui.


1. Participating Preferred Stock

Saham preferen partisipasi merupakan jenis saham preferen yang memberikan keuntungan lebih dahulu. Pemegangnya akan mendapatkan dividen tambahan berdasarkan kondisi yang sudah ditentukan.

Misalnya ketika jumlah dividen yang diterima pemegang saham biasa melebihi jumlah per saham yang ditetapkan. Bisa dikatakan pemilik saham preferen adalah investor yang paling aman asetnya.


2. Adjustable Rate Preferred Stock/ARPS

Saham preferen disesuaikan atau ARPS merupakan jenis saham prefren yang dividennya bervariasi. Besaran dividen ini ditentukan berdasarkan kurs dan suku bunga acuan. Sehingga jumlah pembayarannya tidak tetap dan bisa naik maupun turun.


3. Convertible Preferred Stock

Saham preferen konvertibel atau saham preferen yang dapat dikonversi/ditukar adalah jenis saham yang dapat diubah menjadi saham biasa. Hal ini bisa dilakukan investor bila ia menghendakinya. Namun saham yang sudah diubah menjadi saham biasa tidak bisa diubah kembali menjadi saham preferen.


4. Callable Preferred Stock

Saham preferen yang dapat ditebus merupakan jenis saham preferen yang dapat ditebus oleh penerbit atau perusahaan pada nilai yang ditetapkan sebelum tanggal jatuh tempo. Biasanya dilakukan perusahaan untuk mendapatkan pembiayaan karena menggabungkan ekuitas dan utang.


5. Cumulative Preferred Stock

Saham preferen kumulatif adalah jenis saham preferen yang mengharuskan perusahaan membayar semua dividen, termasuk tunggakan dividen sebelumnya kepada pemegang saham ini. Harus didahulukan sebelum pemegang saham biasa. Kamu juga bisa meminta pembayaran dividen dalam tiga bulan sekali.

Itulah tadi lima jenis saham preferen yang harus ketahui. Pastikan untuk mempelajari saham preferen lebih detail jika kamu tertarik untuk berinvestasi pada hal ini. Jenisnya yang banyak juga harus menjadi pertimbanganmu dalam memilihnya.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Telkom Ambil Alih Saham PT Sigma Tata Sadaya untuk Perkuat Data Center
Telkom terus memperkuat bisnis DC melalui anak usahanya, PT STS.
BlackBerry Gulung Tikar, Saham Ikut Ambles 22 Persen
Saham BlackBerry memang mengalami tren penurunan. Jika ditarik selama enam bulan terakhir saham BlackBerry turun 22,7%. Sementara
Bukalapak Siap Borong Saham Allo Bank (BBHI) Senial Rp 1,9 Triliun
PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) akan memborong sebanyak 2,49 miliar saham Allo Bank Indonesia (BBHI)
0
5 Jenis Saham Preferen yang Harus Kamu Ketahui
Saham jenis ini adalah jenis saham yang memberikan prioritas lebih kepada pemiliknya atas aset dan laba perusahaan.