5 Jenis Olahraga yang Dapat Meninggikan Badan

Olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk meninggikan badan, berikut adalah lima olahraga yang dapat meninggikan badan.
Ilustrasi wanita Berolahraga (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Mempunyai tinggi badan yang ideal adalah impian pria dan wanita di seluruh penjuru dunia. Namun, kenyataanya setiap orang memiliki pertumbuhan yang berbeda-beda, ada yang cepat dan juga lambat.

Nah, olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk meninggikan badan, berikut adalah lima olahraga yang dapat meninggikan badan.


1. Lompat ringan

Melompat – lompat secara ringan diklaim efektif unuk meninggikan badan, gaya gravitasi dapat merangsang pertumbuhan kaki.

2. Basket

Permainan bola basket membuat Anda berlari dan melompat. Ketika tubuh Anda berlari dan melompat secara konstan, lempeng pertumbuhan Anda akan mengalami serangkaian guncangan. Hal ini dapat menyebabkan banyaknya aliran darah ke dalam lempeng tersebut yang membantu merangsang pertumbuhan hingga mencapai tinggi maksimal.

Saat bermain basket, seorang atlet harus melompat sepanjang waktu untuk slam dunk, melempar bola, serta mengambil bola dari lawan. Loncatan konstan ini membuat tubuh Anda “terbang” secara vertikal di udara dengan melawan gravitasi dan mengakibatkan peregangan otot, dan ketika menyentuh tanah, tubuh akan mengalami kontraksi. 

Hal inilah yang menyebabkan otot dan tulang tumbuh lebih tinggi.

3. Berenang

Berenang adalah olahraga lain yang banyak membantu dalam mendapatkan tubuh yang tinggi. Perenang di seluruh dunia memiliki tubuh yang ramping dan tinggi (dengan tubuh bagian atas yang lebih panjang dibandingkan dengan bagian bawah tubuh). 

Hal itu disebabkan karena berenang dapat membantu Anda untuk memperkuat tulang belakang tubuh Anda dan membantu Anda untuk mencapai postur tubuh yang baik. Oleh karena itu, berenang merupakan salah satu cara yang dapat membuat tubuh kita lebih tinggi.

Ketika Anda berenang, seluruh otot tubuh Anda akan bergerak. Selain itu, Anda akan mengambang secara horizontal di air. Bergerak di dalam air membutuhkan usaha yang lebih besar dibandingkan bergerak di udara, dan dengan bergerak secara horizontal Anda telah melawan gravitasi.

 Ini berarti dada dan tubuh bagian atas Anda secara konstan melakukan peregangan dan kontraksi yang dapat meningkatkan pertumbuhan tubuh bagian atas.

4. Pull Up

Olahraga peninggi badan yang satu ini memang terasa berat ketika dilakukan pertama kali. Namun, seiring berjalannya waktu, kamu akan lebih terbiasa dengan beban olahraga yang satu ini. Untuk melakukannya, kamu cukup mengangkat atau menahan badan sendiri dengan kedua tangan pada pull up bar yang bisa dipasang di atas pintu kamar.

Dengan melakukan gerakan meninggikan badan ini secara rutin setiap pagi, dijamin badan kamu akan lebih tinggi.

5. Spot Jump

Mudah dan dapat dilakukan di manapun dan kapanpun, olahraga ini cukup mudah dilakukan oleh siapa saja. 

Mula-mula, posisikan diri dalam keadaan jongkok, lompatlah setinggi mungkin, dan kembalilah ke posisi awal. Lakukan gerakan ini sesuai dengan kesanggupanmu dan nantinya tulang kakimu akan menjadi lebih panjang.

Itulah beberapa olahraga peninggi badan yang bisa dilakukan di rumah. Semoga tulisan ini bermanfaat.[]

(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
4 Jenis Olahraga yang Baik Anda Lakukan Malam Hari
Biasanya Anda melakukan olahraga pada waktu siang hari dan hanya sedikit yang melakukan olahraga pada waktu malam hari. Berikut jenis olahraganya.
Prestasi Olahraga Payah, Kadisparpora Subang Harus Dicopot
Koordinator Provinsi Jawa Barat Lingkar Wajah Kemanusiaan (LAWAN Institute) Bangkit Akbar Gemilang kecewa dengan rendahnya kualitas olahraga.
Perut Buncit? Berikut Olahraga untuk Mengecilkan Perut
Timbunan lemak di perut akan mengakibatkan munculnya beragam penyakit, sehingga harus dilakukan olahraga untuk membakar lemak perut.
0
5 Jenis Olahraga yang Dapat Meninggikan Badan
Olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk meninggikan badan, berikut adalah lima olahraga yang dapat meninggikan badan.