5 Investasi yang Cocok Untuk Anak Muda

Pekembangan teknologi membuat investasi semakin mudah dan dapat dilakukan kapan saja.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta – Investasi merupakan suatu cara yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Karena perkembangan teknologi, kini investasi semakin mudah dan dapat dilakukan kapan saja. Oleh karena itu, sangat baik jika pada usia muda seseorang memulai investasi. Terdapat beberapa jenis investasi yang cocok dengan anak muda.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 investasi yang cocok untuk usia muda.


1. Emas

Emas merupakan investasi paling mudah dan aman untuk anak muda. Hal itu karena investasi ini dilakukan dengan menyimpan logam emas atau perhiasan emas. Investasi emas dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan yang dimiliki dan dapat dijual kembali ketika ada keperluan mendadak.

Untuk mendapatkan hasil investasi yang maksimal, sebaiknya investasi emas dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Investasi ini juga memiliki risiko yang relatif tidak tinggi serta jangka waktu yang sangat fleksibel sesuai dengan keinginan Anda sendiri.


2. Reksadana

Investasi reksadana juga merupakan investasi yang cocok untuk anak muda karena memungkinkan untuk dapat melakukan investasi dengan modal kecil. Hal ini tentunya sangat cocok untuk anak muda yang belum memiliki kemampuan finansial yang matang. Investasi reksadana juga memiliki jangka waktu yang tidak terlalu lama dengan risiko yang relatif kecil, sehingga menjadi salah satu alternatif investasi bagi anak muda.


3. Deposito

Deposito yang ditawarkan berbagai perbankan saat ini dapat menjadi salah satu alternatif terbaik untuk anak muda. Deposito yang ditawarkan biasanya mulai dari satu juta rupiah. Tentunya jumlah tersebut masih terjangkau untuk kalangan muda yang masih merintis kehidupannya.

Dari segi keuntungan atau profit, investasi deposito layak untuk dipertimbangkan. Karena keuntungan yang bisa diperoleh berada pada 7-8 persen dari jumlah investasi total. Jumlah tersebut masih lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah bunga bank apabila Anda menabung.

Jangka waktu deposito juga memiliki berbagai pilihan, mulai dari satu bulan, tiga bulan ataupun satu tahun yang dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.


4. Asuransi

Asuransi memiliki banyak jenis seperti asuransi kesehatan, pendidikan, jaminan hari tua, dan lain sebagainya. Meskipun asuransi memiliki peran penting, tetapi keberadaannya masih sering diabaikan dan dianggap sepele oleh banyak orang. Asuransi sebenarnya layak dipertimbangkan terutama dalam masalah proteksi kesehatan.

Sebagai contoh, mungkin Anda sekarang dalam kondisi sehat, tetapi bayangkan satu tahun kemudian Anda mengalami suatu penyakit yang biaya perawatannya cukup mahal. Untuk mengantisipasi pengeluaran mendadak dengan jumlah besar seperti itu, memiliki asuransi adalah langkah yang tepat apalagi Anda masih pada usia muda.

Memilih asuransi saat masih muda dapat dikatakan sangat bermanfaat karena selain mendapatkan proteksi, Anda akan memperoleh premi yang terbilang murah jika dibandingkan dengan biaya premi di umur 40 tahun ke atas.


5. Properti

Untuk anak muda yang memiliki kemampuan finansial yang berlebih, maka investasi properti dapat dikatakan cocok dalam hal tersebut. Investasi properti termasuk investasi yang menjanjikan untuk masa depan karena harga properti tidak pernah turun dan akan selalu mengalami kenaikan jika memilih lokasi yang tepat.

Dalam investasi ini Anda dapat memilih beberapa cara yakni dengan membeli apartemen, tanah, rumah, lahan dan berbagai jenis properti lainnya. Kemudian properti tersebut dapat Anda tahan sampai harganya naik atau dapat juga Anda sewakan untuk mendapatkan pasif income setiap bulannya. Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya investasi dilakukan dalam jangka panjang. []

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga:

Berita terkait
Tips Berinvestasi Emas untuk Pemula
Banyak yang sudah mulai menekuni investasi ini karena harga emas selalu naik dari hari ke hari
Mantap! Investasi Reksa Dana Kini Bisa Lewat Aplikasi Gojek
Bagi masyarakat yang ingin berinvestasi reksa dana, sekarang bisa menggunakan aplikasi Gojek dengan menggunakan GoPay lewat fitur GoInvestasi.
Inilah 5 Risiko Investasi Properti yang Perlu DIketahui
Apabila Anda gagal memperoleh keuntungan, atau lokasi tidak mendukung Anda bisa terjebak dengan properti itu selamanya.
0
Kapolri: Sinergitas TNI-Polri Harga Mati Wujudkan Indonesia Emas 2045
Kapolri menekankan penguatan sinergitas TNI-Polri menjadi salah satu kunci utama dalam menyukseskan dan mewujudkan visi Indonesia Emas.