5 Indikator Terinfeksi Covid-19 Tanpa Gejala

Masyarakat hanya mengetahui gejala khas Covid-19 umumnya sepeti demam tinggi, dan batuk kering.
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Tagar/Ilustrasi)

Jakarta - SBanyak pasien yanh terinfeksi Covid-19 tetapi tidak merasakan apapun karena tidak memiliki gejala yang berarti. Kondisi itulah yang cukup memprihatinkan, karena berpeluang untuk menularkan kepada orang lain tanpa sadar.

Dokter ahli Jantung dari London, dr Dominic Pimenta mengatakan bahwa masyarakat hanya mengetahui gejala khas Covid-19 umumnya sepeti demam tinggi, dan batuk kering. Tetapi saat ini banyak pasien, memiliki gejala sangat ringan atau tidak sama sekali.

"Ketika gejala benar-benar terjadi, demam dan batuk muncul pada sekitar 50 persen dan 60 persen pasien," ujar dr Dominic seperti sebagaimana diberitakan Daily Star, dikutip Selasa, 3 Agustus 2021.

Berikut lima gejala yang bisa menjadi indikator bahwa seseorang telah terinfeksi Covid-19.


1. Kelelahan

Jika seseorang merasakan kelelahan selama sekitar satu minggu, dan hampir tidak dapat mengingat apa yang terjadi selama periode waktu itu, maka kemungkinan terinfeksi Covid-19. Lebih dari 60 persen orang menggambarkan kelelahan salah satu gejala Covid-19.


2. Sakit Tenggorokan

Seseorang bisa mengalami serak apabila mengalami kelelahan atau flu biasa. Tetapi gejala ini juga menjadi salah satu tanda seseorang terinfeksi Covid-19. Lebih dari setengah populasi (52,2 persen), sakit tenggorokan adalah salah satu gejala yang mereka rasakan.


3. Kehilangan Indera Penciuman dan Rasa

Banyak orang yang mengeluhkan bahwa mereka telah kehilangan semua indra perasa dan penciuman . Ini adalah salah satu tanda peringatan utama bahwa seseorang terinfeksi Covid-19, dan harus dites serta melakukan isolasi secara ketat.


4. Pusing

Pusing bisa menjadi indikator seseorang terinfeksi Covid-19. Sebanyak 70% orang yang didiagnosis dengan Covid-19 telah melaporkan bahwa mereka mengalami sakit kepala saat mereka sakit.


5. Masalah Pencernaan

Salah satu gejala yang juga berkaitan dengan infeksi Covid-19 adalah diare dan muntah. Sebanyak 4% masyarakat yang terinfeksi Covid-19 melaporkan perihal masalah pencernaan ini tanpa diikuti dengan tanda-tanda lain seperti batuk, sesak napas dan suhu tinggi.

Baca Juga: 605 Tokoh Agama Islam Meninggal Sepanjang Pandemi Covid-19

Berita terkait
Pegawai di New York Vaksinasi Covid-19 Atau Tes Mingguan Covid-19
Pegawai yang bekerja di berbagai fasilitas negara bagian harus divaksinasi Covid-19 atau menjalani tes mingguan
Myanmar Perlu Bantuan Darurat Terkait Dengan Pandemi Covid-19
Bencana kemanusiaan yang memburuk pesat di Myanmar yang dipicu oleh kasus Covid-19 yang “meroket dan tingkat kekerasan yang kian luas”
Jumlah Pasien Covid-19 yang Sembuh Terus Meningkat Drastis
Di mana hari ini, terdapat 32.807 pasien sembuh, sehingga totalnya menjadi 2.842.345 orang.
0
5 Indikator Terinfeksi Covid-19 Tanpa Gejala
Masyarakat hanya mengetahui gejala khas Covid-19 umumnya sepeti demam tinggi, dan batuk kering.