5 Hal yang Harus Diingat Saat Trading

Sukses dalam trading itu terlihat mudah dan menyenangkan tapi dibalik itu semua ada perjuangan dan kekonsistenan dalam menjalaninya.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Di masa perkembangan era digital yang berkembang pesat membuat orang berlomba-lomba untuk mendapatkan penghasilan dengan cara digital. Trading adalah salah satunya, namun pada saat praktiknyat untuk melakukan trading tidak semudah yang dibilang kebanyakan orang.

Memang sukses dalam trading itu terlihat mudah dan menyenangkan tapi dibalik itu semua ada perjuangan dan kekonsistenan dalam menjalaninya. Berikut hal-hal yang harus diingat saat melakukan trading.


1. Trading berdasarkan Aturan, jika ragu maka hindari

Pertama-tama, seorang trader perlu membuat daftar kriteria aset yang akan diperdagangkan, Hal tersebut akan membantu Anda dalam mepertimbangkan keputusan saat sebelum open position. Laporan hasil trading juga dapat membantu Anda mengevaluasi kesalahan untuk menghindari hal tersebut terjadi lagi saat trading berikutnya.


2. Gunakan fitur stop loss

Buat strategi saat Anda rugi, keluar jika perdagangan tersebut membuat Anda merugi, jangan tunggu hingga kerugian menjadi sangat besar, Disarankan bahwa seseorang tidak boleh mengalami kerugian lebih dari 1-2% dari modal dalam satu perdagangan. Jangan lupa untuk melakukan analisis teknikal, agar dapat meminimalisir kerugian dimasa mendatang.


3. Analisis terus menerus kesalahan Anda

Pertama-tama perbaiki kesalahan yang berada di luar sistem trading, seperti eksekusi yang buruk dan manajemen trading yang buruk. Jika Anda sedang mengalami kerugian yang bertubi-tubi, maka sekarang saatnya untuk kembali ke strategi trading Anda dan menganalisis kesalahan untuk memperbaikinya agar menjadi lebih baik pada saat trading berikutnya.


4. Jangan takut saat mengambil open position

Jika pasar dalam tren yang sangat baik, maka Anda harus mengikuti pergerakan trading ke arah yang sama, membeli saat breakout di atas harga tertinggi adalah strategi di mana Anda harus mendapatkan kesempatan untuk menjualnya pada harga yang lebih tinggi. Jangan takut jika analisis dan Anda merasa itu merupakan keputusan yang tepat.


5. Jangan trading berlebihan

Trading bukanlah perjudian, jadi perlakukanlah semua tindakan dengan sikap profesional. Apapun itu, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, jika profit Anda rasa sudah cukup maka Anda layak mendapatkan self-reward. Buat diri Anda bahagia karena itu berpengaruh pada mental Anda saat melakukan trading. []

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga:

Berita terkait
Ini Panduan Simulasi Trading Saham di IDX Virtual Trading
Aplikasi IDX Virtual Trading hanya dapat digunakan selama 30 hari. Modal awal yang dapat dipergunakan oleh investor sebesar Rp5 miliar.
Ini Daftar Aplikasi Simulasi Trading Saham Terbaik
Aplikasi simulasi trading adalah solusinya, anda tidak perlu menggeluarkan uang sepeser pun.
Tips Trading Saham ala Legenda Pasar Modal Vier Abdul Jamal
Hal ini diungkapkan Vier Abdul Jamal dalam tayangan YouTube Dagang Saham berjudul Alur Logis Bandar Saham, Peluang-peluang di Pasar Saham
0
Prakiraan Cuaca Jakarta, Selasa 16 November 2021
BMKG menyampaikan peringatan dini waspada potensi hujan sedang hingga hujan lebat disertai kilat petir dan angin kencang di Jakbar, Jakpus, Jaksel.