5 Hal Pelajaran Finansial Saat Kamu Gajian Pertama

Dengan memiliki anggaran keuangan, maka Anda bisa lebih mudah untuk hidup sesuai dengan kemampuan.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Pekerjaan merupakan suatu kegiatan yang akan banyak sekali mengajarkan tentang bagaimana memanfaat hal sekecil apapun. Tidak hanya itu saja, Anda belajar tentang disiplin entah itu soal waktu maupun sikap, cara bergaul dengan orang lain, dan cara memenuhi tenggat waktu yang paling terakhir cara anda memanjemen keuangan Anda.

Berikut ini dia 5 pelajaran finansial yang akan kamu dapatkan saat pertama kali bekerja dan menerima gaji pertama Anda.


1. Gaji Akan Banyak Potongan untuk Ansuransi

Biasanya gaji yang Anda dapatkan tidak sepenuhnya diterima dan ada beberapa potongan yang membuat penghasilan tersebut harus terasa berkurang. Misalnya saja potongan untuk dana pensiun, asuransi kesehatan, dan lain sebagainya. Jika Anda masih tinggal dengan orang tua, maka kondisi seperti ini tidak akan sepenuhnya disadari.

Namun, saat Anda mandiri dan harus memenuhi semua kebutuhan sendiri, maka barulah sadar bahwa biaya hidup sangat besar.

Anda yang selama ini menghabiskan uang jajan dari orang tua secara berlebihan akan mulai sadar bahwa tindakan tersebut tidak baik dilakukan. Saat hal di atas terjadi, maka Anda mulai sadar untuk mulai membuat anggaran dan melacak setiap pengeluaran yang dihabiskan.

Dengan memiliki anggaran keuangan, maka Anda bisa lebih mudah untuk hidup sesuai dengan kemampuan.


2. Anda Belum Merasakan Manfaat yang Anda Harapkan

Saat bekerja di sebuah perusahaan untuk pertama kalinya, Anda mungkin akan banyak membayangkan bekerja pada perusahaan yang menawarkan banyak manfaat. Misalnya saja memberikan karyawan asuransi kesehatan, manfaat pensiun, bonus pekerjaan, dan manfaat lainnya.

Kenyataannya adalah tidak semua perusahaan memiliki arus kas yang baik dan bisa menawarkan manfaat kepada karyawan mereka.

Oleh karena itu, mungkin saja Anda tidak akan mendapatkan asuransi kesehatan yang baik, tidak tersedianya manfaat pensiun, dan manfaat yang lain. Anda harus lebih aktif dan mencari peluang lain agar bisa mendapatkan manfaat di luar pekerjaan.

Jika perusahaan tidak menawarkan program pensiun atau asuransi kesehatan, maka Anda perlu menyisihkan sebagian penghasilan untuk membayar premi asuransi atau berinvestasi untuk pensiun.


3. Anda Kemungkinan Akan Mendapatkan Gaji yang Tidak Sesuai Harapan

Saat wawancara kerja, Anda mungkin merasa pendidikan dan pengetahuan yang dimiliki bisa memberikan Anda upah yang layak. Hal yang menjadi permasalahan adalah atasan Anda mungkin saja akan menawarkan gaji di bawah nilai standar dan jauh dari harapan.

Saat hal di atas terjadi, maka negosiasi gaji perlu dilakukan. Jika Anda tidak membuka suara untuk melakukan negosiasi, maka jangan pernah berharap bahwa atasan akan membayar jumlah yang diharapkan.


4. Anda Akan Menyadari Bahwa Biaya Hidup Anda Lebih Dari Gaji

Jika Anda masih tinggal dengan orang tua, maka kondisi seperti ini tidak akan sepenuhnya disadari. Namun, saat Anda mandiri dan harus memenuhi semua kebutuhan sendiri, maka barulah sadar bahwa biaya hidup sangat besar.

Anda yang selama ini menghabiskan uang jajan dari orang tua secara berlebihan akan mulai sadar bahwa tindakan tersebut tidak baik dilakukan.

Saat hal di atas terjadi, maka Anda mulai sadar untuk mulai membuat anggaran dan melacak setiap pengeluaran yang dihabiskan.

Dengan memiliki anggaran keuangan, maka Anda bisa lebih mudah untuk hidup sesuai dengan kemampuan.


5. Makan Siang di Luar Kantor Akan Sangat Menguras Uang

Saat akan berangkat ke kantor, mungkin Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk mempersiapkan makan siang dari rumah. Anda berpikir bahwa makan siang di luar jauh lebih mudah dan tidak perlu repot.

Hal yang tidak disadari adalah biaya makan siang di luar bisa menjadi komponen utama yang bisa merusak anggaran keuangan Anda.

Biaya makan siang di kota besar bisa mencapai Rp 20.000 – Rp 50.000 tergantung dimana Anda membeli dan dimana anda bekerja. Bandingkan dengan membawa makan siang sendiri dari rumah, maka Anda bisa menghemat banyak uang setiap bulannya.

Dari kelima topik ini kita belajar bahwa dari sesuatu yang kita pikirkan belum tentu itu semua akan benar terjadi, apalagi saat kita pertama kalinya bekerja dan mendapatkan gaji. Terkadang, kita memang harus bisa belajar bagaimana cara memanajemen keuangan kita agar nantinya kita dapat bisa menabung dan memikirkan masa depan hidup kita kedepannya.[]


(Farhan Ramdhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Berapa Gaji yang Diminta Mohamed Salah di Liverpool?
Kontrak Mohamed Salan dengan Liverpool berakhir pada 2023, tapi sampai saat ini belum ada kesepakatan perpanjangan kontrak
Berikut Ketentuan Gaji yang Tidak Dikenakan Pajak 2021
Setiap tahun periode tertentu besar penghasilan yang tidak terkena pajak berbeda-beda, seperti halnya pada PPh 21 tahun 2021. Ini ketentuannya.
5 Tips dari Tokopedia Biar Gaji Bulanan Tak Cuma Numpang Lewat
Kita harus pintar mengatur keuangan di masa pandemi saat ini.
0
5 Hal Pelajaran Finansial Saat Kamu Gajian Pertama
Dengan memiliki anggaran keuangan, maka Anda bisa lebih mudah untuk hidup sesuai dengan kemampuan.