5 Fobia Langka yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar

Fobia bisa dikatakan merupakan salah satu penyakit kejiwaan yang paling umum di dunia.
Ilustrasi Fobia. (Foto: Freepik)

Jakarta – Fobia adalah rasa takut berlebihan terhadap sesuatu yang biasanya tidak membahayakan. Ketakutan tersebut dapat timbul saat menghadapi situasu tertentu, berada pada suatu tempat, atau saat melihat hewan dan benda tertentu. Fobia bisa dikatakan merupakan salah satu penyakit kejiwaan yang paling umum di dunia.

Dari bermacam-macam fobia di dunia ini terdapat beberapa fobia yang akan membuat Anda bertanya-tanya dengan fobia langka ini. Oleh karena itu, berikut 5 fobia langka yang mungkin belum pernah Anda dengar.


1. Allodoxophobia

Allodoxophobia didefinisikan sebagai ketakutan akan pendapat orang lain. Penderita ini juga takut dengan debat, diskusi dan konfrontasi, serta ketidaknyamanan ekstrem pada kontroversi. Orang yang menderita fobia ini cenderung tidak ingin tahu atau mendengar pendapat orang lain terkait masalah apapun.


2. Decidiophobia

Decidiophobia adalah ketakutan untuk membuat sebuah keputusan. Mereka yang menderita fobia ini akan merasa panik, takut dan gelisah setiap kali mereka diminta untuk memilih sesuatu karena mereka tidak cukup percaya diri untuk membuat keputusan. Akibatnya, mereka mengandalkan ritual atau takhayul untuk memutuskan sesuatu seperti melempar koin, hingga melihat tanda-tanda dari alam tentang apa yang harus dilakukan.


3. Nomophobia

Seiring berkembangnya kehidupan di dunia, maka semakin banyak juga hal baru yang muncul. Salah satunya nomophobia, yaitu fobia yang mengacu pada ketakutan seseorang jika hidup tanpa ponsel. Mereka yang mengalami fobia ini ditandai dengan kecemasan bila tidak mengisi daya ponsel, salah meletakkan ponsel atau takut jika tidak bisa memeriksa ponsel sepanjang hari. Fobia ini umum terjadi pada kalangan remaja yang berusia 13-18 tahun, yang biasanya ada usia tersebut mereka memiliki ketergantungan smartphone dan kecanduan media sosial.


4. Catoptrophobia

Apakah Anda pernah merasa takut jika melihat diri Anda saat bercermin?. Kondisi seperti ini dinamakan catoptrophobia, yaitu rasa takut seseorang ketika melihat dirinya sendiri pada saat bercermin. Para peneliti percaya bahwa fobia langka ini mungkin ada akibat kepercayaan agama atau takhayul, karena cermin sering dijadikan sebagai portal bagi hantu, roh dan penampakan yang muncul di banyak urban legend. Hal ini juga dikaitkan dengan sihir dan ritual pemanggilan roh. Jadi, mereka yang menderita fobia ini menghindari cermin atau segala benda yang bersifat seperti cermin dengan segala cara.


5. Chorophobia

Fobia ini merupakan rasa takut seseorang akan sebuah tarian. Hal ini erat dikaitkan dengan kecemasan sosial dan rasa malu. Mereka yang menderita chorophobia tidak suka menari atau bahkan melihat orang lain menari. Oleh karena itu, penderita fobia ini cenderung menghindari festival, panggung, studio, teater dan sebagainya.


6. Ancraophobia

Ancraophobia atau dikenal dengan anemophobia adalah rasa takut yang sangat langka dan ekstrim terhadap angin. Penderita fobia ini selalu mencoba untuk menutup pintu dan jendela sebisa mungkin. Mereka akan sangat merasa gelisah apabila dekat dengan kincir angin, AC, pengering rambut dan ventilasi udara di rumah. Orang yang menderita fobia ini kerap mengaitkan angin dengan tornado atau bencana terkait cuaca lainnya.

(Fadhil Ramadhan)

Berita terkait
5 Fobia Unik Terkait Makanan
Biasanya fobia macam ini membuat seseorang tidak mau memakan makanan tertentu atau bahkan sampai tidak mau melihatnya.
Dituduh Islamofobia Profesor Jerman Dilindungi Polisi
Seorang profesor Jerman di sebuah universitas di Prancis, sasaran kampanye kebencian karena tidak mau bandingkan antisemitisme dengan islamofobia
Mengenal Gamofobia, Ketakutan dan Kecemasan Terhadap Pernikahan
Fobia adalah ketakutan berlebih terhadap sesuatu yang sebenarnya hanya menimbulkan sedikit bahaya, tetapi tetap membuat Anda cemas.
0
5 Fobia Langka yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar
Fobia bisa dikatakan merupakan salah satu penyakit kejiwaan yang paling umum di dunia.