UNTUK INDONESIA
5 Film Bertemakan Virus Mematikan seperti Corona
Virus Corona menjadi bahan perbincangan hangat publik dalam beberapa waktu ini mengingatkan orang akan film-film yang bercerita penyebaran virus.
Resident Evil. (Foto: imdb.com)

Jakarta - Virus Corona menjadi bahan perbincangan hangat publik dalam beberapa waktu ini. Momen ini mengingatkan banyak orang akan film-film yang memiliki konteks permasalahan yang sama yakni, menceritakan penyebaran virus.

Ada beberapa judul film yang berhasil dirangkum Tagar dari berbagai sumber bertemakan penyebaran wabah hingga memakan korban.

1. Contagion

ContagionFilm Contagion. (Foto: imdb.com)

Mengutip dari Warner Bros, film bergenre thriller dan drama dirilis pada 8 Sepetember 2011 silam.

Contagion secara harfiah memiliki arti, penularan. Film ini bercerita tentang seorang wanita bernama Beth Emhoff yang mengalami demam usai kembali dari perjalanan bisnis dari Hong Kong.

Awalnya demam itu dianggap biasa saja. Namun, ia harus menjalani perawatan di Unit Gawat Darurat (UGD) hingga pada akhirnya berujung pada kematian, tanpa alasan yang jelas.

Tidak hanya dia, banyak korban berjatuhan dengan kasus yang sama. Alhasil, ketika sudah diteliti ternyata disebabkan penyebaran virus.

Mengetahui hal itu, dokter pusat pengendalian penyakit Amerika Serikat (AS) dan Organisasi Kesehatan dunia mengambil langkah cepat menyelesaikan masalah tersebut.

2. Resident Evil

Resident EvilResident Evil. (Foto: imdb.com)

Film besutan Paul W.S. Anderson yang tayang pada 14 September 2012 ini menceritakan perjuangan seorang perempuan bernama Alice, diperankan Milla Jovovich untuk lepas dari Umbrella Corporation.

Umbrella Corporation, sebuah perusahaan yang sengaja menciptakan virus yang menginfeksi banyak orang menjadi zombi. 

Alice berada di sebuah tempat perlindungan bagi orang-orang yang belum terkena virus, dia satu-satunya orang yang bertarung melawan kelompok zombi.

Puncak klimaks film ini saat tempat perlindungan tersebut diserang oleh Jill Valentine yang diperankan Sienna Guillory, sebagai rekan Alice.

Kelompok Umbrella telah mencuci otak Valentine, sehingga bisa dikendalikan. Kemudian memerintahkannya untuk bertarung dengan Alice, hingga tempat perlindungan hancur lebur dan ia terlempar ke laut.

Ketika bangun, Alice berada dalam pengawasan Valentine. Namun, ia berhasil kabur, sampai akhirnyaberhenti di Kota Shibuya, Tokyo, tempat yang mulai terinfeksi zombi.

Beruntungnya, semasa pelarian itu bertemu dengan musuh lamanya, Wong yang dilakonkan Li Bingbing, tapi berubah menjadi teman yang memberikan informasi kepada Alice bahwa kelompok Umbrella tengah mengembangkan proyek kloning di markas bawah laut.

Nah, Alice bersama rekannya itu memiliki misi untuk mengagalkan proyek Umbrella. Namun, mereka harus memiliki sistem keamanan yang ketat terlebih dahulu.

Hingga saat ini, film yang berdurasi 95 menit ini sudah memiliki enam sekuel yakni, Resident Evil: Afterlife pada 2010, Resident Evil: Apocalypse, 2004, Resident Evil: Extinction, 2007, Resident Evil: Retribution, 2012, Resident Evil (2002), Resident Evil: The Final Chapter (2017).

3. 28 Days Later

28 Days LaterFilm 28 Days Later. (Foto: imdb.com)

Film yang dirilis pada 27 Juni 2003 silam ini merupakan karya sutradara Danny Boyle serta penulis Alex Garland. Lewat film layar lebar ini, mereka menceritakan tokoh Jim yang diperankan Cillian Murphy yang mengalami koma, karena kena dampak penyebaran virus.

Film ini menceritakan ada virus misterius yang tidak disembuhkan menyebar di seluruh kawasan Inggris. Wabah menyebar setelah seekor simpanse yang terinfeksi kabur dari kandangnya.

Virus semakin menyebar hingga menimbulkan kegemparan. Pasalnya, orang yang terinfeksi akan berubah menjadi zombi dalam kurun waktu 28 hari, termasuk Jim sebagai orang pertama menjadi korbannya.

Jim mengalami koma. Ketika sadar, ia mengelilingi Inggris dan tidak menemukan satu orang pun, hanya melihat tanda-tanda bencana dan bekas kerusakan infrastruktur.

Melihat hal itu, Jim kebingungan dan tiba-tiba dirinya diserang zombi. Namun, keberuntungan berpihak padanya setelah diselamatkan oleh Selena yang diperankan Naomie Harris dan Mark (Noah Huntley), dua orang yang selamat dari virus telah menyebar ke seluruh dunia itu.

Adrenalin makin di guncang ketika Jim meminta mereka bertiga pergi menemui orang tuanya di Deptford. Sayangnya, ditengah perjalanan Mark terserang zombi. Agar mereka aman, Selena terpaksa membunuh Mark.

Kemudian mereka melanjutkan perjalanan dan bertemu dengan Frank (Brendan Gleeson) dan putrinya, Hannah diperankan Megan Burns.

Frank mengatakan, militer menyediakan perlindungan di Manchester. Dengan adanya kabar itu, Selena dan Jim menuju ketempat itu. Tapi bukan hal yang mudah, karena banyak zombi berkeliaran dan mereka pun tidak mengetahui letak tempat perlindungan itu secara pasti. 

Nah, itulah saatnya Selena dan Jim berjuang mengalahkan gerombolan zombi.

4. Carrier

CarrierFilm Carrier. (Foto: imdb.com)

Film garapan Alex dan David Pastor ini tak kalah menarik. Pasalnya, menceritakan kisah perjalanan empat anak muda bersahabat yang diperankan Danny, Brian, Bobby, dan Kate dalam rangka menyelamatkan diri ke sebuah kota bernama Turle Bay.

Kota Turle Bay telah terinfeksi virus mematikan. Namun, ditengah perjalanan, empat sahabat itu menemukan masa suram ketika melihat sebuah mobil yang dikendarai seorang pria bernama Frank dan anaknya, Jodie yang mengalami kehabisan bensin dan meminta untuk membagi sedikit bensin.

Dalam kondisi itu, mereka dikagetkan oleh anaknya yang memakai masker yang merupakan salah satu tanda orang yang sudah terinfeksi.

Tentu saja membuat mereka kabur dan meninggalkan mobil tersebut. Namun beberapa kejadian kemudian memaksa untuk kembali ke mobil tadi, dan akhirnya memutuskan untuk pergi bersama dalam satu mobil.

Kemudian mereka memutuskan untuk mencari serum di sebuah rumah sakit. Hal itu sia-sia, dokter yang menemukan serum sudah menyerah dan berencana untuk bunuh diri.

Kondisi semakin parah ketika Bobby terkena batuk darah dari Jodie yang telah terinfeksi. Mengetahui hal itu, dengan berat hati Brian meminta Bobby yang merupakan pacarnya untuk pergi.

Meski harus menentang perasaannya terhadap kakaknya Brian, Danny harus mengambil langkah yang lebih masuk akal yaitu meninggalkan Brian.

Film ini sangat mencuri perhatian penonton, bukan karena penyebaran virus mematikan, akan tetapi saat keempat sahabat itu menghadapi bahaya selama 4 hari dalam kondisi perpecahan. Saat itu, sisi gelap manusia sangat mempengaruhi kondisi psikologis.

Pada akhirnya mereka dilanda saling curiga satu dengan yang lain, karena kecemasan setelah tertular virus mematikan. Sisi gelap tersebut bisa membunuh dan menghancurkan orang lain.

Disinilah emosi penonton diaduk-aduk, karena Danny harus memilih hidup atau memilih bersama kakaknya yang telah terinfeksi dan akan mati.

5. World War Z

World War ZFilm World War Z. (Foto: imdb.com)

World War Z atau World War Zombie merupakan sebuah film yang diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama. Film ini berkisah tentang perang dunia kedua yang bertarung dengan zombi.

Film yang diperankan Brad Pitt sebagai Gerry Lane mendengar kegaduhan dan teriakan-teriakan serta ledakan, Gerry dan keluarga kemudian berusaha melarikan diri dari zombi.

Parahnya, zombi akan menggigit manusia dalam waktu 10 detik maka korban tersebut akan berubah menjadi zombi baru. Hal tersebut terjadi secara terus-menerus, sehingga menghasilkan beberapa zombi baru.

Melihat hal ini, Gerry mendapat tugas baru dari mantan atasannya, untuk menjaga keselamatan keluarga yang akan ditampung di kapal perang, sekaligus sebagai tempat penampungan untuk orang terpilih dan penting.

Gerry harus menjalankan misi mendampingi dokter muda ahli virus mencari obat di Korea. Sayangnya pesawat kehabisan bensin dan mendarat disebuah pangkalan udara untuk mengisi bensin.

Konflik mulai memanas karena kecerobohan sang dokter dan kepleset sehingga pistol yang dibawanya menembak dirinya sendiri dan akhirnya tewas.

Hal itu membuat Gerry harus berusaha mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang zombi. Alhasil, didapat informasi mengenai seseorang di Israel, berangkatlah mereka ke sana.

Israel ternyata sudah memprediksi akan adanya zombi sehingga dibangunlah tembok sebagai benteng mengelilingi negara tersebut. Tak diduga, zombi dapat memanjat tembok dan berhasil masuk ke Isarel dan mengakibatkan kehancuran.

Ditengah perjalanan, Gerry dapat ide kalau menggunakan virus untuk melawan virus sebagai kamuflase. Artinya virus tidak akan menyerang sebuah inang yang sudah tercemar.

Sebelumnya, Gerry telah melakukan pengamatan jika zombi tidak akan menyerang orang yang sakit atau lemah. Namun, masih mempunyai kendala, karena bahan percobaan harus berhadapan dengan zombi langsung.

Kendala lain yaitu botol-botol virus disimpan di gedung sebelah yang berisi zombi. Mau tak mau harus mengambil botol tersebut. 

Gerry berhasil menemukan ruangan penyimpan botol-botol virus. Sayangnya Gerry terjebak dalam ruangan karena ada zombi yang sudah menunggu di pintu keluar.

Gerry memutuskan dirinya sendiri sebagai kelinci percobaan dengan menyuntikkan virus sehingga dirinya menjadi sakit. Benar, zombi tidak bisa mendeteksi keberadaan Gerry. Percobaan berhasil.

Akhirnya, Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB) memproduksi vaksin-vaksin itu yang digunakan sebagai kamuflase tetapi bukan sebagai obat untuk menyembuhkan Zombi justru digunakan oleh manusia yang masih hidup untuk mempertahankan diri atau untuk melawan Zombi. []

Berita terkait
Peran Imigrasi Sumsel Mencegah Masuknya Virus Corona
Mencegah masuknya virus corona ke Sumatera Selatan, Imigrasi ikut berperan melakukan deteksi dini bagi para pendatang.
Tiga Cara Penanganan Gejala Umum Virus Corona
Virus corona masuk ke tahap gawat darurat dunia, berikut cara penanganan awal ketika menemukan seseorang terkena gejala virus tersebut.
Ikatan Dokter Indonesia soal Virus Corona di Wuhan
Penjelasan lengkap Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia tentang virus corona dari China yang menyebar ke seluruh dunia. Penting diketahui semua.
0
IPB Jelaskan Gejala Hewan Terinfeksi Virus Corona
Kepala Rumah Sakit Hewan Pendidikan Institut Pertanian Bogor (IPB) Deni Noviana menjelaskan gejala hewan yang terinfeksi virus corona (Covid-19).