5 Fakta Cappadocia, Warisan Dunia UNESCO yang Sempat Viral

Destinasi wisata Cappadocia terseret dalam viralnya salah satu adegan dalam serial Layangan Putus. Berikut fakta cappadocia yang perlu kamu tahu.
Destinasi wisata Cappadocia. (Foto: Tagar/Unsplash/Mehmet Turgut Kirkgoz)

Jakarta – Belum lama ini, destinasi wisata Cappadocia terseret dalam viralnya salah satu adegan dalam serial Layangan Putus. Menampilkan salah satu pemeran utama, Kinan, yang tengah bertengkar hebat dengan suaminya, ia menyebutkan bahwa Cappadocia adalah mimpinya.

Dengan viralnya adegan itu, tak sedikit masyarakat yang jadi penasaran akan keindahan Cappadocia. Meskipun sudah terkenal sejak lama, masih banyak masyarakat yang belum tau akan keindahan dan keunikan dari Cappadocia. Berikut adalah 7 fakta menarik dari Cappadocia.


1. Cappadocia berasal dari bahasa Persia

Nama Cappadocia berasal dari kata Persia Katpaktukya yang memiliki arti tanah kuda yang indah. Sebutan ini sendiri sudah ada sejak abad ke-6 sebelum masehi di mana kekaisaran Persia masih ada.

Di zaman itu, kuda adalah bagian dari pajak yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, hingga saat ini kuda masih dihargai oleh penduduk setempat.


2. Memiliki 600 gereja

Saat berada di Cappadocia, kita bisa menemui sekitar 600 gereja yang diukir dengan bebatuan Cappadocia yang lembut. Gereja-gereja ini sendiri sudah berdiri sejak abad pertengahan, di mana Cappadocia sedang berada di masa-masa kejayaannya.

Para pengunjung bisa melihat gerejanya secara langsung dan menikmat banyaknya lukisan di dinding gereja meskipun beberapa lukisan telah rusak akibat erosi.


3. Ada kota di bawah tanah

Pada zaman dahulu, kota bawah tanah ini digunakan sebagai tempat berlindung orang-orang Kristen dari Romawi. Di dalam kota bawah tanah ini ada dua ratus gereja dan beberapa banggunan di antaranya memiliki kedalaman hingga delapan ke dalam bumi.

Karena berada di bawah tanah, kota yang dihubungkan dengan terowongan ini juga digunakan sebagai tempat persembunyian.


4. Menjadi produsen anggur terbesar

Dikenal sebagai daerah dengan produsen anggur terbesar, Cappadocia diyakini memiliki sejarah panjang dalam pembuatan anggur. Ketika mengunjungi Cappadocia, para pengunjung dapat menemui sejumlah toko anggur.

Di dalam toko tersebut, pengunjung dapat mencicipi anggur yang dijualkan. Dalam beberapa tahun terakhir, wilayah penghasil anggur ini berhasil meraih penghargaan Internasional.


5. Memiliki situs warisan dunia UNESCO

Situs Batu Cappadocia dan Taman Nasional Göreme dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1985. Situs Warisan Dunia ini mencakup 7 tempat yang penting di Cappadocia, yaitu Gereja Karlik, Gereja Theodore, Karain Columbaria, Taman Nasional Göreme, Kota Bawah Tanah Derinkuyu, Kota Bawah Tanah Kaymakli, dan Situs Arkeologi Soanl.

(Rana Maheswari Ummairah)





Berita terkait
7 Deretan Destinasi Wisata yang Hits Sepanjang 2021
Dengan menjalankan protokol yang ketat dan sudah terlaksananya program vaksinasi di Indonesia. Ini destinasi wisata yang hits sepanjang tahun 2021.
7 Destinasi Wisata Alam di Bogor yang Cocok untuk Healing
Wisata alam di Bogor memang cukup banyak untuk didatangi, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di kawasan Jabodetabek. Ini rekomendasinya.
Dukung Green Tourism, PLN Bakal Terangi Destinasi Wisata
PLN mendukung penuh kawasan pariwisata yang menonjolkan Green Tourism dengan menyediakan pasokan listrik dari yang andal dan bersih.
0
5 Fakta Cappadocia, Warisan Dunia UNESCO yang Sempat Viral
Destinasi wisata Cappadocia terseret dalam viralnya salah satu adegan dalam serial Layangan Putus. Berikut fakta cappadocia yang perlu kamu tahu.