5 Ciri Kamu Mempunyai Self-Esteem yang Rendah

Self-esteem atau harga diri adalah pandangan atau nilai seorang individu, serta seberapa besar seseorang untuk menghargai dirinya sendiri.
Ilustrasi seseorang tidak percaya diri (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Self-esteem atau harga diri adalah pandangan atau nilai seorang individu, serta seberapa besar seseorang untuk menghargai dirinya sendiri. Self-esteem mempunyai pengaruh yang besar bagi manusia, karena dapat mencerminkan kepribadian dari masing-masing individu.

Seseorang yang mempunyai self-esteem rendah, akan selalu merasa tidak puas dan senantiasa tidak bahagia dengan apa yang dijalaninya. Tak hanya itu, orang dengan Self-esteem yang rendah akan rentan terkena depresi karena selalu memandang rendah dirinya.

Oleh sebab itu, yuk kenali tanda-tanda kamu memiliki Self-esteem yang rendah. Berikut rangkumannya.

1. Sering Meragukan Diri Sendiri

Ragu terhadap diri sendiri sebenarnya wajar, namun jika terlalu sering meragukan kemampuan atau pilihan diri sendiri akan berdampak negatif untuk diri sendiri. 

Selain itu, takut merasa gagal saat akan memulai sesuatu, serta lebih percaya pada pemikiran orang lain dibanding diri sendiri, merupakan ciri-ciri Self-esteem yang rendah pula.

2. Haus Akan Validasi

Haus akan validasi merupakan salah satu ciri-ciri Self-esteem yang rendah. Setiap orang memang akan senang ketika mendapat pujian, namun kamu akan merasa lelah jika terus mencari pembuktian dan pujian dari orang lain. 

Terkedang ekspektasi yang terlalu berlebihan akan menjadi boomerang tersendiri bagi diri jika tidak sesuai realita.

3. Memandang Negatif Diri Sendiri

Seseorang dengan Self-esteem rendah selalu kebingungan melihat sisi positif pada dirinya. Dengan kata lain, kamu selalu merasa dirimu lemah dalam segala aspek dan selalu merasa tidak puas akan kemampuan yang dimiliki.

Selain itu, kamu selalu mengkritik diri sendiri secara berlebihan dan menyebabkan persepsi yang salah dalam memandang diri sendiri. Hal tersebut akan menyebabkan kamu merasa minder, bersikap defensif, dan takut memulai hal baru.

4. Memikirkan Kesalahan Secara Berlebihan

Ketika Self-esteem mu rendah, kamu tidak bisa menoleransi kesalahan sekecil apapun yang kamu lakukan. Hal tersebut akhirnya menyebabkan diri menjadi pusing akan pikiran yang dipenuhi rasa bersalah atau yang biasa disebut overthinking. 

Bahkan ketika terdapat perbedaan pendapat, bukannya mempertahankan argumen, kamu malah memilih untuk meminta maaf dan menerima kenyataan yang ada.

5. Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Dalam hidup ini, manusia punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terkadang kamu selalu sering membandingkan kelemahanmu dengan kelebihan orang lain, hal tersebut adalah sesuatu yang tidak sebanding terlebih bukan kewajibanmu untuk menjadi seperti orang lain. 

Setiap orang mempunyai jalan hidupnya masing-masing, kamu harus berani melangkah dan melakukan suatu perbedaan atau perubahan terhadap dirimu sendiri.

(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Cara Terbaik Makan Oat untuk Sarapan
Oat dapat dengan mudah menjadi bagian dari makanan apa pun karena khasiatnya yang serbaguna.
5 Cara Menyisir Rambut dengan Benar
Menyisir rambut membantu meningkatkan sirkulasi kulit kepala, menghilangkan rambut rontok, dan membantu meningkatkan kesehatan dan kilau rambut.
5 Cara Bermain Gitar Bagi Pemula
Alat musik gitar tentunya sudah tidak asing yang sangat populer dan disukai banyak kalangan itulah asalan orang ingin tahu cara bermain gitar.
0
5 Ciri Kamu Mempunyai Self-Esteem yang Rendah
Self-esteem atau harga diri adalah pandangan atau nilai seorang individu, serta seberapa besar seseorang untuk menghargai dirinya sendiri.