5 Cara untuk Mencoba Lucid Dream

Mencoba lucid dream cukup mudah dengan metode yang tepat.
Ilustrasi lucid dream. (Tagar/Ist)

Jakarta - Saat mengalami lucid dream, orang yang tidur menyadari bahwa mimpi sedang terjadi tetapi tidak meninggalkan keadaan mimpinya. Beberapa orang mendefinisikan fenomena ini sebagai mimpi di mana orang yang tidur dapat melakukan kontrol atas berbagai aspek lingkungan mereka, meskipun penelitian telah menemukan ini tidak selalu terjadi, dan orang-orang lebih cenderung untuk "mengendalikan lucid dream" daripada yang lain.

Mencoba lucid dream cukup mudah dengan metode yang tepat. Jika tidak berpengalaman dengan fenomena ini mungkin dapat melakukan cara lucid dream untuk diri sendiri melalui cara-cara berikut. Dilansir dari Sleep Foundation, berikut 5 caranya.


1. Optimalkan kamar tidur

Mempraktikkan kebersihan tidur yang baik dapat membantu memastikan siklus tidur-bangun yang sehat, termasuk jumlah tidur yang cukup. Anda juga harus menjaga ruangan tetap gelap dan tenang.

Tirai anti tembus pandang, masker tidur, dan aksesori lainnya membantu mengurangi tingkat cahaya, sementara itu menggunakan penyumbat telinga dan mesin suara dapat menghalangi kebisingan luar yang mengganggu.


2. Tes realitas

Pengujian realitas, atau pengecekan realitas, adalah bentuk pelatihan mental. Ini meningkatkan metakognisi dengan melatih pikiran Anda untuk memperhatikan kesadaran Anda sendiri.

Dalam mimpi, lingkungan mungkin terlihat akrab tetapi akan ada inkonsistensi dan distorsi dibandingkan dengan kenyataan. Dengan melakukan pemeriksaan realitas ini beberapa kali sehari, Anda dapat memperoleh kemampuan untuk menguji realitas Anda selama mimpi.


3. Catat mimpimu

Setiap pagi, tuliskan semua yang Anda ingat tentang mimpi dalam sebuah jurnal. Anda juga dapat menggunakan perekam suara untuk mencatat kenangan impian Anda. Catatan rinci memungkinkan Anda untuk mengenali mimpi lebih mudah setelah Anda tertidur, yang pada gilirannya dapat membantu memicu lucid dream.


4. Coba metode MILD dan WBTB

Untuk teknik mnemonic dari lucid dream, cobalah bangun setelah tidur selama lima jam (gunakan alarm jika diperlukan) dan katakan pada diri sendiri untuk mengingat bahwa Anda sedang bermimpi setelah Anda tertidur.

Metode MILD telah terbukti sangat efektif dalam beberapa penelitian. Teknik bangun kembali ke tempat tidur juga membutuhkan bangun setelah lima jam tidur. Dengan WBTB, Anda ingin tetap terjaga selama sekitar 30 hingga 120 menit sebelum kembali tidur.


5. Sugesti

Beberapa orang dapat berhasil menginduksi lucid dream hanya dengan meyakinkan diri mereka sendiri bahwa mereka akan memilikinya begitu mereka tertidur. []

(Ghariza Syifa Riyashi)

Berita terkait
Ilmuwan Jepang Membuat Teknologi yang Bisa Merekam Mimpi
Mimpi dapat diputar ulang untuk disaksikan kembali saat sudah bangun.
Seputar Fakta Tentang Lucid Dream, Sadar Mimpi Saat Tidur
Lucid dream adalah fase tidur yang disebut mimpi sadar karena Anda sepenuhnya mengetahui bahwa sedang berada di alam mimpi.
Bukan Mistis, Inilah Fakta Sleep Paralysis atau Ketindihan
Perlu diketahui bahwa Sleep Paralysis atau Ketindihan umum terjadi dan tidak terkait penyakit kejiwaan tertentu.
0
5 Cara untuk Mencoba Lucid Dream
Mencoba lucid dream cukup mudah dengan metode yang tepat.