5 Cara Terbaik Makan Oat untuk Sarapan

Oat dapat dengan mudah menjadi bagian dari makanan apa pun karena khasiatnya yang serbaguna.
Oatmeal. (Foto: Tagar/Pinterest)

Jakarta - Oat atau gandum (avena sativa) menjadi salah satu pilihan sarapan terbaik karena mengenyangkan, menyehatkan, dan bergizi karena serat larut di dalamnya yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga nafsu makan tetap terkendali.

Oat adalah jenis sereal yang dikonsumsi di seluruh dunia dalam bentuk oatmeal atau oat gulung. Oat dianggap biji-bijian paling sehat di antara semuanya dan merupakan sumber vitamin, antioksidan dan mineral selain serat. Oat juga bebas gluten yang menjadikannya pilihan yang sehat bagi orang dengan intoleransi gluten.

Kelebihan lainnya, oat dapat dengan mudah menjadi bagian dari makanan apa pun karena khasiatnya yang serbaguna. Dilansir dari Boldsky, berikut adalah beberapa cara terbaik menyajikan oat yang nikmat untuk sarapan sekaligus mendapatkan manfaat kesehatannya.


1. Mangkok Oat Dengan Buah Musiman

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat sehat dari oat saat Anda terlambat ke kantor adalah dengan menghiasinya dengan semua buah-buahan yang tersedia di rumah Anda. Masak oat dalam air atau susu dan sesuaikan dengan buah-buahan seperti apel, delima, atau beri. Semangkuk kebaikan yang sehat akan disiapkan sebentar lagi.


2. Overnight Oats Dengan Buah Kering

Oat semalam (overnight oats) adalah pilihan paling populer untuk sarapan di rumah. Untuk menyiapkan oat semalam, yang perlu Anda lakukan hanyalah merendam beberapa oat dalam wadah kedap udara bersama dengan satu sendok teh biji chia, 1 sendok makan madu dan makanan cair sehat pilihan Anda (susu, susu nabati atau air). Tutup wadah dan simpan di lemari es pada malam hari setidaknya selama 6 jam. Di pagi hari, Anda akan menemukan semua oat yang terendam dalam susu membentuk tekstur yang kental. Hiasi dengan buah-buahan kering dan makan.


3. Kayu Manis Dan Oat

Kayu manis adalah bumbu yang sangat lezat dan menyehatkan. Kayu manis memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi dan anti-diabetes yang kuat. Saat ditambahkan ke oat, kayu manis meningkatkan rasa hidangan yang memberikan banyak nutrisi pada saat bersamaan. Untuk menyiapkannya, cukup campurkan satu sendok teh kayu manis dan satu sendok makan keju rendah lemak ke dalam oat yang sudah dimasak dan nikmati. Kayu manis juga bisa diganti dengan jahe atau kapulaga untuk mengubah rasa.


4. Oat Upma

Bagi orang yang tidak suka makan oat dengan buah-buahan atau buah-buahan kering bisa menggunakan oatmeal upma. Hal terbaik tentang oatmeal upma adalah seseorang dapat menyesuaikannya dengan sayuran favorit mereka. Untuk menyiapkan oatmeal upma, tambahkan jintan, mustard, heeng dan irisan bawang bombay ke dalam minyak dan tumis sebentar.

Tuang semua sayuran dan goreng hingga empuk. Tambahkan secangkir oat dan goreng bahan selama dua menit. Tambahkan garam, merica, daun ketumbar secukupnya.


5. Panekuk Oat

Pancake gandum adalah cara yang sehat untuk memulai hari Anda karena dikemas dengan berbagai vitamin dan mineral serta rendah kalori dan natrium. Hidangan oat yang lembut dan bebas gluten ini tidak hanya cepat tetapi juga mudah dibuat. Siapkan adonan oat dengan susu hangat, tepung terigu, gula pasir, baking powder, sedikit garam dan kayu manis. Sebarkan seperti dhosa di atas wajan dan balik kedua ujungnya hingga matang. Sajikan dengan madu. []


Baca Juga:

Mengenal Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi

Ternyata Pisang Bukan Buah, Ini Penjelasannya..

Manfaat Buah Naga Buat Kulit Wajah Cantik Berseri

Enam Buah Surga Ini Disebut dalam Alquran







Berita terkait
Roti Goreng Ayam, Menu Sarapan Lezat dan Bergizi
Roti goreng ayam adalah salah satu menu sarapan atau camilan yang enak dan bergizi.
Mudah! Cara Membuat Menu Sarapan Tinggi Protein
Biasakan saat sarapan memakan makanan yang tinggi protein agar tubuh Anda dapat menjalankan aktivitas hingga makan siang. berikut ide sarapan.
Resep Nasi Kuning Praktis Untuk Sarapan
Anda dapat membuat nasi kuning sendiri untuk sarapan dengan resep yang praktis dan menyesuaikan selera Anda.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.