5 Cara Tepat Mengatasi Mata Kedutan Akibat Kelelahan

Biasanya orang yang mengalami kedutan mata akan merasakan nyut-nyutan pada bagian tertentu khususnya di area sekitar mata.
Ilustrasi - Mata. (Foto: health.harvard.edu)

Jakarta - Kedutan atau dikenal dengan istilah twitching bisa terjadi kepada siapa saja. Biasanya orang yang mengalami kedutan mata akan merasakan nyut-nyutan pada bagian tertentu khususnya di area sekitar mata. 

Dikutip dari laman Boldsky, kedutan mata (miokimia) adalah kejang tidak sadar berulang yang terjadi pada otot kelopak bagian mata atas dan bawah. Kebanyakan orang mungkin mengalami hal ini setiap beberapa detik selama satu atau dua menit.

Alangkah baiknya jauhi pikiran kita dari hal-hal yang berbau mitos soal kedutan mata. Sebaliknya, kita harus waspada jika kondisi ini berlangsung dalam jangan waktu yang panjang karena hal tersebut menandakan kondisi kesehatan diri kita sendiri.

Pada dasarnya kedutan mata kanan dan kiri bagian atas maupun bawah mempunyai arti yang sama. Jika kalian mengalami kedutan pada bagian tersebut, kita jangan khawatir. Hal tersebut menandakan bahwa mata kita mengalami iritasi, kelelahan dan kurang tidur, adanya efek samping dari konsumsi obat tertentu, mengalami stres, terlalu banyak konsumsi kafein dan alkohol, alergi terhadap benda tertentu, dan yang terakhir kekurangan nutrisi terutama magnesium.

Terkadang, mengalami kedutan juga dapat mengganggu aktivitas yang kita lakukan. Berikut adalah cara yang tepat mengatasi masalah kedutan pada bagian mata.

1. Pijat Mata

Cara ini bisa kita lakukan tanpa memerlukan bantuan orang lain. Pijat lembut area alis mata dengan gerakan memutar selama beberapa menit untuk melemaskan otot-otot mata. Lalu, perlahan bergerak ke sisi luar mata, area bawah mata, dan bagian dalam mata.

2. Kompres Mata

Salah satu penyebab mata menjadi kedutan karena kelelahan yang terjadi pada mata. Supaya lebih rileks, kita bisa lakukan kompres mata dengan air hangat tiap malam sebelum tidur. Apabila kedutan masih berlangsung, coba untuk gonta-ganti kompres air hangat dengan air dingin setiap 10 menit sekali.

3. Tidur yang Cukup

Jika sebelumnya kita selalu tidur larut malam, maka biasakanlah untuk tidur 10-15 menit lebih awal dibanding hari biasanya. Tidur yang cukup dapat membantu mata kita terhindar dari kondisi kelelahan.

4. Kurangi Alkohol dan Kafein

Supaya kedutan cepat teratasi kurangi minuman beralkohol serta kafein yang berlebih. Sebaiknya juga menghindari minuman berenergi dan obat penghilang nyeri untuk sementara waktu. Sebagai gantinya, kita bisa minum air tonik, atau air kelapa. Air kelapa diklaim bisa melemaskan otot-otot yang tegang karena mengandung senyawa kimia quinine.

5. Teteskan Obat Mata

Jika dirasa mata kedutan akibat mata kering, kita juga bisa menggunakan obat mata sebagai ganti air mata. Bisa beli di apotek terdekat dan jangan lupa untuk membaca ketentuan yang dianjurkan pada produk tersebut.

Segeralah ke dokter jika kedutan mata yang kita alami berlangsung terus-terusan lebih dari tiga hari, bagian bawah mata terasa nyeri dan bengkak, mata kemerahan dan mengeluarkan kotoran yang tidak wajar, kelopak mata terlalu turun ke bawah sehingga membuat kita kesulitan membuka mata, dan kedutan mulai memengaruhi bagian wajah lainnya.

(Alvika Septianingrum)

Berita terkait
Empat Cara Menjaga Kesehatan Mental Cegah Corona
Akibat wabah virus Corona atau Covid-19 yang semakin merebak membuat kesehatan mental seseorang akan terganggu.
Tips Hidup Sehat Agar Tubuh Tidak Rentan Penyakit
Hidup sehat sangat penting diperhatikan terutama dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.
Lima Makanan Sehat Ampuh Mencegah DBD
Ada lima makanan yang disinyalir ampuh menangkal seseorang terjangkit virus dengue akibat gigitan nyamuk.
0
Sejarah Ulang Tahun Jakarta yang Diperingati Setiap 22 Juni
Dalam sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Jakarta berusia 495 tahun. Simak sejarah singkatnya.