UNTUK INDONESIA

5 Cara Mudah Jualan Online untuk Pemula

Cermati langkah-langkah yang mungkin akan membantumu untuk memulai bisnis jualan online. Berikut 5 cara jualan online untuk pemula.
Ilustrasi wanita muda melakoni bisnis jualan online. (Foto: Tagar/Getty Images)

Jakarta - Ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan jika berbisnis online. Selain tidak membutuhkan banyak modal, Anda hanya perlu menyiapkan koneksi internet yang stabil untuk berjualan. Promosi yang bisa menjangkau masyarakat luas, juga menambah lapangan pekerjaan. 

Ada baiknya untuk mencermati langkah-langkah yang mungkin akan membantumu untuk memulai bisnis jualan online. Berikut 5 cara jualan online untuk pemula:

1. Tentukan produk yang ingin dijual

Anda bisa memilih produk buatan sendiri atau produk buatan orang lain. Jika anda memilih menjual produk sendiri, maka anda perlu memperhatikan bagaimana menentukan bahan baku dan keuntungannya. Usahakan menghitung rincian biaya yang diperlukan untuk membuat produk dan harga jual yang cocok. 

Kelemahan dari memilih produk buatan sendiri ini adalah resiko memastikan kualitas produk dan membranding brand baru milikmu. Namun kelebihannya, Anda bisa bebas menentukan akan seperti apa produkmu nanti dan Anda bisa belajar pengelolaan marketing.

Sedangkan jika memilih untuk menjual produk orang lain, maka posisimu adalah sebagai reseller. Kelebihannya, Anda tidak perlu membranding produk dan memilih bahan baku. Anda juga bisa mencari supplier yang mau meminjamkan produknya terlebih dahulu, sehingga kamu tidak memerlukan modal. 

Namun kekurangannya, anda harus benar-benar mengetahui supplier yang tepat. Anda juga tidak bisa mengontrol stok barang.

Kemudian berdasarkan jenisnya, produk jualan dibedakan menjadi empat, yakni sebagai berikut; produk yang sedang jadi tren, produk musiman, produk kebutuhan sehari-hari, dan produk penunjang hobi.

2. Bidik pasar yang tepat

Setelah menentukan produk yang ingin anda jual, selanjutnya adalah menentukan pasar. Karena menggunakan sistem online, maka anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Namun bidiklah pasar yang tepat sesuai dengan produkmu. 

Dengan demikian Anda bisa menarik konsumen untuk membeli. Selain itu, dengan menentukan pasar yang tepat, Anda pun bisa mempertimbangkan konten dan model promosi apa yang cocok untuk calon pelangganmu.

3. Buat lapak atau toko online

Untuk mendirikan toko onlinemu sendiri, Anda bisa memilih untuk membuat website pribadi atau menggunakan media sosial milikmu. Namun, Anda juga bisa masuk dan mendaftar diberbagai aplikasi yang menawarkan e-commerce. Sudah banyak aplikasi e-commerce yang bisa anda gunakan. Pengelolaannya pun cukup mudah dan efisien.

4. Promosikan produkmu lewat media sosial

Selanjutnya, Anda bisa mempromosikan produk di media sosial. Anda bisa mulai dengan menshare ke teman-teman dekat dan kerabat. Lalu Anda bisa mulai mencari komunitas-komunitas online yang antusias dengan jenis produk yang dijual.

5. Carilah relasi yang berada di bidang yang sama

Agar bisnismu makin berkembang, cobalah mencari relasi yang berada di bidang yang sama. Dengan demikian anda bisa saling berkonsultasi masalah bisnis. Anda juga bisa saling membantu atau menjadikannya mentor. 

Untuk memilih mentor, sebaiknya pilihlah orang yang sudah lebih pengalaman dan lebih dulu berada didunia bisnis. Tujuannya tentu untuk memberikan gambaran langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan dalam berbisnis.(Dimas Muhammad Gustyo).[]

Berita terkait
Hakim Sahyuti Tolak Permintaan Habib Rizieq Hadirkan Saksi Online
Hakim menolak memenenuhi permintaan Kuasa Hukum Habib Rizieq untuk menghadirkan ahli hukum pidana via Zoom.
Sassha Carissa Diduga Muncikari Prostitusi Online Tania Ayu
Polisi melakukan pemeriksaan pada artis Sassha Carissa atas dugaan sebagai muncikari dalam kasus prostitusi online artis.
Deretan 10 Gubernur Terpopuler di Media Online Selama 2020
Anies Baswedan menduduki posisi pertama sebagai gubernur paling banyak masuk berita media online sepanjang tahun 2020. Kedua, Ridwan Kamil.
0
Waspada Stres, 8 Penyebab Rambut Rontok pada Remaja
Rambut rontok pada remaja bisa juga dikarenakan stres. Ini 8 penyebab rambut rontok parah pada remaja, diantaranya: