5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Berolahraga

Tak sedikit orang melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badan tapi malas melakukan olahraga
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta – Bentuk tubuh dan berat badan ideal pasti didambakan oleh setiap orang. Sebab, hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan dan kepercayaan diri seseorang. Tak sedikit orang yang melakukan program diet ketat untuk menurunkan berat badan demi mendapatkan bentuk tubuh yang diimpikan.

Namun, terkadang orang juga malas melakukan olahraga, padahal melakukan program diet harus diimbangi dengan berolahraga. Lalu, apakah bisa menurunkan berat badan tanpa harus berolahraga? Tentu saja bisa, berikut lima cara menurunkan berat badan tanpa berolahraga.


1. Banyak minum air putih

Minum air putih dapat mempercepat metabolisme Anda, yang bertugas mengatur pembakaran kalori. Sementara itu, minum air putih juga dapat membantu membuang cairan dan racun yang tertahan dari tubuh Anda.

Itulah alasan mengapa minum banyak air putih menjadi hal utama untuk membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan dengan lebih mudah.


2. Perbanyak makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat akan memberikan efek kenyang lebih lama dibandingkan makanan tanpa serat. Dengan begitu, maka keinginan untuk terus menambah porsi makanan juga akan berkurang.

Salah satu makanan tinggi serat yang bisa Anda pilih untuk memulai hari adalah gandum. Selain tinggi serat, gandum juga kaya akan nutrisi.


3. Atur porsi makan

Sebuah penelitian di International Journal of Obesity menjelaskan bahwa makan menggunakan piring yang lebih kecil dari biasanya dapat mendorong Anda untuk mengurangi porsi makan. Dengan begitu, maka secara tidak langsung penggunaan piring yang lebih kecil untuk makan juga dapat menekan konsumsi kalori berlebihan bagi tubuh.


4. Buah sebagai camilan

Anda bisa tetap ngemil walaupun sedang menjalankan program menurunkan berat badan. Caranya, gantilah cemilan Anda dengan buah-buahan ataupun jus buah. Selain lebih sehat, buah juga membantu memenuhi asupan diet Anda.


5. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk mencapai tujuan Anda menurunkan berat badan. Jika tidur tidak cukup, dapat mengubah sistem saraf Anda dan meningkatkan nafsu makan Anda karena kekurangan energi.

Di sisi lain, jika Anda tidur terlalu banyak, Anda dapat memperlambat metabolisme, membakar lebih sedikit kalori, dan Anda akan lebih mudah merasa lelah. []

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga

Berita terkait
Jenis Diet Terbaik untuk Pria yang Sedang Menurunkan Berat Badan
Strategi penurunan berat badan yang paling efektif untuk pria melibatkan modifikasi pola makan di samping peningkatan aktivitas fisik.
Mengenal Diet Atkins yang Ampuh Menurunkan Berat Badan
Diet atkins menganggap mengurangi karbohidrat akan membuat proses pembakaran lemak lebih efektif.
Beberapa Jenis Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan
Kita harus memilih jenis diet dengan pola yang sesuai dengan kebutuhan sekaligus menjaga kesehatan tubuh.
0
Elon Musk Sebut Pabrik Mobil Baru Tesla Rugi Miliaran Dolar
Pabrik mobil baru Tesla di Texas dan Berlin alami "kerugian miliaran dolar" di saat dua pabrik kesulitan untuk meningkatkan jumlah produksi