5 Cara Mengurangi Kerutan di Bibir

Selama bertahun-tahun, kerutan bibir ini bisa bertambah jika kamu tidak mengatasinya dengan cara yang efektif.
Menggunakan pelembab bibir (Foto: Tagar/Pexels/Burst)

Jakarta - Bibir memainkan peran penting untuk mengekspresikan kepribadian seseorang. Bibir yang lembut dan halus menunjukkan keindahan wajahmu. Kulit bibir sangat tipis dan sensitif sehingga dapat dengan mudah dipengaruhi beberapa faktor, seperti matahari, angin, atau lipstik. Bibir yang tidak sehat mempunyai kerutan vertikal yang berupa garis halus.

Kerutan pada bibir menjadi salah satu masalah yang paling dikhawatirkan perempuan, terutama saat cuaca dingin. Selama bertahun-tahun, kerutan bibir ini bisa bertambah jika kamu tidak mengatasinya dengan cara yang efektif. 

Ada beberapa penyebab umum yang menjadi penyebab bibir keriput, seperti genetika, paparan sinar matahari, usia, dan merokok. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kerutan di bibir.


Hidrasi dengan Hyaluronic Acid

Kamu bisa menggunakan produk perawatan bibir yang mengandung hyaluronic acid. Hyaluronic acid menjaga kelembaban bibir.


Melindungi dari Sinar Matahari

Pastikan kamu menggunakan sunscreen dengan SPF lebih tinggi untuk menjaga kulitmu terlindungi dari paparan sinar matahari. Jangan lupa untuk memakainya kembali setiap dua atau tiga jam sekali. Saat ini sudah bermunculan perawatan bibir yang ada SPF, misalnya lip blam ber-SPF.


Eksfoliasi Bibir

Eksfoliasi menghilangkan lapisan sel-sel kulit mati dan membantu kulit terlihat lebih cerah. Cobalah lakukan eksfoliasi setidaknya dua kali seminggu dengan eksfoliator bibir yang lembut, seperti lip scrub. Jika ingin menggunakan bahan alami, kamu bisa menggunakan madu dan gula.


Lembut pada Kulit

Kulit bisa mengalami dehidrasi, jadi pastikan kamu memberikannya pelembab yang sering. Saat mencuci wajah, pastikan untuk tidak menggosoknya secara intens. Gunakan gerakan melingkar ringan. Jangan lupa menggunakan pembersih wajah yang lembut untuk menghindari kering pada kulit.


Ubah Kebiasaan

Beberapa penelitian menunjukkan kebiasaan seseorang bisa membuat efektivitasa pada proses pembentukan kerutan di bibir. Jadi, mengubah pola hidup mejadi sehat juga merupakan cara yang bagus untuk mengurangi kerutan di bibir.

Hal pertama yang dilakukan adalah harus berhenti merokok. Merokok menjadi salah satu penyebab bibir gelap dan keriput. Selanjutnya, kamu harus menjaga tubuh tetap hidrasi dengan baik. 

Jika kesehatan dan perasaanmu baik, kulitmu, termasuk kulit bibir akan jauh lebih sehat dan indah. Ketiga, ingatlah untuk minum air dengan cukup. Air akan membantumu untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bibir yang indah.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kerutan di bibir. Ikuti semua langkah sederhana ini dan kamu akan melihat bibirmu kembali indah.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Bibir Hitam? Intip Tips Memerahkan Bibir Tanpa Lipstick
Bibir hitam dapat dipicu oleh hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi yang disebabkan terlalu banyak melanin yang ada di kulit bibir.
Cara Alami Membuat Bibir Lembut dan Merah Merona
Setiap perempuan ingin bibirnya terasa lembut, penuh, dan tampak merah merona. Berikut cara alami yang dapat membuat itu semua jadi kenyataan.
Cara Memilih Warna Lipstik untuk Bibir Gelap
Memakai lipstik tidak bisa terlepas dari perempuan pasalnya tak perlu make up asalkan pakai lipstik. Berikut cara memilih lipstik bagi bibir gelap.
0
5 Cara Mengurangi Kerutan di Bibir
Selama bertahun-tahun, kerutan bibir ini bisa bertambah jika kamu tidak mengatasinya dengan cara yang efektif.