5 Cara Mengisi Metabolisme Tubuh

Metabolisme ini nanti mengelola, mencerna, dan menyerap makanan yang dikonsumsi menjadi energi.
Makanan yang sehat (Foto: Tagar/Pexels/ Ella Olsson)

Jakarta - Kita merasa perlu untuk mengisi dan mengatur ulang metabolisme. Apakah itu setelah liburan panjang, waktu yang sangat sibuk, atau sedang stres. Metabolisme mengacu pada seluruh reaksi kimia dalam tubuh yang menjaga organisme tetap hidup. Metabolisme ini nanti mengelola, mencerna, dan menyerap makanan yang dikonsumsi menjadi energi.

Setiap biokimia setiap orang berbeda. Proses metabolisme beberapa orang bekerja semakin cepat daripada yang lain karena faktor genetik. Namun, kamu juga bisa merusak metabolisme karena diet yang tak sehat dan perubahan gaya hidup.

Kamu mungkin pernah mengalami kesulitan menurunkan berat badan. Hal ini terjadi karena metabolisme yang tidak seimbang. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengisi metabolisme.


Air Lemon Hangat

Minum air lemon hangat setelah bangun tidur di pagi hari adalah salah satu cara yang luar biasa untuk memulai hari. Pertama, minum air hangat saat perut kosong bisa menghidrasi dan lemon membantu untuk memulai pencernaan. Hidrasi di pagi hari sangat penting karena semalaman mengalami dehidrasi. Lemon adalah sumber antioksidan dan vitamin V yang bagus untuk tubuh.


Makanan Berserat

Serat sangat penting untuk menjaga pencernaan dan keseimbangan gula darah. Menggabungkan lebih banyak serat bisa membuatmu merasa kenyang. Serat terbaik adalah yang terdapat dari buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, seperti gandum. Cobalah untuk memasukkan makanan berserat setiap kali kamu makan.


Tingkatkan Metabolisme Setiap 3 Jam

Salah satu cara terbaik untuk menjaga metabolisme bekerja adalah makan makanan kecil setiap tiga jam. Setiap piring harus memiliki tiga kandungan, protein, karbohidrat atau lemak, dan sayuran. Tindakan sederhana ini bisa merangsang metabolisme dengan memicu pencernaan. Setiap kali tubuh mencerna makanan bisa meningkatkan metabolisme.


Tidur yang Cukup

Kamu mungkin pernah mendengar berkali-kali betapa pentingnya tidur bagi kesehatan. Namun, juga sangat penting untuk menjaga metabolisme yang sehat. Tidak peduli berapa kali kamu berolahraga, cobalah untuk melakukan detoksifikasi. Olahraga tidak akan membantu jika kamu tidak tidur. Luangkan waktu untuk benar-benar tidur dengana baik. Setidaknya kamu bisa tidur 7-8 jam tanpa gangguan.


Fokus pada Hal Positif

Cara ini sangat bagus untuk meningkatkan emosional dan menemukan keseimbangan dalam tubuh. Berfokus pada hal positif dan menghindari bicara yang negatif pada diri sendiri adalah kunci untuk merasa seimbang dan bersemangat.

Tubuh kita mendengar kata-kata yang diucapkan, pikiran yang kita miliki, dan apa yang kita rasakan. Oleh sebab itu, hidup kita mencerminkannya. Saat kamu fokus pada pengaturan ulang tubuh, luangkan waktu setiap hari untuk mengatur ulang keadaan mental dan energimu. Pikiran, emosi, tindakan, dan pilihan kita menjadi realitas pribadi kita.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengisi ulang metabolisme. Jika ingin melihat perubahan nyata pada metabolisme, kamu harus berkomitmen untuk gaya hidup sehat.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Inilah Makanan yang Sebaiknya tak Dipesan Saat di Pesawat
Jadi, makanan apa yang sebaiknya disantap di pesawat?
Lagi Musim! Inilah 6 Manfaat Jeruk Mandarin Bagi Kesehatan
Jeruk mandarin dapat menjadi sumber alami berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaatnya.
7 Manfaat Mengkonsumsi Telur bagi Kesehatan
Mengonsumsi telur akan memberikan tubuh Anda asupan energi, protein, serta vitamin yang diperlukan untuk beraktivitas. Inilah manfaatnya.
0
5 Cara Mengisi Metabolisme Tubuh
Metabolisme ini nanti mengelola, mencerna, dan menyerap makanan yang dikonsumsi menjadi energi.