5 Cara Menghilangkan Milia dengan Bahan Alami di Rumah!

Bintik susu atau dikenal dengan milia putih kecil yang muncul di hidung dagu, pipi atau milia di kelopak mata seseorang. Ini cara menghilangkannya.
Iustrasi - Milia pada wajah. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta – Bintik susu atau dikenal dengan milia putih kecil yang muncul di hidung, dagu, pipi atau milia di kelopak mata seseorang. Milia umum terjadi pada bayi dan bisa terjadi pada orang segala usia. Milia terjadi ketika keratin terperangkap di bawah permukaan kulit.

Keratin adalah protein kuat yang biasanya ditemukan di jaringan kulit, rambut, dan sel kuku. Masalah kulit satu ini tidak seperti halnya jerawat yang dapat membuat sebagian area kulit mengalami kemerahan atau radang.

Milia umum dialami oleh bayi yang baru lahir. Namun, anak-anak hingga orang dewasa juga memungkinkan terkena milia. Meski tak berbahaya, bintik susu ini bisa sangat mengganggu.

Dengan dirumah saja kita bisa menghilangkan milia dengan bahan-bahan yang dapat mudah ditemukan. Berikut 5 bahan alami ini bisa anda gunakan untuk menghilangkan milia yang cukup mengganggu penampilan.


1. Masker lidah buaya

Cara menghilangkan milia di wajah dengan lidah buaya bisa dengan mengambil gelnya. Setelah itu, oleskan gel pada area yang terdapat milia. Biarkan gel tersebut meresap ke dalam kulit.

Jika tak mau repot mengupas daun lidah buaya, anda bisa memakai produk kecantikan yang mengandung ekstrak lidah buaya. Rupanya lidah buaya memiliki kandungan anti oksidan, penenang dan penyembuh serta anti peradangan kulit. Langkah ini bisa anda gunakan sebagai cara menghilangkan milia di bawah mata.


2. Gula Pasir

Gula pasir untuk menghilangkan milia berperan sebagai exfoliator yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan milia. Bahan-bahan yang diperlukan selain gula pasir yaitu, air lemon dan minyak zaitun.


3. Menyemprotkan air mawar

Air mawar juga menjadi cara menghilangkan milia dengan bahan alami. Air mawar adalah air demineral (tanpa mineral) berasal dari minyak mawar yang bisa mencegah peradangan.

Anda bisa menyemprotkan air mawar ke area wajah yang terdapat bintik-bintik kecil milia, sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Akan tetapi, berhati-hatilah saat Anda menyemprotkannya pada area wajah. Sebab, air mawar dapat berisiko mengiritasi mata.


4. Tomat

Tak hanya lezat untuk dikonsumsi, anda juga bisa menggunakan jus tomat yang mana sangat efektif untuk mengobati bintik susu.

Caranya sangat mudah, iris tomat menjadi dua bagian dan peras airnya. Gunakan potongan tomat untuk digosokkan lembut di area bintik susu muncul. Biarkan selama 20 menit di wajah, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan 2 minggu sekali untuk mendapatkan hasil optimal.


5. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan asam sitrat. Kedua kandungan ini mampu mengatasi milia. Kandungan ini tak hanya mengelupas sel kulit mati, lemon juga dapat mencerahkan kulit agar menyingkirkan milia beserta bekasnya.

Caranya, Anda peras buah lemon, oleskan pada area wajah dengan kapas lalu diamkan selama 20 menit lalu. Ulangi perawatan setiap hari pada malam hari sebelum tidur.

(Emilya Rahmawati)



Berita terkait
Cara Penggunaan Gua Sha untuk Mengurangi Bengkak pada Wajah
Gua Sha dapat membantu tubuh kita mengedarkan darah lebih efektif yang dapat mengurangi peradangan dan ketegangan pada otot.
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Di Kulit Wajah
Memang jerawat cepat hilang tetapi bekas jerawat akan terus berada di kulit lebih lama dibanding jerawat itu sendiri.
Cara Merawat Wajah Agar Tetap Sehat dan Bercahaya
Selain menjaga imun tubuh, kesehatan fisik lainnya seperti kulit tubuh dan wajah juga tentunya perlu diperhatikan. Berikut cara merawat wajah.
0
5 Cara Menghilangkan Milia dengan Bahan Alami di Rumah!
Bintik susu atau dikenal dengan milia putih kecil yang muncul di hidung dagu, pipi atau milia di kelopak mata seseorang. Ini cara menghilangkannya.