5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya

Gel bening di dalam daun lidah buaya dapat digunakan untuk meringankan kulit yang terbakar atau iritasi, salah satunya jerawat.
Lidah buaya. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta – Lidah buaya adalah spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal yang termasuk ke dalam keluarga tanaman sukulen. Gel bening di dalam daun lidah buaya dapat digunakan untuk meringankan kulit yang terbakar atau iritasi. Lidah buaya juga efektif digunakan untuk menghilangkan jerawat. Hal itu disebabkan oleh senyawa antibakteri pada lidah buaya seperti saponin, tannin dan flavonoid. Dilansir dari Healthline, berikut cara gunakan lidah buaya untuk hilangkan jerawat.


1. Masker lidah buaya, madu dan kayu manis

Berdasarkan studi lidah buaya, madu dan kayu manis memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengontrol dan mengurangi bakteri penyebab jerawat. Dengan menggabungkan ketiganya sebagai masker dipercaya mampu membuat kulit wajah mulus dan bebas jerawat.

Untuk membuat masker ini campur dua sendok makan madu, satu sendok makan lidah buaya dan 1/4 sendok teh bubuk kayu manis. Setelah itu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas.


2. Masker lidah buaya dan lemon

Masker ini mampu membersihkan pori-pori dan membunuh bakteri penyebab jerawat pada wajah. Studi menunjukkan kandungan asam pada lemon adalah pembersih yang efektif untuk mengobati jerawat. Namun, kandungan asam tersebut cukup tinggi sehingga membutuhkan lidah buaya untuk meringankan asam tersebut.

Membuat masker ini cukup mudah, cukup campurkan dua sendok makan lidah buaya dan 1/4 sendok teh perasan lemon. Oleskan ke bagian yang berjerawat, kemudian biarkan hingga 10 menit, setelah itu bilas.


3. Scrub lidah buaya, gula dan minyak kelapa

Menggabungkan lidah buaya, minyak kelapa dan gula merupakan cara alami untuk menghilangkan jerawat. Cara ini ampuh menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Sebab, gula berperan untuk menyingkirkan sel kulit mati, kemudian membuka jalan bagi lidah buaya untuk menembus kulit. Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri yang berfungsi sebagai emolien alami. Asam yang terkandung dalam minyak kelapa terbukti ampuh untuk pengobatan jerawat.

Cara membuatnya campurkan 1/2 cangkir minyak kelapa ke dalam 1/2 cangkir gula, kemudian tuang 1/4 cangkir gel lidah buaya murni yang telah disimpan di lemari es. Untuk menggunakannya, oleskan perlahan ke wajah dan hindari area mata. Kemudian bilas dengan air setelah beberapa menit.


4. Lidah buaya dan minyak tea tree sebagai pembersih wajah

Minyak tea tree terbukti mengandung antibakteri yang dapat mengatasi jerawat. Namun, minyak tea tree cukup terlalu keras untuk kulit sebagian orang. Oleh karena itu perlu dicampurkan dengan lidah buaya.

Untuk membuatnya pembersih wajah ini cukup sediakan lidah buaya sebagai bahan dasar, kemudian tambahkan air, lalu beri dua hingga tiga tetes minyak tea tree. Setelah itu oleskan ke wajah dan diamkan selama satu menit. Jika sudah, bilas dengan air dan tepuk-tepuk wajah hingga kering.


5. Lidah buaya murni

Gel lidah buaya bersifat anti-inflamasi, antibakteri dan antioksidan. Oleh karena itu, lidah buaya baik digunakan untuk wajah yang berjerawat. Penggunaan lidah buaya murni dapat dilakukan secara rutin sebelum tidur, tetapi pastikan wajah dalam kondisi bersih. Untuk Penerapannya cukup oleskan gel lidah buaya murni pada seluruh area wajah, kemudian bilas dengan air setelah beberapa menit.

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga :



Berita terkait
Cara Aplikasikan Lidah Buaya untuk Wajah
Di samping ragam manfaat lidah buaya, ternyata masih banyak orang-orang yang kurang tahu cara menggunakannya. Berikut cara mengaplikasikannya.
10 Manfaat Lidah Buaya yang Wajib Kamu Ketahui
lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan, simak ulasan berikut untuk mengetahui beragam manfaat lainnya.
Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Ibu Menyusui
Lidah buaya kerap kali dimanfaatkan oleh kaum hawa untuk menjaga kesehatan rambut, kulit wajah hingga puting payudara pada ibu menyusui.
0
5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya
Gel bening di dalam daun lidah buaya dapat digunakan untuk meringankan kulit yang terbakar atau iritasi, salah satunya jerawat.