5 Cara Mengelola Kartu Kredit Lebih dari Satu

Jika kamu terlalu asyik menggunakan kartu kredit dan bahkan melebihi dari limit, kamu akan merasakan sulitnya membayar tagihan.
Kartu kredit (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Bagi kamu yang ingin efisien, efektif, dan ingin mendapatkan promo menarik, kartu kredit adalah jawabannya. Ketika menggunakan kartu kredit, kamu tidak perlu membawa uang tunai karena membayaran sangat cepat dan mudah.

Namun jika tidak cermat dalam menggunakan kartu kredit akan menimbulkan bahaya yang merugikan dirimu sendiri, terlebih ketika kamu mempunyai lebih dari satu kartu kredit. 

Jika kamu terlalu asyik menggunakan kartu kredit dan bahkan melebihi dari limit, kamu akan merasakan sulitnya membayar tagihan.

Berikut adalah cara mengelola kartu kredit lebih dari satu.


1. Tujuan Punya Kartu Kredit

Memiliki tujuan sebelum menggunakan atau melakukan sesuatu memanglah sangat penting, tak terkecuali dengan kartu kredit. Jika kamu hanya bertujuan untuk memenuhi nafsu belanja saja, sebaiknya pertimbangkan lagi. 

Karena kartu kredit bukanlah hal yang sepele, kamu harus mempunyai tujuan yang jelas. Seperti kartu kredit 1 untuk kebutuhan pokok, kartu kredit 2 sebagai cadangan


2. Tahan Godaan dari Point Rewards

Banyak orang yang tidak tahan akan godaan point rewards. Hal ini malah akanmembuat tunggakan cicilanmu membengkak dan sulit membayar, terlebih jika tujuanmu memiliki kartu kredit karena point rewards saja. aPsalnya, mendapatkan point rewards berarti kamu perlu berbelanja menggunakan kartu kredit sebanyak-banyaknya.


3. Tentukan Pos Pengeluaran dan Bujet

Sebelum menggunakan kartu kredit, kamu harus menghitung dan memastikan berapa pengeluaran dan penghasilanmu tiap bulan. Pengeluaran yang dimaksud dapat berupa cicilan, makan, hingga uang cadangan.

Silakan kurangi dari pendapatan yang kamu terima. Hitung sisanya, lalu sisanya itulah yang bisa kamu gunakan untuk bujet kartu kredit. Kamu juga harus memastikan penggunaannya tidak lebih dari nominal tersebut.


4. Waspada Pengeluaran Melebihi Penghasilan

Ketika kamu berbelanja dan menggesek kartu kredit, rasanya sangat menyenangkan. Namun jika sudah keluar tagihan yang harus dibayarkan, akan merasa tidak menyenangkan. Oleh sebab itu perlu berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit. Prioritaskan lah kebutuhan utama terlebih dahulu dibandingkan keinginan yang bisa dibeli dilain waktu.


5. Hati-hati over limit

Kartu kredit memiliki limit, biasanya sebesar 3 kali gaji dalam sebulan. Namun jika kamu mempunyai 2 kartu kredit, maka limitnya dapat 6 kali gaji sebulan. Cicilan kartu kreditpun tidak bisa lebih dari 30% dari gaji kamu dalam sebulan. Oleh sebab itu, hindarilah over limit dalam penggunaan kartu kredit.[]


(Rafi Fairuz)


Baca Juga:

Berita terkait
5 Alasan Mengapa Anda Harus Menghindari Penggunaan Kartu Kredit
Kerugian utama menggunakan kredit ketika Anda tidak memiliki uang tunai adalah bunga yang berbiaya tinggi
Erick Buka Suara Soal Kartu Kredit yang Dibongkar Ahok
Menurut Menteri BUMN Erick Thohir bahwa sah-sah saja Ahok mengawasi kinerja direksi lantaran dirinya seorang komisaris apalagi soal kartu kredit.
Sindikat Peretas Kartu Kredit Dibekuk Polisi
Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur, berhasil meringkus komplotan peretas kartu kredit atau yang kerap disebut dengan carding.
0
5 Cara Mengelola Kartu Kredit Lebih dari Satu
Jika kamu terlalu asyik menggunakan kartu kredit dan bahkan melebihi dari limit, kamu akan merasakan sulitnya membayar tagihan.