5 Cara Menabung dan Berinvestasi Uang dengan Bijak

Tetapi, membangun strategi invetasi biasanya bergantung pada prinsip-prinsip dasar yang sama dan membutuhkan kebiasaan keuangan yang baik.
Investasi (Foto: Tagar/Freepik/our-team)

Jakarta - Berinvestasi dengan uang menjadi salah satu cara terbaik untuk membangun kekayaan dan menabung untuk tujuan masa depan. Karena tujuan dan preferensi orang berbeda, cara mereka berinvestasi pun berbeda dan bervariasi. 

Tetapi, membangun strategi invetasi biasanya bergantung pada prinsip-prinsip dasar yang sama dan membutuhkan kebiasaan keuangan yang baik.

Pelajari cara menginvestasikan uang dengan bijak untuk memenuhi tujuanmu. Di bawah ini ada lima cara yang bisa digunakan untuk berinvestasi dengan bijak:


Tetapkan Tujuan dan Mulai Berinvestasi

Langkah pertama dari setiap investasi adalah menetapkan tujuan. Anggap saja seperti sebuah perjalanan. Tujuanmu adalah untuk sampai ke tempat terakhirmu dan rencana investasi sebagai rute perjalanan yang akan diambil untuk sampai ke sana.

Banyak orang mulai berinvestasi sebagai cara menabung untuk masa pensiun. Tetapi, kamu juga bisa berinvestasi untuk tujuan besar lainnya, seperti biaya pendidikan anak atau biaya kesehatan untuk masa depan.


Mengelola Tingkat Risiko

Sebelumnya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis investasi. Setiap kali berinvestasi, kamu mengambil tingkat risiko tertentu. Saat mulai berinvestasi, pastikan kamu memahami risiko setiap jenis investasi. Kemudian pelajari cara mengatur portofolio dengan cara mengurangi risiko.

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan ketika memilih alokasi asetmu adalah seberapa bersedia kamu kehilangan uang dengan return yang lebih besar. Dalam kebanyakan kasus, ada korelasi antara risiko dan return investasi. Semakin tinggi risikonya, semakin besar return yang diperoleh. Investasi berisiko rendah cenderung memiliki return yang lebih kecil.


Manfaatkan Penggabungan

Ada frasa investasi umum yang mengatakan, “Time in the market beats timing the market.” Dengan kata lain, kamu lebih konsisten menempatkan uang di pasar dan membiarkannya tumbuh atau mencoba waktu pasar untuk return yang lebih besar. Alasan waktu di pasar membuat perbedaan besar karena return yang didapatkan bertambah.


Minimalkan Pajak dan Biaya

Semakin banyak investasi yang digunakan untuk pajak dan biaya, semakin sedikit yang bisa kamu dapatkan. Biaya investasi pertama yang harus diwaspadai adalah pajak. Pajak tidak dapat dihindari. Salah satu cara terbaik untuk meminimalkan biaya pajak adalah berinvestasi di akun yang diuntungkan pajak.

Jenis biaya lain yang harus diperhatikan adalah biaya yang dibayar untuk diinvestasikan. Biaya umum termasuk biaya penasihat keuangan. Untungnya, mudah untuk mengurangi biaya ini. Banyak orang memilih aplikasi trading saham untuk mengelola investasi mereka. Ini cenderung mengeluarkan biaya yang lebih rendah daripadda penasihat keuangan.


Periksa Uangmu

Sangat penting untuk meninjau apa yang dimiliki secara teratur untuk memeriksa kinerja, menyesuaikan strategi untuk tujuanmu, dan menyeimbangkan kembali sesuai kebutuhan.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Melangkah ke Jenjang Pernikahan? Ikuti 5 Tips Menabung Ini
Mengingat betapa sakral dan berharganya pesta pernikahan, banyak orang yang rela habis-habisan untuk urusan biaya.
3 Trik Rahasia Menabung dengan Anggaran Ketat
Kamu bisa menikmati masa pensiun dengan nyaman, membeli rumah baru, atau siap menghadapi keadaan darurat.
Menabung dan Berinvestasi Uang, Apa Bedanya?
Menabung dan berinvestasi tetap diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan. Dengan mempelajari tips membantumu mengelola uang dengan disiplin.
0
5 Cara Menabung dan Berinvestasi Uang dengan Bijak
Tetapi, membangun strategi invetasi biasanya bergantung pada prinsip-prinsip dasar yang sama dan membutuhkan kebiasaan keuangan yang baik.