UNTUK INDONESIA
5 Cara Memulai Olahraga Bagi Penderita Diabetes, Jangan Gegabah
Kunci menjalankan gaya hidup sehat menangani penyakit diabetes terdapat pada rutinitas olahraga.
Ilustrasi olahraga jalan kaki. (Foto: Helatline)

Jakarta - Kunci menjalankan gaya hidup sehat menangani penyakit diabetes terdapat pada rutinitas olahraga. Aktivitas fisik bisa membantu penderita diabetes mengendalikan glukosa darah yang sekaligus menurunkan risiko komplikasi seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, dan risiko penyakit jantung.

Menurut American Diabetes Association (ADA), penderita diabetes harus melakukan olahraga sekitar 150 menit dalam satu seminggu. Durasi waktu itu termasuk latihan aerobik dengan 2-3 sesi latihan ketahanan.

Ketika menjalani olahraga, tidak harus mengunjungi gym. Penderita diabetes dapat memilih latihan fisik sesuai dengan rutinitas dan kenyamanan masing-masing.

Bingung memilih latihan fisik yang dijalani, berikut Tagar berikan tips olahraga sederhana untuk penderita diabetes:

1. Pelan tapi pasti

Karena Anda jarang berolahraga maka coba mulai dengan aktivitas fisik sederhana sekitar 10-15 menit. Di hari lain, Anda bisa melakukannya sekitar 30-45 menit sekali berolahraga. Selama beberapa minggu ke depan, secara perlahan tambah durasi Anda berolahraga.

Jangan gegabah dengan mencoba melakukan latihan berat ketika Anda baru memulai rutinitas olahraga setelah telah lama tidak melakukannya.

OlahragaIlustrasi olahraga bareng anak. (Foto: Freepik)

2. Pakai Pedometer

Pedometer adalah perangkat elektronik portabel yang menghitung jarak tempuh Anda saat berjalan atau jogging. Pedometer dapat membantu memberikan gambaran tentang aktivitas fisik Anda dan juga akan menjadi motivasi nyata untuk jadwal latihan ke depannya.

LariIlustrasi lari (Foto: Pexels)

3. Catat langkah pencegahan

Mengetahui langkah pencegahan saat menjalani olahraga sangat penting, tidak peduli Anda penderita diabetes atau bukan. Ini bisa membantu Anda mendapatkan hasil lebih baik dan mencegah munculnya komplikasi.

Beberapa metode pencegahan termasuk menghindari olahraga setelah minum obat, periksa kadar glukosa sebelum berolahraga, dan beri tahu keluarga atau dokter pribadi tentang kondisi terkini kesehatan Anda.

Post itIlustrasi catatan dalam post-it. (Foto: Tagar/Pexels/Breakingpic)

4. Jadikan rutinitas

Tidak peduli seberapa keras Anda berolahraga. Melakukan olahraga cuma sesekali tidak akan memberikan efek baik dalam jangka panjang. Maka dari itu tentukan waktu untuk rutin berolahraga setiap hari sesuai dengan kesibukan Anda. Bagi penderita diabetes, hal ini penting.

CFDWarga berolahraga saat hari bebas berkendara atau Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Minggu, 21 Juni 2020. Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta memisahkan jalur untuk pesepeda, olahraga lari, dan jalan kaki saat CFD pertama pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. (Foto: Antara/Pradipta)

5. Berjalan efektif

Para ahli sangat merekomendasikan jalan kaki sebagai aktivitas fisik terbaik untuk mengendalikan penyakit diabetes. Jalan kaki berkontribusi banyak untuk kesehatan dengan cara membakar kalori, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi berat badan. Itu sangat penting dalam rangka menjalankan gaya hidup sehat untuk menangani penyakit diabetes.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa berjalan kaki selama 30 menit setiap hari membantu mengurangi faktor risiko diabetes hingga sekitar 50 persen.

Selain berjalan, Anda juga bisa mencoba jenis olahraga lain untuk menanggulangi diabetes, seperti jalan cepat, berenang, jogging, dansa aerobik, dan yoga. Kesemuanya dapat memberikan efek sehat dalam jangka panjang. Namun, selain berjalan, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Berita terkait
5 Langkah Sederhana Cegah Sakit Liver, Ampuh Asal Disiplin Ya!
Ada 5 langkah sederhana mencegah gangguan pada liver atau hati, tetapi sebaiknya disiplin menjalaninya ya.
Cara Mendeteksi Kanker Payudara pada Pria, Jangan Terlambat
Semua orang dapat mendeteksi sejak dini kanker payudara pada pria, bagaimana caranya?
Asupan Baik dan Buruk Dikosumsi Bareng Obat Antibiotik
Ada sejumlah asupan yang layak dan buruk dikonsumsi bersamaan dengan obat antibiotik.
0
5 Cara Memulai Olahraga Bagi Penderita Diabetes, Jangan Gegabah
Kunci menjalankan gaya hidup sehat menangani penyakit diabetes terdapat pada rutinitas olahraga.