Vokasi Kemdikbud

5 Cara Membuat Rumah Ramah Lingkungan

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat rumah lebih ramah lingkungan dan menyenangkan untuk ditempati sndiri maupun bersama keluarga.
Ilustrasi - Rumah ramah lingkungan. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat rumah lebih ramah lingkungan, hijau dan lebih menyenangkan saat melihatnya.

Rumah yang terlihat hijau, bersih, dan rapi membuat siapa saja tertarik untuk mengunjunginya, untuk mendapatkan hal itu Anda bisa melibatkan anggota keluarga untuk memulai kebiasaan peduli lingkungan, terutama anak-anak.

Melibatkan anak-anak dalam kebiasaan ini sejak usia muda kelak membantu mereka tumbuh dan sadar untuk peduli pada lingkungan.

Berikut Tagar merangkum dari beberapa sumber soal cara praktis membuat rumah lebih ramah lingkungan.


1, Gunakan alternatif ramah lingkungan untuk kantong plastik

Cobalah secara sadar beralih ke tas kain yang lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali atau tas daur ulang buatan Anda sendiri.


2, Bijaksana saat menggunakan air

Mengurangi penggunaan air di rumah adalah salah satu cara termudah untuk menjaga kesediaan sumber daya yang berharga ini.

Beberapa cara membantu mengurangi jumlah keseluruhan air yang dikonsumsi di rumah, di antaranya seperti:

  • Mandi sebentar
  • Segera perbaiki keran yang bocor alih-alih membiarkannya menetes selama berhari-hari
  • Mematikan keran saat menyikat gigi
  • Menampung kelebihan air yang mengalir dari bak cuci piring untuk digunakan kembali dalam menyiram tanaman.


3. Beralih ke pencahayaan LED

Meskipun lampu LED ramah lingkungan lebih mahal daripada lampu neon dan pijar biasa, tapi sebenarnya lampu ini menjadi jauh lebih hemat biaya dalam jangka panjang.

Selain bebas racun, bohlam LED hemat energi terbukti hingga 80 persen lebih hemat energi daripada bohlam tradisional, memancarkan sedikit panas, dan bertahan hingga 10 kali lebih lama daripada pencahayaan konvensional, meminimalkan jumlah kali Anda perlu mengganti bola lampu.

Tidak peduli seberapa menggoda lampu pijar, lampu LED adalah alternatif yang lebih baik. Selain bertahan lebih lama dan ramah lingkungan, ini juga membantu Anda menghemat uang dalam jangka panjang.


4. Cabut stopkontak jika tidak digunakan

Sebelum berpergian, pastikan untuk mencabut perangkat Anda dari stopkontak, agar dapat menghemat listrik saat perangkat listrik sedang tidak digunakan. Gunakan cahaya alami selama mungkin lalu matikan lampu saat Anda keluar ruangan.


5. Gunakan produk buatan sendiri untuk membersihkan rumah

Produk pembersih, terutama deterjen dan bahan pembusa, biasanya mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan parah pada planet dan keanekaragaman hayatinya.

Meskipun produk pembersih ramah lingkungan lebih mahal daripada pilihan biasa, beralih ke produk alami yang mengandung bahan yang tumbuh secara berkelanjutan dan non-sintetis tidak membahayakan lingkungan saat dikeluarkan kembali, dan sama efektifnya dengan pembersih biasa.

Atau pilih pembersih buatan sendiri yang sederhana dan murah seperti mencampurkan cuka, soda kue, dan jus lemon untuk pembersih serbaguna.

Nah, Anda bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar rumah Anda tampak lebih ramah lingkunga. []

Berita terkait
Menparekraf: Pelepah Pinang, Pengganti Styrofoam Ramah Lingkungan
Menparekraf Menampilkan produk kreatif kemasan makanan berbahan dasar pelepah pinang sebagai salah satu solusi terhadap isu global yaitu sampah.
1 Miliar Dolar AS Untuk Dana Teknologi Ramah Lingkungan
Uni Eropa dan Bill Gates janjikan tambahan 1 miliar dolar AS untuk mewujudkan teknologi ramah lingkungan di Eropa
Listrik Terbangkan Pesawat Terbang Ramah Lingkungan
Di masa depan, pesawat listrik bisa jadi alternatif ramah lingkungan untuk perjalanan udara menggantikan pesawat konvensional dengan emisi CO2
0
5 Cara Membuat Rumah Ramah Lingkungan
Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat rumah lebih ramah lingkungan dan menyenangkan untuk ditempati sndiri maupun bersama keluarga.