5 Cara Membuat Invoice Untuk Pemilik Bisnis

Walaupun asal mulanya invoice diberikan untuk transaksi dalam bentuk kredit, tapi sekarang sudah sering digunakan untuk beragam jenis transaksi.
Invoice (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Invoice adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh Penjual sebagai bukti adanya transaksi pembelian barang atau jasa. Biasanya, di dalam sebuah invoice berisikan rincian utang pembayaran yang harus dilunasi oleh pembelinya.

Walaupun asal mulanya invoice diberikan untuk transaksi dalam bentuk kredit, tapi sekarang sudah sering digunakan untuk beragam jenis transaksi.

Sebagai pemilik bisnis, wajib mengeluarkan invoice ketika melakukan transaksi penjualan karena ke depannya dokumen ini dapat digunakan untuk penagihan utang.

Invoice bisa digunakan pembeli sebagai kuitansi yang berfungsi sebagai dokumen untuk membantu pembayaran atas pembelian barang atau penggunaan jasa yang telah dilakukan.

Invoice biasanya dibuat saat tagihan pembelian berjumlah cukup besar sehingga kuitansi sangatlah dibutuhkan agar semua barang dan jasa bisa terdokumentasi dengan baik.

Selain itu bagi pemilik bisnis, invoice digunakan sebagai rekapitulasi kegiatan akuntansi.

Tentu saja hal ini cukup penting karena perusahaan dengan bisnis kredibel memang seharusnya memiliki arsip keuangan sedetail mungkin.

Hal tersebut dilakukan supaya dokumen transaksi bisa ditemukan dengan mudah.

Setelah mengetahui dengan lengkap pengertian dari invoice dan kegunaannya, berikut adalah cara membuat invoice untuk para pemilik bisnis.


Jangan lupa cantumkan nama dan alamat pembeli

Selanjutnya, tentu saja kamu harus mencantumkan nama pembeli atau siapapun yang berkewajiban untuk melakukan pembayaran.

Adapun, nama yang dicantumkan bersamaan dengan alamat dari pembeli.

Adanya informasi ini akan membuat pembeli yang melakuan transaksi dengan kamu mengetahui kalau invoice tersebut memang ditujukan untuknya.


Informasikan dengan jelas nama dan alamat pihak penjual

Selain itu, nama dan alamat kamu sebagai perusahaan penjual juga harus dicantumkan dengan jelas.

Hal ini berguna untuk menginformasikan kepada siapa pembayaran nantinya akan diterima.


Menuliskan Judul Invoice

Cara membuat invoice yang pertama adalah menuliskan judul dari invoice.

Kamu dapat menuliskan judul dari invoice di bagian atas tengah dan dengan huruf kapital.

Contohnya “INVOICE PEMBELIAN KAIN BENANG”

Adapun, hal ini ditujukan supaya pembeli lebih mudah menyadari kalau yang kamu kirimkan adalah dokumen invoice ketika sedang mengurusi banyak dokumen.

Dengan begitu, pihak pembeli bisa mendahulukan untuk melakukan pembayaran sesuai dalam isi yang tertera dalam invoice.


Buat nomor invoice

Selanjutnya, akan lebih baik kalau kamu membuat nomor untuk invoice kamu.

Dengan demikian, akan lebih mudah ketika melakuan pengarsipan dokumen.

Kamu bisa menggunakan kode khusus yang diikuti angka berurutan untuk setiap invoice yang dikeluarkan.


Informasikan ketentuan pembayaran sesuai kesepakatan

Nah terakhir, ini juga hal penting yang harus wajib ada dalam invoice.

Kamu sebagai penjual penting untuk mengetahui dan mendapat kepastian kapan pembayaran akan dilunasi.

Umumnya, invoice memiliki jangka waktu 30 hari sejak diterbitkan yang artinya pihak pembeli harus membayar dalam batas waktu tersebut supaya tidak telat bayar dan mendapat biaya pinalti keterlambatan.


Bisanya dilabeli dengan n/30 atau Net 30.

Tetapi, kembali lagi hal tersebut tentu disesuaikan dengan ketentuan setiap perusahaan dan keputusan kedua belah pihak.

Bagaimana sekarang sudah mengetahui kan cara membuat invoice yang tepat? Selamat mencoba, semoga bermanfaat.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Bisnis Sex Toys, Apakah Diperbolehkan di Indonesia?
Tidak jarang kita temukan sex toys dijual bebas di situs penjualan e - commerce hingga di jual langsung di toko-toko tertentu.
Mengintip Cuan Lebar dari Bisnis Cuci Sepatu
ebiasaan serba instan yang semakin berkembang di masyarakat, dilihat menjadi peluang bisnis baru bagi sebagian masyarakat..
3 Tips Memulai Bisnis Saat Pensiun Tiba
Berikut beberapa tips yang harus dilakukan bisa seseorang ingin membuka bisnis saat memasuki pensiun.